Sambil Menyelam Ambil Ikan


Menyelam Minum Air

Anda pasti pernah mendengar pribahasa sambil menyelam minum air. Sebuah pribahasa yang mengartikan sambil melakukan kegiatan lain juga bisa melakukan kegiatan lain. Dengan segala rasa hormat kepada siapapun yang membuat pribahasa tersebut, dalam pandangan pribadi saya, pribahasa tersebut, adalah sebuah kesalahan yang besar. Kenapa?

Sederhana sebenarnya. Apa yang akan terjadi jika anda melakukan sambil menyelam minum air? Anda akan tenggelam jika melakukannya. Karena pada dasarnya sangat tidak mungkin untuk melakukan menyelam dan minum air dalam satu kesempatan yang sama. Tubuh manusia tidak memiliki kemampuan biologis untuk melakukan itu. Lalu sebaiknya apa? Sambil menyelam makan ikan? Tidak mungkin juga, karena jika kita melakukan itu maka kita juga akan tenggelam.

Lalu yang benar apa? Saya mengusulkan sambil menyelam ambil ikan. Ini lebih logis dan masuk akal. Manusia bisa melakukan hal tersebut dan tidak akan tenggelam dalam melakukannya. Makna dari pribahasa tersebut juga tidak akan menjadi berubah, sama-sama melakukan pekerjaan satu sambil melakukan pekerjaan yang lainnya.

Kenapa pribahasa sambil menyelam minum air harus dirubah? Karena tidak logis dan tidak masuk akal. Saya sedang tidak usil dalam menulis ini. Saya sedang serius. Ada beberapa pribahasa yang harus direview maknanya agar kita tidak menjadi tidak masuk akal. Ini perubahan mindset, ini perubahan perspektif, supaya kita menjadi bangsa yang logis dan tidak terdikotomi.

Contoh pribahasa lain yang juga menurut saya tidak masuk akal adalah pribahasa berlian dimanapun akan tetap menjadi berlian, sekalipun di kubangan lumpur. Dengan segala rasa hormat kepada siapapun yang membuat untaian kata indah itu ataupun juga kepada orang-orang yang sering menggunakan kata-kata itu untuk memotivasi dan menginspirasi siapapun, saya mohon hentikan sekarang juga. Berlian di kubangan lumpur tetaplah berlian adalah untaian kata yang paling absurd yang pernah saya dengar.

Kenapa saya bilang absurd? Selalu dibilang dimanapun anda berada, seberapa buruknya situasi yang anda hadapi maka anda harus tetap menjadi berlian. Tidak perlu orang jenius untuk memberi tahu itu. Tidak perlu motivator kelas dunia untuk mengatakan itu. Tapi berlian di kubangan lumpur, tidak akan bersinar seperti berlian di toko perhiasan. Sinarnya akan tertutup oleh kubangan lumpur. Maka dari itu, kita harus berfokus pada tempatnya. Menurut anda apakah bisa berlian membuat kubangan lumpur menjadi indah? Kubangan lumpur dimanapun adanya, akan selalu menjadi kubangan lumpur.

Pastinya anda sering mendengar orang mengatakan jangan bangun kesiangan, nanti rejeki dipatok ayam. Tidak jelas asal muasalnya darimana dan siapa pula yang mempopulerkan ucapan itu, tetapi yang pasti ungkapan itu adalah sebuah peringatan kepada mereka yang suka bangun siang. Namun benarkah selalu seperti itu? Ungkapan di masa lalu itu menurut saya adalah sebuah pembodohan masal. Pertama, ayam tidak memiliki hak sama sekali dengan rejeki kita. Kedua, jam berapa kita bangun, tidak memiliki hubungan apapun dengan rejeki kita. Saya punya jawaban untuk ungkapan itu.

Jika saya bangun siang dan rejeki saya dimakan saya ayam itu, ya sudah sekalian saja ayamnya saya goreng dan saya makan. Jadi saya dapatnya banyak. Saya dapat rejeki saya yang sebelumnya di makan oleh ayam dan saya dapat ayamnya juga. Lagipula atas dasar siapa dan atas dasar apa ayam berhak memakan rejeki saya. Rejeki menurut saya tidak ada hubungannya dengan bangun pagi atau bangun siang. Bukankah rejeki itu sudah ada yang mengatur dan bukankah setiap orang itu memiliki rejekinya masing-masing.

2 thoughts on “Sambil Menyelam Ambil Ikan

Leave a Reply

