4 Tahun


IMG_0489

Alhamdulillah hari ini saya merayakan ulang tahun pernikahan yang ke 4 dengan istri saya Mustika Ari Nurvianti, sebuah usia pernikahan yang terbilang masih muda memang. Dari 4 tahun yang sudah berjalan selama ini, 3 tahun diantaranya diwarnai dengan kehadiran putri kecil kami, Khansa Tiara Althea. Sebuah perjalanan yang dapat dikatakan cukup berjalan lancar memang. Dan Alhamdulillah saya bisa mengatakan bahwa kami bertiga adalah keluarga kecil yang bahagia.

Tidak ada yang istimewa untuk bisa saya bagikan dari perjalanan pernikahan saya karena memang bagaimana kami menjalani keluarga kecil kami layaknya sebagaimana keluarga lainnya pada umumnya. Semua yang sudah berkeluarga pasti tahu cara menjalankan sebuah keluarga. Pasti paham yang namanya berkeluarga tidaklah selalu berjalan mulus. Akan selalu muncul perbedaan pendapat mengenai banyak hal. Itu wajar.

Prinsipnya adalah bagaimana suami dan istri saling berkomunikasi dan bekerjasama untuk memastikan semua kebutuhan dalam keluarga terpenuhi. Suami berupaya menjadi suami yang baik, dan istri berupaya menajdi istri yang baik dengan tetap memenuhi peran sebagai orang tua yang baik untuk anak, menjadi anak yang baik untuk orang tua, menjadi pekerja yang baik, menjadi tetangga yang baik dan sederet peran sosial dan peran batin yang diharapkan masyarakat kepada seseorang. Itu saja. Tidak kurang, tidak lebih.

Prinsip lainnya adalah menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Tidak hanya itu, tetapi juga mencoba untuk saling menguatkan satu sama lain dan mengupayakan yang terbaik untuk memperbaiki diri sendiri. Hal ini dilaksanakan dengan penuh komitmen. Anda tidak harus menjadi orang paling romantis sedunia, tetapi ketika anda sudah memutuskan bahwa anda akan berkeluarga, maka anda harus menjadi orang yang berkomitmen. Karena begitu anda sudah berkeluarga, tidak ada istilah turun dari kereta. Mudah untuk dikatakan, tapi tidak mudah untuk selalu konsisten dilakukan. Tapi prinsipnya begini saja, lakukan saja yang terbaik.

Istri saya adalah pahlawan saya. Dengan segala kekurangan saya, ialah yang selalu mengingatkan saya dan mengisi kekurangan saya. Dan untuk segala hal-hal luar biasa yang dilakukannya untuk saya dan putri kami, tidak ada yang sanggup membalasnya selain Allah SWT. Untuk segala pengertiannya atas kesibukan saya baik kesibukan di kantor ataupun karena sedang kuliah lagi dengan sederet tumpukan tugas dan belajar mempersiapkan ujian, maka saya hanya bisa membalasnya dengan selalu menjaga diri saya.

Terimakasih yang tak terhingga untuk Mustika Ari Nurvianti, istri saya yang sangat luar biasa. Semoga perjalanan kita akan selalu di ridhoi oleh Allah SWT, semoga kita selalu diberikan kekuatan, kesabaran dan kemudahan dalam menjalani kehidupan berumah tangga dan semoga kita diberikan umur yang panjang agar kelak bisa melihat Khansa Tiara Althea menjadi seseorang yang membanggakan. Happy 4th year of our anniversary.

6 thoughts on “4 Tahun

Leave a Reply

