Memaksimalkan Pendapatan Kesebelasan Sepakbola Melalui Website


Website Juventus

Website merupakan salah satu media komunikasi yang lazim dipergunakan oleh berbagai organisasi, baik itu instansi pemerintah, korporasi ataupun lembaga non profit dan non pemerintahan untuk menyampaikan informasi, dan mempromosikan produk, layanan, kebijakan bahkan juga ide. Tidak hanya menyampaikan promosi, fungsi website juga semakin didorong untuk mendapatkan penghasilan dengan mendorong penjualan.

Dengan adanya website, sebuah organisasi juga bisa memperluas jangkauan komunikasinya tanpa batas wilayah apapun. Fungsi website ini seyogyanya juga bisa dimanfaatkan oleh kesebelasan sepakbola, dan hal inilah yang telah disadari oleh website-website kesebelasan sepakbola di Eropa. Manchester City misalnya yang membuat websitenya hingga 13 bahasa, termasuk Indonesia. Juventus, Inter Milan, Real Madrid, Barcelona, Chelsea dan Liverpool adalah kesebelasan sepakbola Eropa lainnya yang mencoba untuk merangkul pasar Indonesia melalui website resmi berbahasa Indonesia.

Fungsi lainnya website adalah mendorong penjualan. Jika kita perhatikan website dari kesebelasan sepakbola di Eropa, kebanyakan benar-benar mengkapitalisasi popularitas kesebelasan mereka untuk benar-benar secara konkrit menghasilkan pendapatan. Tengok website Juventus misalnya. Tidak hanya menginformasikan mengenai sejarah, ataupun informasi terkini seperti hasil pertandingan, website Juventus juga memasarkan membership (keanggotaan), penjualan tiket bahkan hingga informasi mengenai penyewaan fasilitas-fasilitas yang ada didalam stadion. Tidak jauh berbeda dengan Juventus, Manchester United juga melakukan hal yang sama. Bahkan Manchester United juga memiliki fitur online shopping supaya para fans dan juga pembaca websitenya bisa melakukan pembelian secara langsung apparel dan juga merchandise-merchandise lain terkait dengan Manchester United.

Juventus menyediakan informasi mengenai tata cara pendaftaran untuk menjadi member atau anggota resmi dari Juventus. Dari informasi yang ditampilkan di website Juventus, kita bisa mengetahui bahwa Juventus melakukan pengklasifikasian terhadap jenis-jenis keanggotaannya berdasarkan tingkatan dan berdasarkan wilayah. Ada 4 tingkatan keanggotaan yang bisa dipilih oleh para penggemar Juventus yakni fan account, junior member, premium member, J1897 member.

Untuk menjadi fan account, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, yang hanya anda perlu lakukan adalah melakukan pendaftaran secara online di website. Untuk menjadi anggota Junior, anda harus membayar sebesar 25 euro atau sebesar Rp362 ribu lebih sedikit per tahun. Untuk menjadi anggota premium, anda harus membayar sebesar 50 euro atau sebesar Rp725 ribu rupiah per tahun. Untuk menjadi anggota J1897 anda harus membayar sebesar 130 euro atau sebesar Rp1,89 juta euro per tahunnya. Tarif-tarif tersebut adalah khusus untuk fans-fans Juventus di Italia. Untuk fans Juventus di luar Italia, Juventus menetapkan tarif 40 euro untuk junior member, hanya sebesar Rp580 ribu per tahunnya dan tarif 65 euro untuk premium member atau sebesar Rp942 ribu per tahunnya.

Kita bisa melihat disini, bahwa program-program pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Juventus dan juga kesebelasan sepakbola lainnya di Eropa sudah sangat terencana dan terstruktur dengan baik. Bahkan untuk fans account sekalipun bisa mendatangkan keuntungan finansial walaupun tidak secara langsung. Dengan memaksimalkan pendaftaran membership, Juventus bisa mendapatkan database fans Juventus yang ada di seluruh dunia secara valid, dan online. Dalam era informasi seperti sekarang ini, database fans adalah informasi berharga. Dengan informasi tersebut, Juventus bisa merencanakan strategi pemasaran untuk para fans, disesuaikan dengan aspek demografis dan psikografis bahkan prilaku. Juventus dan juga kebanyakan kesebelasan sepakbola di Eropa tidak hanya memandang fans sebagai orang yang hanya ingin menonton pertandingan semata, tetapi memiliki kebutuhan psikologis yakni terikat secara emosional dengan kesebelasan melalui symbol berupa jersey, merchandise dan lain sebagainya. Simbol inilah yang dijual. Simbol inilah yang kemudian mendatangkan profit untuk kesebelasan sepakbola.

Dari informasi yang ditampilkan dalam website Juventus, kita juga mengetahui bahwa Juventus memiliki layanan penyewaan fasilitas yang ada di stadion. Masyarakat umum dan dunia bisnis bisa mempergunakan sebagian fasilitas tertentu yang ada di dalam stadion untuk menyelenggarakan event ataupun meting dan conferences. Juventus pun memiliki museum dan tour. Pada intinya Juventus benar-benar memaksimalkan apa saja yang bisa mendatangkan profit dan mereka menggunakan website dengan sebaik mungkin untuk menginformasikan hal-hal tersebut.

Website Persija

Sekarang, mari kita mencoba menengok website dari beberapa kesebelasan sepakbola terkemuka di Indonesia. Persija misalnya, dalam pandangan saya sudah cukup baik menerapkan online shopping dimana Persija Jakarta menyediakan online shopping termasuk diantaranya kartu Jakmania yang memberikan diskon khusus untuk menyaksikan pertandingan home Persija dan diskon sebesar 20% untuk pembelian official merchandise dari Persija. Selain Persija, berdasarkan pengamatan saya belum ada kesebelasan sepakbola di Indonesia yang benar-benar memanfaatkan website untuk bisa mendatangkan pendapatan seperti apa yang Persija lakukan terhadap websitenya.

Barangkali mungkin perspektif kesebelasan sepakbola di Indonesia yang relatif konvensional bahwa sumber pendapatan kesebelasan hanya bisa didapatkan semata dari penjualan tiket pertandingan, ataupun perjualan jersey dan merchandise saja, itupun melalui direct selling. Padahal semuanya bisa dilakukan melalui website. Kebanyakan kesebelasan sepakbola di Indonesia sudah memiliki website, namun paradigmanya masih terbatas untuk memberikan informasi saja. Kalaupun ada yang memiliki forum, tidak didorong untuk melakukan penjualan.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s