Annual Report Sebagai Penerapan Tata Kelola Perusahaan


Tata Kelola Perusahaan 2

Rabu kemarin, tanggal 18 November 2015 saya kembali diminta oleh sahabat saya, Pak Anab Afifi untuk berpartisipasi menjadi salah satu pembicara dalam Pelatihan How To Develop An Excellent Annual Report. Bagi Pak Anab sebagai founder dari Bostonprice Asia, lembaga konsultan yang  ia didirikan, pelatihan ini merupakan kali ke 8 sejak tahun 2013.

Pelatihan yang diikuti oleh 16 peserta dari 8 perusahaan itu memang disetting agak berbeda. Jika dalam pelatihan-pelatihan penyusunan Annual Report lainnya hanya membahas mengenai kriteria Annual Report Awards dan seputar bagaimana menyusun Annual Report yang baik dan benar, maka dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Bostonprice Asia tersebut juga menekankan kepada kenapa harus menyusun Annual Report yang baik dan benar. Jadi para peserta dalam pandangan profesional saya tidak hanya akan mendapatkan pemahaman teknis, tetapi juga pemahaman filosofis yang mendasar dan benar.

Dalam pandangan saya, menyusun Annual Report merupakan sebuah bentuk dari implementasi tata kelola perusahaan, khususnya pada prinsip transparansi atau keterbukaan informasi. Jika kita membicarakan mengenai tata kelola perusahaan, maka sebenarnya tata kelola perusahaan adalah bagaimana perusahaan dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingannya, termasuk pemegang saham dan juga bagaimana perusahaan dalam mematuhi  perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku. Kedua aspek tersebut sangat berkaitan erat dengan informasi. Karena dalam berinteraksi, yang dikomunikasikan oleh perusahaan, sebenarnya tidak lebih dan tidak kurang adalah informasi, baik itu informasi mengenai kinerja keuangan, perkembangan terkini ataupun kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh sebuah perusahaan.

Kenapa keterbukaan informasi menjadi penting? Karena dengan menerapkan keterbukaan informasi dapat membentuk opini atau persepsi bahwa tidak ada yang disembunyikan dari perusahaan kepada pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan atas kemungkinan adanya praktik-praktik penerapan tata kelola perusahaan yang tidak tepat atau tidak beretika. Dari sisi pemegang saham, dengan adanya informasi maka pemegang saham dapat mengetahui kondisi perusahaan sehingga dapat meningkatkan nilai pemegang saham. Dari sisi perusahaan, dengan menerapkan keterbukaan informasi maka perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dari pemegang saham dan segenap pemangku kepentingan.

Memang ada sedikit pertentangan mengenai keterbukaan informasi ini, yakni mengenai rahasia perusahaan. Rahasia perusahaan merupakan semua informasi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut yang sangat berharga dan tidak boleh diketahui oleh perusahaan lainnya terutama perusahaan saingannya (kompetitornya). Ada juga yang mengatakan bahwa selama suatu informasi belum dipublikasikan, maka informasi tersebut masih dipandang sebagai rahasia perusahaan. Bagaimana keterbukaan informasi memandang rahasia perusahaan? Berdasarkan pengalaman saya keterbukaan informasi khususnya yang dilakukan secara voluntary seharusnya tetap memperhatikan dan melindungi rahasia perusahaan.

Ada juga yang mempertentangkan antara keterbukaan informasi dengan citra perusahaan. Jika keterbukaan informasi cenderung dapat dikatakan untuk menampilkan apa adanya, maka upaya pencitraan perusahaan seringkali menampilkan yang bagus-bagus saja. Membangun komunikasi dengan tujuan membangun citra perusahaan tentu tetap dapat berjalan dengan aspek pemenuhan keterbukaan informasi ini. Bahkan aspek pemenuhan keterbukaan informasi merupakan salah satu kegiatan komunikasi yang harus dilaksanakan. Peran unit komunikasi perusahaan dalam penerapan tata kelola perusahaan sangat penting.

Karenanya penyusunan Annual Report merupakan sebuah bentuk keterbukaan informasi. Karena Annual Report selain penerapan prinsip keterbukaan informasi juga sebagai pelaporan dari implementasi akuntabilitas dari manajemen sebuah perusahaan. Tujuannya adalah untuk membangun kebanggaan dan reputasi yang baik.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

3 thoughts on “Annual Report Sebagai Penerapan Tata Kelola Perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s