Cara Sederhana Melakukan Self Assessment Tata Kelola Perusahaan


Tata Kelola Perusahaan 2

Bagaimana mengetahui apakah perusahaan tempat anda bekerja sudah melakukan penerapan tata kelola perusahaan dengan baik? Cara termudah paling pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek apakah perusahaan anda sudah menerapkan keterbukaan atau transparansi informasi? Karena transparansi adalah prinsip pertama dalam prinsip dasar tata kelola perusahaan yang baik, yakni prinsip TARIF. Artinya semakin tinggi tingkat keterbukaan informasi sebuah perusahaan, maka besar kemungkinan perusahaan tersebut cukup baik kualitas penerapan tata kelola perusahaannya.

Cara termudah lainnya adalah tentu dengan melihat kinerja keuangan perusahaan, berapa jumlah fraud dari sisi jumlah kejadian dan jumlah nominal kerugian, berapa kasus hukum yang sedang perusahaan hadapi dan bagaimana pengaruhnya terhadap permodalan perusahaan. Jika kesemuanya menunjukkan tanda-tanda yang meningkat (kecuali kinerja keuangan), maka besar kemungkin ada yang salah dengan penerapan tata kelola perusahaan di perusahaan tempat anda bekerja.

Memang ada beberapa lembaga yang menerbitkan metode Self Assessment GCG dan anda bisa melakukan penilaian sendiri berdasarkan referensi-referensi metode untuk Self Assessment GCG tersebut. Secara prinsip apa yang akan dilakukan oleh semua konsultan GCG adalah sama. Mereka akan melakukan penelitian berdasarkan current condition dan melakukan perbandingan terhadap peraturan-peraturan atau berbagai referensi yang harusnya diikuti oleh perusahaan anda, serta melakukan komparasi atau perbandingan terhadap perusahaan sejenis dari industri yang sama. Dari situ, kemudian konsultan GCG akan melakukan sejumlah rekomendasi perbaikan apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan.

Penelitian current condition adalah memetakan kondisi terkini mengenai penerapan tata kelola perusahaan. Hal tersebut mencakup dari sisi structure dan soft structure GCG, apakah sudah sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Yang biasanya menjadi rujukan adalah apakah Anggaran Dasar Perusahaan anda sudah sesuai dengan Undang-Undang Perseroan Terbatas. Apakah struktur organisasi khususnya pada organ perusahaan (RUPS, Dewan Komisaris dan Direksi) sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Undang-Undang Perseroan Terbatas.

Analisa current condition juga akan melakukan pengecekan apakah perusahaan anda memiliki soft structure GCG yang memadai untuk memandu jalannya kegiatan operasional dan bisnis dari perusahaan anda. Dari situ soft structure GCG yang perusahaan anda miliki juga akan dikomparasi dengan perusahaan sejenis dari industri yang sama. Jika dirasa kurang mencukupi, besar kemungkinan soft structure GCG anda akan dikuatkan.

Dalam melakukan self assessment terhadap GCG, menggunakan konsultan ada plus minusnya. Dari sisi plusnya, adalah konsultan GCG tahu perkembangan terkini mengenai rujukan dan referensi secara general namun belum tentu memahami seluk beluk industri yang perusahaan geluti secara mendalam. Tapi konsultan bisa juga menawarkan insight yang berbeda, sebuah perspektif yang mungkin saja berbeda. Dan hal tersebut bisa saja menjadi sebuah sinergi yang menguntungkan untuk dapat memberikan rekomendasi yang paling tepat guna, efektif dan efisien bagi sebuah perusahaan.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s