Menjadi Apa Anda 5 Tahun Lagi?


wpid-cam00020.jpg

Dalam salah satu sesi kuliah pengembangan diri kemarin, saya dan teman-teman mahasiswa Magister Manajemen Eksekutif Muda angkatan 13 PPM Manajemen dimintakan untuk membayangkan dimana posisi kami dalam 5 tahun mendatang. Tidak hanya membayangkan, lalu menulis dalam sebuah kertas, kami semua diminta untuk membuat sebuah cover majalah terkenal dimana cerita dalam cover majalah tersebut mengulas mengenai kesuksesan kami.

Alhasil, kami semua sibuk beramai-ramai menggunting-gunting kertas dari majalah bekas (sebelumnya kami sudah diberitahu bahwa kami harus membuat, corat-coret segala macam bentuk, lem disana-sini untuk membuat cover majalah sesuai dengan apa yang kami inginkan.

Saya pribadi membuat sebuah majalah Warta Ekonomi yang rencananya akan diterbitkan tanggal 24 Oktober 2020. Majalah tersebut memiliki tema Menjadi Top Company Memberdayakan Masyarakat yang menceritakan mengenai bagaimana perjalanan start up company yang saya dirikan telah menjadi top company yang membuat aplikasi yang telah memberikan banyak manfaat kepada jutaan penggunanya. Kantor start up company yang saya dirikan memiliki gedung kantor di Jalan Sudirman.

Selain itu blog perspektif online dalam 5 tahun mendatang telah menjadi situs knowledge enhancement, tempat dimana para praktisi corporate communication dan good corporate governance mencari referensi tentang ilmu dan informasi terkini. Dalam 5 tahun mendatang ceritanya blog saya ini sudah berubah menjadi website yang dibaca oleh puluhan juta pembacanya. Jika saat ini pembaca blog saya masih berkisar belasan ribu tiap bulannya, menjadi menarik untuk dinanti apakah benar blog saya ini akan dibaca puluhan juta orang.

Lain halnya dengan saya, Fariz Hutama yang sekarang bekerja disalah satu perusahaan swasta sebagai tax officer memiliki cita-cita untuk mengembangkan perusahaannya sendiri, yakni Outdoor Indonesia, atau yang ia beri nama dagang ODIN (singkatan dari Outdoor Indonesia). Selain pengetahuan dan kompetensi mumpuni dibidang perpajakan, ternyata Fariz memiliki hobi outdoor adventure, dan seringkali melakukan kegiatan pendakian gunung, dan sering juga memandu sekumpulan orang untuk mendaki gunung. Berbagai gunung sudah ia daki. Dari hobinya tersebut, ia mencermati sebuah peluang bisnis yakni peralatan outdoor yang selama ini didominasi oleh segelintir apparel. Kepada saya, ia menceritakan bahwa ia memiliki networking supplier yang menyediakan bahan baku yang sama yang biasa dipergunakan oleh apparel terkemuka tersebut.

Memang hobi bisa saja menjadi sumber penghasilan kita. Salah satunya adalah Fatya yang sehari-hari bekerja sebagai arsitek disebuah perusahaan jalan tol yang ternyata memiliki hobi sebagai make up artist. Ia seringkali merias wajah untuk acara pernikahan, bahkan memiliki brand tersendiri yang ia beri nama MakeUpByFatya.

Saran saya adalah sudah terlalu banyak make up artist yang melabeli diri dengan brand Make Up By, sehingga nama tersebut menjadi terlalu umum dan tidak memiliki faktor pembeda yang membuat para pelanggannya langsung merasa terhubung dengan sebuah brand. Padahal Fatya memilliki potensi brand yang menurut saya cukup baik dengan nama BIYA. Kepada Fatya, saya menyarankan agar nama brand make upnya diganti menjadi BIYATIFUL. Cukup norak ya kalau diperhatikan, tapi menurut saya nama tersebut cukup catchy. Atau jika nama BIYATIFUL kurang sreg, barangkali nama BIYA bisa menjadi brand yang sesuai. Kenapa? Karena nama BIYA terdengar sangat wanita sekali, anggun dan eksotis secara bersamaan.

Selain mengembangkan usaha, ada juga teman saya yang memilik cita-cita tinggi untuk menjadi pemimpin perusahaan. Fadhil Parmato yang kini bekerja disalah satu anak perusahaan ASTRA, memiliki cita-cita untuk menjadi the next transformational leader di ASTRA grup. Ada juga Linggar, yang memiliki cita-cita menjadi konglomerat minyak.

Saya yakin, apapun cita-cita teman saya di Magister Manajemen Eksekutif Muda Angkatan 13 PPM Manajemen adalah cita-cita yang mulia yang akan membawa banyak sekali kebaikan bagi diri mereka dan juga bagi lingkungan disekeliling mereka. Saya akan selalu mendoakan kesuksesan untuk mereka semua.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Leave a Reply

