Kampanye Iklan Foto Ini Diambil Dengan I Phone 6


Iphone 6

Jika anda melewati jalan layang sekitar latuharhari, maka anda akan menemukan sebuah billboard besar yang menggambarkan sebuah pemandangan alam dengan tulisan sederhana “foto ini diambil dengan I phone 6”. Sebuah iklan yang dalam pandangan saya terlihat begitu sederhana namun begitu mengena sekali. Kenapa?

Iklan tersebut merupakan bagian dari kampanye global yang dilakukan oleh Apple untuk produk smartphonenya I Phone 6. Sepintas iklan tersebut begitu sederhana sekali. Kenapa? Karena pesannya begitu jelas. Iklan tersebut hanya ingin menampilkan kualitas foto yang dihasilkan dari I Phone 6 dengan resolusi yang sangat tinggi, tidak pecah jika dicetak untuk keperluan promosi billboard. Coba anda bayangkan, dengan billboard yang sangat besar ukurannya, hanya perlu diambil gambarnya oleh sebuah handphone!

Berdasarkan pengalaman saya, jangankan di billboard, untuk dimajalah saja, kualitas gambar harus dengan resolusi yang tajam dan itu hanya bisa didapatkan oleh kamera digital yang mahal harganya. Namun dengan iklan yang dilancarkan oleh I Phone tersebut, peran kamera digital tersebut bisa digantikan oleh sebuah handphone. Kalau saya jadi marketing produsen kamera, saya mungkin harus merasa ketar-ketir terhadap pesan komunikasi yang dilancarkan oleh Apple tersebut. Jangan-jangan gara-gara iklan tersebut, calon konsumen yang mau membeli kamera DSLR jadi malah tergerak untuk membeli I Phone 6.

Yang juga menjadi pemikiran saya, dari semua kualitas atau keunggulan yang dimiliki oleh I Phone, kenapa harus keunggulan pada aspek resolusi gambar yang ditonjolkan? Barangkali karena kecenderungan orang Indonesia senang sekali selfie yang semakin menjadi trend anak muda masa kini. Apalagi dengan ciri design iklan yang minimalis membuat orang tertarik dan pesan yang ingin disampaikan oleh Apple dengan cepat terdeliver kepada siapapun yang membacanya.

Kejelasan pesan memang menjadi sebuah kunci agar sebuah iklan -dengan segala display, content text serta “pesan” terselubung yang ingin disampaikan-, menjadi mudah untuk segera ditangkap oleh siapapun yang melihatnya. Apalagi jika di tempatkan di sebuah billboard yang memang dari sisi feasibilitasnya sangat tinggi, namun durasinya sangat singkat bagi orang yang lalu lalang melihatnya, kecuali bagi anda yang terjebak di tengah kemacetan.

Kejelasan pesan kunci juga perlu menjadi pertimbangan bagi para praktisi komunikasi ataupun pemasaran dalam mengkomunikasikan dan memasarkan produk. Anda pernah melihat sebuah poster event yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan di depok beberapa waktu lalu? Iklan yang tidak sedap dipandang secara visual, dan tidak komunikatif dengan pemilihan bentuk, ornament design, font dan warna yang campur aduk yang membuat sakit mata bagi siapapun yang melihatnya hendaknya menjadi pembelajaran bagi kita semua dalam membuat atau membrief bagaimana sebuah konsep design itu diimplementasikan.

Mengenai iklan foto ini diambil dengan I phone 6, saya kira Apple sekali lagi telah melakukan hal yang jenius.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s