Blogger Sebagai Pahlawan Informasi


social.media_

Selamat hari pahlawan. Untuk para pejuang bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga. Anda juga bisa menjadi pahlawan. Dengan melakukan yang terbaik pada hal positif yang sedang anda lakukan. Untuk anda, untuk keluarga, dan untuk Indonesia. Bahkan termasuk para blogger melalui tulisan, anda bisa merubah dunia, ya setidaknya membuat menjadi lebih baik.

Melalui tulisan yang anda publikasikan di blog pribadi anda, anda bisa memberikan informasi, memberikan opini yang mungkin saja dapat menggerakkan hati para pembaca, memberikan inspirasi. Betapa besarnya peluang seorang blogger untuk menjadi pahlawan. Di dunia yang kini semakin dalam memasuki era informasi, peluang Itu semakin nyata.

Coba bayangkan bila ada satu diantara sekian banyak pembaca tulisan kita adalah orang yang punya ide hebat tapi tak bisa menyalurkan dalam bentuk tulisan. Setelah membaca tulisan kita, ia menjadi bisa menulis dan ide tersebut adalah ide hebat yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik? Atau pengalaman pribadi yang kita share ternyata bisa menginspirasi orang untuk bergerak secara konkrit. Luar biasa bukan?

Karenanya, bagi anda yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa dan mungkin saja bermanfaat untuk orang banyak, kenapa tidak anda bagikan dalam bentuk tulisan? Kecuali anda mungkin tertarik untuk mengkomersialisasikan pengetahuan anda, ya tentu itu adalah hak anda. Tapi merujuk kepada ilmu yang bermanfaat adalah pahala yang tidak akan berhenti mengalir, maka dengan membagikan pengetahuan anda secara gratis, maka akan semakin banyak orang yang mengamalkan ilmu pengetahuan yang anda miliki, dan pahala anda mudah-mudahan secara terus menerus tidak akan berhenti mengalir.

Tapi anda tentu juga perlu ingat, bahwa disetiap kunjungan seorang pembaca, sekecil apapun jumlahnya, anda memiliki tanggung jawab moral kepada para pembaca yang telah membaca apapun yang telah anda tuliskan dalam blog anda. Apalagi bila pembaca blog anda mencapai ratusan tiap harinya, ribuan tiap bulannya, tanggung jawab yang anda miliki menjadi lebih besar. Anda bertanggung jawab terhadap apapun isi yang ada publikasikan di blog anda.

Hal ini tentu tidak mudah. Begitu juga para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Anda memang harus mengorbankan waktu, tenaga dan tentunya juga pikiran (serta pulsa internet) untuk dapat secara terus menerus menulis dan membagikan pengetahuan anda. Tapi yakinlah bahwa membagikan pengetahuan secara gratis tidak akan membuat anda merugi. Banyak sekali manfaat menjadi blogger, termasuk salah satunya adalah membangun kredibilitas anda sebagai pakar.

Jadi, bagaimana, siapkah anda untuk menjadi blogger, seorang pahlawan informasi?

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s