Siapa Bilang Tulisan Tidak Merubah Keadaan?


penulis-konten

Saya terinspirasi oleh blogger Rezky Firmansyah yang mengatakan dalam salah satu tulisannya yang berjudul Kamu Masih Mengganggap Menulis Tidak Akan Merubah Keadaan? Baca Review Film “Freedom Writers” Ini! mengatakan bahwa sebuah tulisan bisa merubah keadaan. Tulisannya yang mereview film Freedom Writers membuat saya jadi ingin menonton film Freedom Writers. Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Disalah satu stasiun tv dari tv kabel, diputarlah film Freedom Writers. Persis seperti apa yang dikatakan oleh Rezky, film Freedom Writers adalah film yang bagus. Sangat bagus dan menginspirasi.

Film itu merupakan kisah nyata dari sekumpulan anak sekolah dari berbagai latar belakang budaya dan memiliki satu kesamaan. Kehilangan harapan karena kerasnya perjuangan hidup yang harus mereka lalui membuat menjadi antipati terhadap pendidikan apapun yang diberikan kepada mereka. Erin Gruwell yang merupakan seorang guru merubah semua stigma negatif yang dimiliki oleh para anak-anak tersebut dan memberikan sebuah harapan yang baru. Tidak hanya memberikan pengajaran, tetapi ia juga mendidik dan membina.

Ia mengajak anak-anak tersebut untuk menuliskan pengalaman-pengalaman buruk yang dialami oleh para anak-anak tersebut dan menuangkannya kedalam sebuah buku. Namun sebelum menulis, ia juga mengajak anak-anak tersebut untuk membaca berbagai buku. Tak tanggung-tanggung bahkan Miss G –demikian ia biasa dipanggil oleh para murid-muridnya- membelikan buku-buku tersebut dengan biayanya sendiri. Apa yang dilakukannya luar biasa dan menginspirasi. Harga yang harus dibayar memang mahal, bahkan suaminya meninggalkan dirinya. Miss G tetap jalan dan menuntaskan apa yang ia mulai. Ia bahkan bersama para murid-muridnya membuat yayasan Freedom Writers.

Apa yang dilakukan oleh Erin Gruwell dan para muridnya membuktikan kepada kita bahwa tulisan benar-benar bisa merubah keadaan. Sesungguhnya memang tulisan bisa membuat keadaan berubah. Banyak tulisan-tulisan yang dibuat oleh orang-orang hebat telah merubah keadaan. Tulisan-tulisan yang hebat yang menggerakkan dan menginspirasi seperti Indonesia Menggugat yang ditulis langsung oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno. Tulisan yang berisikan mengenai keadaan politik internasional dan kerusakan masyarakat Indonesia di bawah penjajah dibacakan oleh Soekarno dan membuka mata dunia terhadap kekejaman penjajah.

Begitu banyak penulis yang merubah sejarah dunia. Carl Bernstein, jurnalis dari Washington Post yang hasil investigasinya mampu membuat seorang Presiden Amerika Serikat dipecat. Dengan demikian, apa yang anda tulis bisa membawa dampak bagi orang yang membacanya. Tulisan yang anda bagikan bisa merubah persepsi orang dan karenanya tulisan anda benar-benar bisa bermanfaat untuk orang lain. Bukan cuma sekedar memberikan informasi dan menambah pengetahuan serta wawasan untuk para pembaca anda. Tetapi tulisan anda juga bisa membuat orang lain menjadi lebih baik.

Begitu juga dengan para blogger. Apapun yang anda tuliskan dapat merubah dunia. Tentunya untuk dunia yang lebih baik. Karenanya, sebagai blogger anda memiliki tanggung jawab moral untuk membantu orang-orang disekeliling anda, para pembaca anda untuk mendapatkan manfaat dari apa yang anda tuliskan. Anda punya kemampuan untuk mempengaruhi. With great power comes a great responsibility.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s