Charlie Brown, Snoopy dan Pelajaran Tentang Rasa Percaya Diri


Snoopy

Kegagalan demi kegagalan yang kita alami lambat laun akan seolah-olah menjadi kenyataan yang kita yakini adanya. Kegagalan yang terus mendera seolah menjadi justifikasi bahwa kita adalah pecundang, bahwa kita tidak layak dan tidak ditakdirkan untuk meraih kesuksesan dan berbagai keberhasilan. Tak peduli betapa keras kita berjuang, seolah dunia memang menghendaki kita untuk gagal. Benarkah demikian?

Barangkali perspektif seperti itu yang coba didobrak oleh film Snoopy And Charlie Brown : The Peanut Movie. Charlie Brown yang selalu gagal dalam melakukan apa saja. Dalam permainan, dalam pergaulan, dalam pelajaran, Charlie Brown adalah jaminan kegagalan. Begitulah yang ada dalam benak dirinya. Sudah begitu, selalu ada orang-orang yang memberi input negatif yang semakin memperkuat konsep diri Charlie Brown semakin negatif saja. Charlie Brown menganggap dirinya adalah sebagai pecundang sejati. Padahal sejatinya setiap orang memiliki keistimewaan.

Semua berubah ketika Charlie Brown bertemu dengan gadis berambut merah yang memikat hatinya. Awalnya memang Charlie Brown memang pesimis, tapi setelah membaca buku 10 langkah yang diberikan oleh temannya, ia menjadi termotivasi. Charlie Brown mulai berubah. Ia punya motivasi untuk menjadi lebih baik. Ia belajar dan terus belajar. Ia berjuang dengan penuh tekad dan determinasi. Dan mendadak sejumlah keberhasilan mulai mendekati Charlie Brown.

Secara keseluruhan film ini adalah film yang bagus. Sangat kelewat bagus malah. Film ini mengajarkan begitu banyak nilai-nilai positif mengenai perjuangan, optimisme, kejujuran dan juga tentang persahabatan dan disampaikan dengan cara yang sangat ringan dan sangat menghibur. Sebuah film yang sangat saya rekomendasikan bukan hanya untuk anak anda, tetapi juga untuk diri anda. Sebenarnya anda sedang tidak menonton film kartun, tetapi sebuah film motivasi.

Barangkali kunci dari sebuah keberhasilan adalah tentang terus bergerak. Namun tentu sebelumnya anda harus memiliki sebuah tujuan. Sebuah alasan. Kenapa anda harus lebih besar dari pengorbanan anda. Itulah yang membuat anda terus bergerak apapun kondisi yang anda miliki. Dan seiring dengan perjalanan anda mencapai kesuksesan tentu akan sangat menyenangkan bila anda memiliki sahabat yang mendukung. Seperti apa yang Snoopy lakukan.

Kita tidak akan pernah tahu apakah kita berhasil atau tidak kalau kita belum mencoba. Dan ketika kegagalan seolah akrab mendekat, kita tidak akan pernah tahu bahwa sebenarnya kesuksesan sebenarnya sudah dekat. Namun karena kita menyerah, pada akhirnya kegagalanlah yang akan kita jumpai. Seringkali itulah yang kita alami dan menjadi kenyataan. Padahal anda begitu istimewa. Yang anda perlu lakukan adalah percaya bahwa anda adalah orang yang istimewa, dan saya yakin seluruh dunia akan berkonspirasi untuk membenarkan bahwa anda istimewa. Percayalah.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Charlie Brown, Snoopy dan Pelajaran Tentang Rasa Percaya Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s