Melihat Go-Jek dan Grab Bike Dari Perspektif Harga part 1


Gojek V Grab Bike 1

Kehadiran “tukang ojek digital” telah menghebohkan masyarakat. Hal ini terlihat dari maraknya pemberitaan di media massa & social media. Hal ini disebabkan adanya promosi gila-gilaan dengan tarif harga yang kelewat miring membuat masyarakat semakin banyak menggunakan jasa “tukang ojek digital”. Sejumlah pertanyaan yang kemudian menjadi menarik adalah kenapa Go-Jek & Grab Bike menetapkan harga murah? Bagaimana cara Go-Jek dan Grab Bike Menentukan harga? Kenapa bisa terjadi perang harga antara Go-Jek dan Grab Bike?

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita tentu perlu memahami seperti apa kondisi market Gojek dan Grab Bike. Seperti apa yang kita ketahui bahwa kota Jakarta memiliki kemacetan yang tinggi dan dianugerahi gelar sebagai kota termacet didunia. Disatu sisi lain mobilitas warga kota Jakarta sangat tinggi dan sangat cepat sehingga warga Jakarta pada dasarnya membutuhkan sarana transportasi yang cepat dan murah.

Kenapa Go-Jek & Grab Bike menetapkan harga murah?

Kita tahu bahwa salah satu faktor terpenting untuk keputusan pembelian dari sisi konsumen adalah persepsi mengenai harga. Jika harga yang dikenakan kepada konsumen dianggap lebih tinggi dari manfaat yang diharapkan oleh konsumen, besar kemungkinan konsumen tidak akan melakukan pembelian. Sehingga persepsi mengenai harga yang dibebankan kepada konsumen menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam menentukan harga produk ataupun layanan.

Ada 3 aspek penting yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap harga. Yang pertama adalah referensi harga yang dipergunakan oleh konsumen dalam menentukan kelayakan harga sebuah produk. Referensi harga tersebut merujuk kepada harga yang layak dalam benak konsumen mengenai harga sebuah produk atau layanan, harga typical dari sebuah produk sejenis, harga terakhir yang dibayarkan, harga di masa depan dan berbagai referensi lain.

Referensi konsumen Gojek & Grab Bike mengenai tingkat tarif tukang ojek adalah typical price atau secara langsung merujuk kepada tarif “Ojek Pangkalan”. Tarif “Ojek Pangkalan” besar kemungkinan dipersepsikan mahal dan tidak terstandar (suka-suka) atau berdasarkan kesepakatan. Tapi kita juga harus mencermati bahwa secara tidak langsung tarif Gojek & Grab Bike juga bisa saja diperbandingkan oleh konsumen dengan moda transportasi lain.

Aspek kedua yang mempengaruhi bagaimana persepsi konsumen terhadap harga adalah bagaimana pengaruh harga terhadap referensi konsumen Gojek dan Grab Bike terhadap kualitas. Gojek dan Grab Bike tidak hanya bersaing satu sama lain ataupun dengan sesama layanan “ojek digital” ataupun ojek pangkalan. Sehingga jika kita bandingkan Gojek & Grab Bike dengan moda transportasi lain seperti kereta api dan taksi atau pun secara langsung dengan “ojek pangkalan” dapat kita simpulkan bahwa Gojek dan Grab Bike jelas memiliki keunggulan dari sisi harga yang terbilang murah. Keunggulan dari sisi harga yang murah ini hanya bisa disaingi oleh moda transportasi kereta api. Namun tentu saja moda transportasi kereta api tidak dapat menawarkan fleksibilitas rute seperti halnya Gojek dan Grab Bike. Jika kita lihat dari aspek kenyamanannya, tentu saja Gojek dan Grab Bike akan kalah jika dibandingkan dengan moda transportasi taksi.

Menjadi menarik bagaimana warga Jakarta “dipecah-pecah” hendak memilih moda transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Yang menginginkan kecepatan dengan harga yang murah serta fleksibilitas tentu akan menggunakan Gojek & Grab Bike. Yang menginginkan kenyamanan besar kemungkinan akan menggunakan taksi. Dari penuturan supir taksi yang pernah saya tumpangi, bahwa kehadiran Gojek dan Grab Bike telah mempengaruhi jumlah pendapatan harian yang ia terima, ada kemungkinan bahwa Kehadiran Gojek dan Grab Bike turut mempengaruhi industri transportasi secara keseluruhan.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Melihat Go-Jek dan Grab Bike Dari Perspektif Harga part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s