Perencanaan Blog Secara Jangka Panjang


Blog

Tidak banyak blogger yang memiliki perencanaan jangka panjang. Yang dilakukan adalah menulis, menulis dan menulis. Kalau ada cita-cita spesifik tertentu, biasanya blog tersebut diangkat statusnya dari wordpress.com menjadi .com. Seberapa penting melakukan perencanaan blog secara jangka panjang?

Penting atau tidaknya sebuah blog tentu tergantung pada tujuan anda menerbitkan blog dan menjadi seorang blogger. Tujuan orang menjadi blogger tentunya macam-macam. Ada yang cuma sekedar untuk berbagi opini, berbagi pendapat dan berbagi informasi. Ada yang serius untuk mencari uang dengan melakukan SEO dan adsense. Ada yang menjadikan blognya sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan kredibilitasnya sebagai seorang profesional dengan membangun profesional branding  ataupun sebagai seorang penulis. Tujuan seseorang menjadi blogger biasanya berbanding lurus dengan bentuk dan isi blog.

Bagi saya sendiri tujuan saya menjadi blogger adalah untuk menunjang profesi saya sebagai seorang praktisi komunikasi dan pemerhati tata kelola perusahaan dan manajemen. Karenanya isi dari blog ini memang kebanyakan sehubungan dengan tujuan saya tersebut. Untuk bisa memenuhi tujuan dari seseorang menjadi blogger, maka blog yang dibangun pun harus memiliki tujuan atau visi. Untuk sebuah blog dapat mewujudkan visinya, maka sebuah blog pun harus memiliki misi.

Dari semua blogger yang saya kenal, terus terang baru Shiq4 yang memiliki visi dan misi yang bisa dibaca disini. Dalam tulisan tersebut Shiq4 meminta untuk tidak ditertawakan jika ada yang salah dengan visi dan misinya. Dalam pandangan pribadi saya, visi dan misi yang dituliskan oleh Shiq4 sudah sangat baik dan jelas.

Dari visi dan misi serta tujuan pribadi seorang blogger baru dapat dirumuskan tema-tema apa saja yang dicantumkan dalam sebuah blog. Tema-tema tersebut tentunya harus dapat memperhatikan kompetensi atau penguasaan bidang yang dimiliki oleh seorang blogger. Selain itu seorang blogger juga perlu memperhatikan minat terhadap bidang yang akan dituliskan.

Setelah menentukan tema, sebagaimana layaknya sebuah perencanaan yang baik, seorang blogger harus dapat menentukan target blog. Untuk blogger pemula, saran saya jangan menentukan target terlebih dahulu, apalagi di tahun pertama. Jika sudah memasuki tahun ke 3 atau ke 4, baru perencanaan terhadap target dapat disusun. Tahun pertama dan tahun kedua idealnya adalah untuk test market.

Target yang telah ditetapkan tentunya akan mempengaruhi frekuensi atau seberapa sering seorang blogger dalam memposting sebuah artikel. Target yang dimaksudkan disini berupa target jumlah kunjungan yang bisa menandakan seberapa populernya sebuah blog, target jumlah like dan komentar serta kualitas komentar menandakan seberapa terikatnya para pembaca terhadap sebuah blog. Seorang blogger dapat melakukan manajemen performa blog untuk melakukan pengukuran tersebut. Realisasi terhadap target tentunya akan memberikan anda insight untuk perencanaan yang akan anda kembangkan lebih lanjut.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Perencanaan Blog Secara Jangka Panjang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s