10 Kesalahan Terbesar Dalam Marketing part 2


 

Keputusan

Pemasaran adalah salah satu aktivitas perusahaan yang mampu mendatangkan penjualan, dan penjualan mampu mendatangkan pendapatan. Karenanya perencanaan, dan implementasi pemasaran yang baik adalah salah satu elemen vital bagi perusahaan dan kegiatan usaha apapun. Namun sayangnya, masih ditemukannya sejumlah kesalahan-kesalahan mendasar yang sangat fatal. Kottler mendeskripsikan 10 kesalahan yang menjadi dosa besar dalam pemasaran. Apa saja?

Perusahaan tidak merencanakan proses dan strategi pemasarannya dengan cukup baik

Perencanaan strategi pemasaran berikut dengan perencanaan prosesnya adalah salah satu kunci awal dari kesuksesan aktivitas pemasaran. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan-kesalahan lain seperti tidak memiliki fokus kepada market, tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai target pelanggannya dan juga mengenai para pesaingnya. Sudah begitu perencanaan pemasaran acapkali tidak mempertimbangkan kepentingan jangka panjang dari perusahaan. Strategi pemasaran yang baik tentu harus dapat tersistematisasi dari awal dengan data-data yang akurat dan valid, serta memperhatikan kepentingan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan tidak memiliki kebijakan produk dan layanan secara kuat

Standarisasi produk dan layanan adalah hal yang vital dalam produksi massal. Pentingnya kebijakan yang kuat terhadap produk dan layanan untuk menghindari adanya penyimpangan-penyimpangan dalam produk dan layanan. Hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga standar kualitas yang diberikan kepada pelanggan. Memiliki kebijakan yang kuat mengenai produk dan layanan akan memberikan kontrol yang kuat.

Perusahaan tidak mampu membangun brand dari produknya dan kemampuan komunikasi yang lemah

Brand dari sebuah produk adalah janji akan sebuah jaminan kualitas yang ditawarkan dalam sebuah produk. Brand menjadi kunci pembeda bagi sebuah produk jika dibandingkan dengan produk yang sejenis. Mengkomunikasikan nilai-nilai yang ditawarkan oleh sebuah brand adalah keniscyaan yang perlu dibangun oleh sebuah perusahaan. Namun sayangnya masih banyak perusahaan yang tidak dapat membangun brand yang kuat dari produknya dan juga tidak dapat mengkomunikasikan brand secara baik. Perusahaan tentu perlu melakukan aktivitas komunikasi yang terencana dengan baik dengan menggunakan media komunikasi yang paling efektif.

Perusahaan tidak mampu mengorganisasi aspek pemasaran secara efektif dan efisien

Banyak perusahaan yang mengklaim telah memiliki strategi pemasaran yang baik, namun seringkali pada kenyataannya strategi pemasaran yang baik itu tidak dapat dikonversikan menjadi angka penjualan yang menggembirakan. Hal ini bisa terjadi karena ketidakmampuan perusahaan dalam menggorganisasikan pemasaran secara efektif dan efisien. Hal ini dapat diatasi dengan penerapan kepemimpinan dan koordinasi yang baik antara masing-masing unit kerja.

Perusahaan tidak mampu memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal

Teknologi semakin berkembang, dan pelanggan dari perusahaan anda mengikutinya. Teknologi smartphone, social media dan berbagai teknologi terkini semakin memudahkan aktivitas manusia, dan pada saat yang bersamaan mendorong kompleksitas dari kebutuhan pelanggan anda. Perusahaan yang cermat akan memanfaatkan penggunaan teknologi terkini untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan yang dihadapi.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s