Pengaruh Penerapan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Peningkatan Kinerja Keuangan Perusahaan


Tata Kelola Perusahaan Kinerja Keuangan

Beberapa waktu yang lalu, ada seorang mahasiswa yang menanyakan kepada saya mengenai korelasi antar penerapan tata kelola perusahaan terhadap peningkatan kinerja keuangan perusahaan. Secara lebih rinci, ia menanyakan mengenai penilaian tata kelola perusahaan pada industri tertentu. Industri yang sayangnya saya tidak memiliki pengetahuan ataupun sumber data. Belum lagi industri tersebut tidak menyediakan sumber informasi yang memadai untuk dapat dikutip sebagai informasi ataupun untuk dianalisa.

Namun melalui tulisan ini, saya mencoba untuk membantu mahasiswa tersebut dan mungkin juga mahasiswa lain yang sedang terpikir untuk membahas analisa hubungan antar penerapan tata kelola perusahaan terhadap peningkatan kinerja keuangan. Sudah banyak penelitian yang dilakukan terhadap isu tersebut, namun saya cenderung tidak puas. Utamanya karena banyak dari penelitian tersebut gagal memetakan apa itu sebenarnya tata kelola perusahaan. Melakukan potong jalur dengan memperbandingkan hasil self assessment tata kelola perusahaan dengan kinerja perusahaan pun sangat saya tidak rekomendasikan.

Pada dasarnya, asumsinya adalah penerapan tata kelola perusahaan yang baik memiliki korelasi yang positif terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Tapi apakah korelasi penerapan tata kelola perusahaan tersebut signifikan dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya, dalam pandangan profesional saya, belum ada penelitian yang mampu menunjukkan bukti empiris signifikansi penerapan tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kenapa? Karena masih banyaknya perusahaan yang menganggap tata kelola perusahaan hanya sebagai konsep saja, dan hanya bagus di atas kertas saja. Banyak perusahaan yang menyatakan telah menerapkan tata kelola perusahaan, dan memiliki soft structure atau pedoman GCG yang sangat bagus, tapi sangat rendah untuk implementasinya.

Pengukuran hubungan antara tata kelola perusahaan dengan kinerja keuangan perusahaan dimulai dari bagaimana kita menilai struktur tata kelola perusahaan dari sebuah perusahaan. Penilaian dari struktur tata kelola perusahaan pertama adalah melakukan check list kelengkapan dari struktur tata kelola perusahaan. Perlu diperhatikan disini adalah struktur tata kelola perusahaan berbeda dengan struktur organisasi perusahaan, walaupun hampir-hampir mirip. Struktur tata kelola perusahaan terdiri dari organ perusahaan dan organ pendukung. Ketidaklengkapan dari struktur tata kelola perusahaan bukan berarti sebuah perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik, namun lebih kepada penajaman fungsi operasional dan fungsi pengawasan.

Selain dari kelengkapan struktur tata kelola perusahaan, yang perlu dianalisa lebih lanjut adalah bagaimana akuntabilitas dan responsibilitas dari masing-masing struktur tata kelola perusahaan. Hal-hal lebih mendalam yang dapat diteliti adalah apakah Dewan Komisaris melakukan intervensi terhadap operasional perusahaan, apakah Dewan Komisaris melakukan fungsi pengawasan dengan baik, apakah Komite dibawah Dewan Komisaris telah menjalankan fungsi pengawasan, apakah Direksi menjalankan operasional perusahaan terbebas dari benturan kepentingan dan lain sebagainya.

Setelah strukturnya, selanjutnya yang perlu dianalisa lebih lanjut adalah seperti apakah kualitas dari soft structure GCG atau sejumlah pedoman GCG yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan seperti apakah pedoman GCG itu diterapkan. Analisa mendalam yang dapat dilakukan adalah dengan menganalisa apakah pedoman GCG itu menghambat bisnis atau mendukung proses bisnis. Dari sini bisa diketahui apakah kebijakan yang ada memiliki korelasi positif terhadap penerapan tata kelola perusahaan.

Selanjutnya, kita bisa menganalisa konsistensi dari penerapan tata kelola perusahaan dengan melakukan penilaian dari prinsip TARIF yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti apa perusahaan menerapkan keterbukaan informasinya, bagaimana akuntabilitas dan responsibilitas, independensi dan kewajaran dari implementasi tata kelola perusahaan.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s