Iklan Jenius Pepsodent Untuk Para Ayah. Sudahkah Anda Sikat Gigi?


Ayah Sikat Gigi

Beberapa hari yang lalu saya menyaksikan sebuah iklan dari Pepsodent yang menurut saya sangat menyentuh. Atau lebih tepatnya menyindir. Dalam iklan tersebut, Pepsodent dengan sangat “cerdik” mengajak para orang tua untuk menjadi contoh teladan yang baik dengan turut menyikat giginya 2 kali sehari seperti apa yang orang tua biasa katakan kepada anaknya. Tetapi, menurut Pepsodent, ternyata para orang tua, khususnya para ayah (sebagaimana disampaikan oleh kebanyakan anak-anak dalam iklan tersebut) tidaklah melakukan apa yang mereka pintakan kepada anak-anaknya. Para orang tua ternyata banyak yang tidak menyikat giginya 2 kali sehari. Hayooo, siapa yang mau membuat pengakuan dosa? Sayaaaaaaa… (sembari mengacungkan tangan).

Iklan ini membuat saya tersenyum-senyum sendiri karena merasa sedang disindir oleh Pepsodent. Tema yang dipilih oleh Pepsodent sangat menarik. Kehidupan sehari-hari yang membuat kita yang belum pernah mendengarnya akan merasa tertarik untuk mendengarnya. Tema kehidupan sehari-hari apalagi yang sifatnya faktual membuat kita memiliki koneksi dan keterkaitan dengan sebuah upaya komunikasi. Saya selalu menyukai iklan-iklan yang disampaikan dengan menggunakan pendekatan soft sale. Dan iklan Pepsodent Ayah Sudah Sikat Gigi adalah salah satu yang menurut saya dieksekusi dengan sangat baik.

Sudah begitu disampaikan oleh anak-anak pula, menjadikan iklan ini “mengeksploitasi” (dalam konteks positif tentu saja) unsur emosi seorang ayah. Figur ayah yang harus menjadi teladan dalam hal terkecil dan terkesan remeh sekalipun. Pendekatan ini terasa begitu humanis karena menyentuh aspek psikologis manusia yang positif.

Sebuah iklan yang tidak bersifat hard sale memang terasa lebih mengena dengan mendorong unsur perasaan. Secara tidak langsung, iklan ini seperti mendorong pola konsumsi Pepsodent. Tentu jika ayah dan ibu sikat gigi 2 kali sehari dan anak-anaknya juga melakukan hal yang sama, maka Pepsodent akan menjadi cepat habis untuk dikonsumsi. Karena Pepsodent cepat habis di konsumsi, tentunya anda akan melakukan konsumsi secara berulang bukan?

Selain itu iklan ini juga terkesan begitu sosial kemasyarakatan karena Pepsodent sebagai produk kesehatan yakni kesehatan gigi memahami betul budaya masyarakat Indonesia khususnya para orang tua yang ternyata tidak melakukan sikat gigi secara optimal 2 kali sehari. Pesan komunikasi yang mengajak orang untuk ingat akan pentingnya sikat gigi 2 kali sehari adalah pesan komunikasi yang sangat positif, terlepas dari adanya tujuan bisnis dari iklan sebuah produk. Pesan tersebut juga disampaikan dengan cara yang sangat positif dan tidak menakuti dengan adanya tampilan gambar gigi berlubang seperti yang dilakukan oleh produsen odol (termasuk Pepsodent pernah melakukan hal serupa).

Saya mengucapkan selamat kepada Pepsodent yang dalam pandangan profesional saya telah berhasil mendeliver pesan yang ingin disampaikan. Sebuah iklan yang mungkin saja dapat merubah pendekatan komunikasi dari produk pasta gigi yang biasa menekankan pada aspek fungsional menjadi pendekatan yang lebih menyentuh emosi.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Disclaimer :

Penulis bukan merupakan karyawan dari Unilever Indonesia, ataupun perusahaan lain yang terafiliasi dengan Unilever Indonesia dan Unilever Group

Penulis tidak menerima imbalan apapun dalam bentuk apapun dari Unilever Indonesia, ataupun perusahaan lain yang terafiliasi dengan Unilever Indonesia dan Unilever Group

Tulisan ini tidak ditujukan untuk promosi Unilever Indonesia, ataupun perusahaan lain yang terafiliasi dengan Unilever Indonesia dan Unilever Group

Tulisan ini ditujukan untuk sharing knowledge dan diskusi mengenai pemasaran

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s