Pentingnya Peran Komisaris Independen Dalam Penerapan Tata Kelola Perusahaan


Profesional

Sebagai salah satu dari struktur tata kelola perusahaan, Dewan Komisaris memiliki peran dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas pengelolaan perusahaan yang dilakukan oleh Direksi dan karyawan. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya Dewan Komisaris dapat diperbantukan oleh sejumlah Komite-Komite dibawah Dewan Komisaris. Selain itu kita juga mengenal istilah Komisaris Independen. Seperti apa tugas dan tanggung jawab dari Komisaris Independen dan seberapa penting perannya dalam penerapan tata kelola perusahaan?

Komisaris independen memang tidak diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas dan pada dasarnya sebenarnya dengan mengingat fungsi Komisaris adalah tidak terlibat langsung dengan kegiatan operasional perusahaan, maka sebenarnya seluruh anggota Dewan Komisaris secara teori harusnya bersifat independen. Namun tentunya kita menyadari adanya komisaris yang merupakan representatif dari pemegang saham yang mungkin saja dapat mengalami benturan kepentingan sehingga diperlukan balancing of role, agar dapat tetap memperhatikan kepentingan pemegang saham lainnya (pemegang saham minoritas).

Sehingga dengan demikian, ada sejumlah persyaratan agar seorang anggota Dewan Komisaris dapat dikatakan sebagai Komisaris Independen. Persyaratan tersebut diantaranya adalah Komisaris Independen tidak memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham mayoritas atau pemegang saham pengendali (controlling shareholders) perusahaan tercatat yang bersangkutan. Selain itu Komisaris Independen tidak memiliki hubungan dengan direktur dan atau komisaris lainnya perusahaan tercatat yang bersangkutan. Komisaris independen tidak memiliki kedudukan rangkap pada perusahaan lainnya yang terafiliasi dengan perusahaan tercatat yang bersangkutan. Syarat terakhir lainnya adalah Komisaris Independen harus mengerti peraturan perundang-undangan di pasar modal.

Yang dimaksudkan dengan independen disini berarti bahwa Komisaris Independen dalam melaksanakan tugas-tugasnya adalah semata-mata untuk kepentingan perusahaan dan tidak terikat atau dipengaruhi oleh pihak-pihak lain yang bisa saja berbeda dengan kepentingan perusahaan. Sehingga fungsi komisaris independen dimaksudkan untuk mendorong dan menciptakan iklim yang lebih independen, obyektif dan meningkatkan kesetaraan (fairness) sebagai salah satu prinsip utama dalam memperhatikan kepentingan pemegang saham minoritas dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan demikian peranannya dapat mendorong dilaksanakannya prinsip dan praktek tata kelola perusahaan pada perusahaan-perusahaan khususnya perusahaan terbuka di Indonesia.

Tentu pemilihan Komisaris Independen tidak bisa asal tunjuk terhadap seseorang yang sebenarnya tidak dapat dikategorikan sebagai Komisaris Independen namun dipilih menjadi Komisaris dan diberi predikat sebagai Komisaris Independen. Pada akhirnya revitalisasi peranan dan fungsi Dewan Komisaris, termasuk didalamnya Komisaris Independen, akan membantu perusahaan dalam implementasi tata kelola perusahaan untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien sehingga bisnis yang dikelolanya menjadi lebih produktif.

Dirangkum dan dikembangkan dari buku The Essence of Good Corporate Governance Konsep dan Implementasi Perusahaan Publik dan Korporasi Indonesia yang diterbitkan oleh Forum for Corporate Governance In Indonesia.

Sumber Lainnya :

Menyoal Peran Penting Komisaris Independen

Peranan Komisaris Independen Dalam Implementasi Good Corporate Governance Terkait Dengan Integritas Pengelola Perusahaan

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s