Perlunya Kampus Membangun Kemitraan Dengan Alumni


PPM Manajemen

Setelah lulus dari sebuah perguruan tinggi, biasanya mahasiswa yang sudah memegang gelar dibiarkan berlalu begitu saja. Padahal begitu banyaknya potensi yang bisa dikembangkan jika perguruan tinggi menggandeng alumni sebagai mitra. Yang mendapatkan manfaat tentu bukan kampusnya saja, tetapi juga manfaatnya juga akan dirasakan oleh mahasiswa. Kerjasama kampus dengan alumni juga akan dapat meningkatkan value dari sebuah perguruan tinggi. Bagaimana caranya?

Saya memang belum lulus kuliah dan saat ini masih menempuh kuliah di Magister Manajemen Eksekutif PPM Manajemen, namun saya meyakini benar bahwa kampus akan besar salah satunya karena alumninya. Keyakinan saya itu membuat saya bertanya, setelah lulus saya mau kemana? Saya tidak takut bersaing nanti ketika saya akan lulus, karena saya yakin telah dibekali oleh ilmu-ilmu berharga yang saya dapatkan dari dosen-dosen saya di PPM Manajemen ataupun dalam berbagai kegiatan lain yang memperkaya mental, wawasan, pengalaman dan soft skill. Tapi saya juga yakin ada banyak potensi luar biasa yang bisa dikembangkan oleh kampus bersama alumni.

Jika kita bisa membentuk sebuah komunitas -bukan cuma “keluarga” besar saja yang tidak memberikan manfaat apapun satu sama lain selain dari kebanggaan semu pernah sama-sama kuliah di PPM Manajemen-, saya yakin nama PPM Manajemen akan semakin berkibar di Indonesia. Betapa miris hati saya ketika setiap sabtu, PPM Manajemen menyelenggarakan berbagai kegiatan assessment untuk perusahaan ternama, tapi tidak berhembus sedikit pun angin yang mengabari kami para mahasiswa tentang hal tersebut. Padahal PPM Manajemen memiliki potensi sumber daya manusia yang melimpah : para mahasiswanya. Coba bayangkan bila mahasiswa-mahasiswa tersebut bisa “dititipkan” –tentunya dengan tetap memperhatikan syarat yang berlaku- maka para karyawan yang kuliah di PPM Manajemen adalah potensi bisnis baru bagi PPM Manajemen. Bukankah itu yang selama ini diajarkan dalam Manajemen Pemasaran kepada kami?

Bayangkan juga jika kemudian para mahasiswa tersebut menjadi Direktur, ataupun pejabat penting di sebuah instansi pemerintahan atau bahkan mendirikan usaha yang sukses berkembang, lagi-lagi betapa besarnya potensi bisnis yang bisa didapatkan oleh PPM Manajemen, bukan hanya untuk kampusnya, tetapi juga untuk lembaga konsultasi yang di miliki oleh PPM Manajemen. Saya kuliah di PPM Manajemen bukan cuma sekedar untuk angka, tetapi ingin mendapatkan dan memberikan manfaat bagi PPM.

Dalam pandangan saya, PPM Manajemen adalah perguruan tinggi yang sangat baik kualitasnya. Tidak ada keraguan sama sekali. Tetapi jika dalam manajemen pemasaran, saya diajarkan betapa pentingnya after sale service bagi produsen, maka membangun kemitraan dengan alumni adalah salah satu bentuk after sale service PPM Manajemen kepada para alumninya. Saya tahu PPM Manajemen memiliki komunitas PPM Manajemen, namun dampaknya belum begitu terasa memberikan manfaat, terutama untuk para mahasiswanya. Betapa menyenangkannya jika setelah kami lulus, masa depan kami terjamin karena di perusahaan-perusahaan besar sudah ada jejaring alumni yang siap membantu sesama alumni. Ataupun ada alumni yang sudah sukses dalam mengembangkan usaha menjadi mentor bagi para mahasiswa yang sedang mengembangkan usahanya sendiri.

Saya yakin kita semua pasti pernah mendengar bahwa di perusahaan A gengnya kampus Universitas B, di perusahaan B gengnya kampus Universitas D dan lain sebagainya. Itu merupakan penanda betapa kuatnya jejaring alumni dari sebuah perguruan tinggi “menguasai” sebuah perusahaan. Itu juga menjadi penanda betapa kuatnya nilai sebuah perguruan tinggi dimata perusahaan-perusahaan. Dan itulah yang saya maksud dengan kerjasama dengan alumni yang dapat meningkatkan nilai dari sebuah perguruan tinggi. Bayangkan jika sudah terbentuk opini bahwa PPM Manajemen bukan cuma excellence dari sisi kualitasnya, tetapi juga mampu menawarkan masa depan yang cerah. Saya yakin calon mahasiswa akan berbondong-bondong mendaftar ke PPM Manajemen.

Universitas Gadjah Mada adalah salah satu kampus yang saya anggap kuat ikatan alumninya. Kebetulan salah satu mantan Direksi dan Komisaris di kantor saya merupakan alumni UGM. Kepada saya, kedua tokoh panutan saya itu menyarankan saya agar mengambil Magister Manajemen. Mereka berdua adalah satu-satunya orang didunia ini yang menentang saya masuk PPM Manajemen. Tapi bukan itu poin pentingnya. Poin pentingnya adalah betapa loyalnya mereka kepada UGM dan menyarankan kepada orang lain (yakni saya) untuk mengambil gelar akademis ditempat mereka pernah mengambil gelar akademisnya. Bukankah ini juga yang diajarkan dalam manajemen pemasaran.

Disisi lain, dengan melimpahnya sumber daya manusia yang telah diajarkan di PPM Manajemen dan telah lulus dari PPM Manajemen, saya sendiri masih heran jika PPM Manajemen mengatakan masih kekurangan tenaga pengajar. Dengan membangun kemitraan dengan alumni, PPM Manajemen bahkan saya yakin tidak harus membuka lowongan pekerjaan lagi untuk mengisi kekurangan tenaga pengajar. PPM Manajemen berdiri sejak tahun 1967, dan jika PPM Manajemen setiap tahunnya mewisuda 150an orang saja, maka sejak PPM berdiri, PPM sudah meluluskan lebih dari 8.000 orang. Dari 8.000 orang tersebut jika paling pesimis 3% saja dari 8.000 orang tersebut mau menjadi dosen, maka seharusnya ada 240 orang yang saat ini sudah menjadi dosen untuk PPM. Ditambah lagi PPM Manajemen setiap tahunnya memberikan beasiswa untuk belasan orang, ya wajibkan saja para penerima beasiswa itu untuk menjalani “ikatan dinas” menjadi dosen selama 1 sampai 2 tahun. Hal ini akan memberikan kepastian sumber daya manusia untuk PPM.

Karena itu, menurut saya kampus sangat perlu untuk membangun kemitraan dengan kampus dengan cara membangun ikatan alumni yang kuat. Disisi lainnya, saya juga menghimbau agar para alumni PPM Manajemen yang saat ini sudah sukses untuk dapat turun gunung membantu para mahasiswa dan juga membantu mengembangkan PPM Manajemen. Kita bisa mengembangkan potensi yang luar biasa besar dari kebersamaan ini.

Leave a Reply

