Tentang Menabung Rp20.000


20 Ribu

Entah tahunya darimana, tiba-tiba saja istri saya selalu meminta uang Rp20.000 setiap ada uang Rp20.000 untuk dimasukkan kedalam celengan dari botol plastik besar. Kata istri saya itu karena uang 20.000 adalah uang yang sangat jarang ditemui dan karenanya harus diselamatkan dalam sebuah celengan. Saya lupa persisnya apa yang dikatakan oleh istri saya, ya pokoknya seperti itulah kira-kira. Oh ya satu lagi, katanya uang Rp20.000 itu kan warnanya hijau, jadi ketika ditaruh di botol plastik dan ketika kita bisa melihatnya, mata kita akan menjadi segar karena melihat yang hijau-hijau. Alhasil kini setiap melihat uang Rp20.000 pun saya menjadi ikut kebiasaan menabung.

Saya baru tau ternyata “gerakan” yang mengajak untuk menabung setiap ada uang Rp20.000 itu lagi ramai-ramainya akhir-akhir ini dan sudah berlangsung selama beberapa bulan terakhir. Ternyata, gerakan ini diprakarsai oleh seseorang yang bernama Vindy Harfrida yang menabung Rp20.000 setiap kali menemukan uang Rp20.000

Uang Rp20.000 itu Haknya Celengan – Vindy Harfrida

Gerakan yang bagus, kelewat bagus malah. Ini membuat saya agak kesulitan untuk membayar Go-Jek yang biasanya saya bayarkan dengan uang Rp20.000 ataupun 2 lembar Rp10.000. Tarif Go-Jek memang Rp15.000, tetapi saya suka memberikan tips sebesar Rp5.000. Alhasil jika ada uang Rp20.000 dan Rp50.000, maka saya harus membayar dengan uang Rp50.000. Jadi uang Rp20.000 itu pun ditabung. Dan yang menyengsarakannya lagi jika kembalian dari uang Rp50.000 itu ada selembar Rp20.000, maka itu pun harus masuk celengan. Jadi alhasil dari yang seharusnya mengeluarkan uang Cuma Rp20.000, maka saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp60.000 dengan rincian Rp20.000 untuk Go-Jek dan Rp40.000 untuk menabung. Ini namanya menabung secara pemaksaan.

Tapi memang yang namanya menabung itu harus dipaksa bukan? Kalau tidak dipaksa, besar kemungkinan kita tidak akan menabung-nabung. Jadi menabung harus mulai diusahakan, diupayakan dan dipaksakan. Dan untuk itu saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk istri saya yang telah memaksakan untuk menabung. Selanjutnya tentu saja diperlukan niat yang kuat dan disiplin untuk dapat melakukannya secara konsisten. Untuk hal ini, istri saya adalah pengingat yang luar biasa baiknya.

Namun tentu kita perlu mengetahui bahwa uang akan ada nilai waktunya. Uang yang disimpan terlalu lama jika tidak diputar lagi atau diinvestasikan akan mengalami penurunan nilainya. Ini sesuai dengan konsep time value of money. Jadi setelah menabung sedemikian banyaknya, ada baiknya yang hijau-hijau itu mulai anda ternakkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Ada tiga tahap yang saya rekomendasikan dalam melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara sederhana dengan menggunakan sejumlah produk keuangan yang lazim kita pergunakan atau setidaknya pernah kita dengar atau yang saya sebut sebagai Tiga Tahap Perencanaan Keuangan Secara Sederhana. Yang pertama adalah menaruhnya kedalam tabungan dan deposito. Yang kedua adalah dengan menempatkan pada instrument asuransi dan jika anda sudah advance dapat menempatkan dana anda pada reksadana, saham dan emas.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

6 thoughts on “Tentang Menabung Rp20.000

Leave a Reply

