Kejar Setoran


penulis-konten

Alhamdulilah ada sahabat blogger yang mengatakan blog saya ini merupakan blog yang sangat terencana dengan baik, khususnya dari sisi jadwal penulisan. Walaupun sebenarnya saya termasuk blogger yang blentang blentong untuk penjadwalan. Bagaimana tidak, gara-gara target update 1 artikel per hari (yang kemudian berubah jadi rata-rata update satu artikel per satu hari), saya harus kejar setoran di bulan Desember 2015 ini. Gara-gara bulan November 2015 kelewat malas menulis blog dan mungkin juga faktor kering ide. Alhasil bulan Desember 2015 saya benar-benar harus memeras otak untuk mencari ide apa yang mau dituliskan.

Deadliners

Mungkin saya termasuk kedalam tipe deadliners. Saya tidak tahu dengan anda, tapi pernahkah anda merasa tiba-tiba anda menjadi luar biasa jago ketika sudah tiba deadline. Pernahkah anda telat menjemput pasangan anda, dan ketika sudah mepet-mepet waktunya, anda mendadak lebih jago daripada Michael Schumacher atau Valentino Rossi? Entah kenapa begitu dipacu dengan kesadaran mendadak bahwa saya harus memenuhi janji kepada diri saya sendiri yakni menulis rata-rata update satu artikel per satu hari. Saya hanya tidak mau kebanyakan alasan, bahkan untuk janji kepada diri saya yang sebenarnya bisa saya ingkari.

Satu Artikel Per Satu Hari

Serius, janji untuk menerbitkan satu artikel per satu hari adalah janji yang paling sulit saya penuhi. Bahkan pada akhirnya janji tersebut saya ingkari menjadi rata-rata update satu artikel per satu hari. Maksudnya rata-rata, kalau setahun ada 365 hari ya intinya pada hari terakhir tahun 2015 ini, saya sudah harus menulis 365 artikel. Terserah bagaimana caranya. Ya akhirnya bulan Desember 2015, blog saya mungkin yang paling sering lalu lalang di wordpress reader follower blog saya. Dalam satu hari, saya bisa menulis 4 hingga 5 artikel. Walaupun memang rekor saya adalah memposting 6 artikel per hari.

Tahun ini saya berhasil menulis rata-rata satu artikel per satu hari. Saya bangga, bukan karena saya hebat bisa menulis kesemua artikel tersebut. Karena memang saya tidak menulis semua artikel. Adrian Wijanarko, sahabat saya membantu saya menuliskan beberapa artikel berbobot di blog ini. Saya bangga karena saya mampu memenuhi janji saya untuk diri saya sendiri. Tapi serius, tahun depan saya mau mencoba lagi untuk update satu artikel per satu hari.

Tapi jika saya boleh bertanya, apakah para sahabat bloggers mengalami bahwa tulisan lama lebih mendatangkan view dari tulisan yang baru? Saya bingung, kenapa tulisan saya tahun lalu masih dominan kontribusinya terhadap jumlah view saya ya? Ada yang mau menjawab? Sama satu lagi, menurut anda adakah manfaat nyata dari menulis satu artikel setiap harinya?

4 thoughts on “Kejar Setoran

  1. Mungkin tulisan tahun lalu lebih SEO sehingga bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.

    Manfaat nyata dari update artikel setiap hari adalah blog lebih cepat terindeks dan alexa rank lebih mudah ramping.

    Like

  2. Saluut. Awalnya saya juga mau pakai rata-rata satu artikel sehari cuman gak sanggup kalo sampe nulis lebih dari satu. Kudu dicontoh nih mas. Hehehe. Sama penasaran juga kalo gak nulis berapa trafficnya sehari. 😀

    Like

    1. Wah pusing mas Dani, mikirin ide. Saya dulu pas masih rutin satu artikel satu hari pake scheduling. Jadi kalo punya ide lebih, gak langsung saya posting 2 artikel dalam satu hari. Yang paling susah itu nulis pas hari Sabtu Minggu sebenarnya.

      Kalo masalah gak nulis mah traffice tetep jalan. kalo tulisannya sebanyak Mas Dani mah gak perlu khawatir. Anggep aja artikel lama kita itu sebagai mesin penghasil view yang terus jalan. Nah kita tinggal “mesin-mesin” barunya deh…

      Like

Leave a Reply

