Kenapa Lagu Let It Go Begitu “Abadi”?


Demi Lovato

Salah satu yang fenomenal selain dari film frozen yang diterbitkan pada tahun 2013, adalah begitu masifnya lagu Let It Go, soundtrack utama film tersebut yang dinyanyikan oleh Demi Lovato. Bahkan hingga tahun 2015, lagu itu masih saja tetap enak didengar. Banyak yang memposting lip sync dari lagu tersebut. Dan yang melakukannya adalah orang tua. Dan mereka senang melakukan adegan konyol sembari melakukan lipsync demi anak-anak mereka.

Filmnya fenomenal, lagunya juga sama fenomenal. Tidak hanya itu, lagu tersebut dinyanyikan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia yang dinyanyikan oleh Anggun C Sasmi, Regina Indonesian Idol, Nowela Indonesian Idol, Chilla Kiana dan Cindy Bernadette dengan judul Lepaskan. Pertanyaannya adalah kenapa lagu itu bisa begitu enak didengar dan long lasting?

Sangat jarang ada lagu soundtrack film kartun yang menjadi “abadi” dan diingat sepanjang masa. Salah satu yang bisa saya ingat adalah lagu Can You Feel The Love Tonight yang dinyanyikan oleh Elton John sebagai soundtrack film Lion King. Film itu juga menjadi salah satu film sensasional Walt Disney, selain tentunya banyak kartun dan animasi yang lain seperti Toy Story, dan Big Hero 6 ataupun Planes. Tapi kesuksesan film Toy Story dan Big Hero 6 dalam sepengetahuan saya tidak diikuti dengan sukses dari sisi soundtrack. Prediksi saya, film Frozen dan soundtrack Let It Go akan mengikuti jejak sukses Lion King.

Untuk membahas mengenai kesuksesan soundtrack, tentu tidak bisa tidak membahas filmnya. Film Frozen adalah film yang sukses dipasaran. Meskipun banyak kritik yang mengatakan bahwa plot ceritanya biasa-biasa saja. Bahkan cenderung mengikuti plot cerita dari Lion King. Ada anggota kerajaan yang terbuang atau mengasingkan diri dari sebuah kerajaan dan kembali lagi untuk menyelamatkan kerajaan dari anggota kerajaan lain yang memiliki niat jahat. Ceritanya sesederhana itu. Jangan salah paham, saya dan juga istri saya sangat menyukai film Frozen, dan putri kecil saya Khansa Tiara Althea juga sangat menyukainya!

Tapi barangkali pola kesuksesan itulah yang coba diulang oleh Walt Disney. Cerita sederhana yang mudah ditangkap pesan dan maknanya oleh yang menontonnya. Atau mungkin juga (ini dalam pandangan saya), cerita tentang orang terbuang dan kembali lagi untuk kemudian menjadi sukses adalah mimpi semua orang-orang yang terbuang dan tersakiti.

Let It Go sangat menggambarkan inti pesan dari film Frozen, selain tentunya irama lagu yang enak didengar oleh banyak generasi dan pemilihan lirik yang sangat baik. Ada pesan kunci dengan melepaskan beban perasaan tersakiti dan melanjutkan hidup dengan apa yang kita pilih. Frozen dan lagu Let It Go adalah sebuah pesan tentang kebebasan, kebebasan untuk memilih menjadi apa yang kita inginkan. Tapi sebelum itu, barang kali kita harus terlebih dahulu menerima diri kita apa adanya.

Lagu ini sangat layak masuk dalam daftar lagu motivasi saya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

5 thoughts on “Kenapa Lagu Let It Go Begitu “Abadi”?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s