Apa Kualitas Utama Seorang Pemimpin?


Leadership 2

Pembahasan mengenai kepemimpinan akan terus berlangsung sampai kapanpun. Berbagai macam definisi dan teori mengenai kepemimpinan telah dikemukakan oleh sejumlah pakar, baik itu praktisi dari berbagai tingkatan mulai manager hingga CEO ataupun dari akademisi. Ada yang membedakan antara pemimpin dengan bos, ada yang membedakan berdasarkan orientasi hasil atau proses, dan ada juga yang membedakan berdasarkan metode kepemimpinannya.

Begitu pun dengan karakter-karakter ataupun kualitas yang harus dimiliki oleh pemimpin. Ada yang mengatakan pemimpin itu harus memiliki keberanian, ada yang mengatakan pemimpin itu harus memiliki tanggung jawab, dan banyak variasi-variasi lainnya. Perdebatan mengenai kualitas utama dari seorang pemimpin pun terus bermunculan.

Berdasarkan pengalaman saya memimpin sejumlah projek pekerjaan di kantor saya dan pengalaman saya dalam menghadapi berbagai atasan dengan karakter, kompetensi dan metode yang berbeda-beda, ada satu hal yang membuat saya merasa terikat dengan seorang pemimpin atau kepemimpinan, yaitu adalah kemampuan pemimpin untuk dapat menjadi contoh yang baik bagi pemimpin.

Seringkali pemimpin (yang dimaksudkan adalah pemimpin formal) tidak dituntut untuk memiliki hardskill tetapi lebih kepada soft skill. Namun dalam pandangan saya, berdasarkan pengalaman saya, seorang pemimpin memang tidak harus memiliki hard skill seperti orang-orang yang dipimpinnya. Tetapi alangkah baiknya jika pemimpin juga mau belajar untuk memiliki hardskill, sekurang-kurangnya untuk dapat mengetahui gambaran besarnya, agar bisa mengarahkan orang-orang yang dipimpinnya.

Sebagai contoh misalnya adalah manager accounting, apa yang akan terjadi bila anda tidak mempunyai dasar kemampuan accounting sama sekali. Anda tidak akan dapat mengarahkan secara spesifik apa yang harus dilakukan, dan ada kemungkinan anda akan diperdaya oleh anggota tim anda sendiri. Semoga bukan itu yang terjadi.

Kemauan pemimpin untuk terus belajar akan menjadi contoh yang baik bagi orang-orang yang dipimpinnya. Dengan mau belajar, artinya menandakan pemimpin itu mau tahu dan tidak hanya asal tahu beres saja. Jika yang dimaksudkan dengan kepemimpinan sebagai seni mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya, maka adakah cara yang lebih baik dari mempengaruhi dengan memberikan contoh?

Misalnya begini, jika dikantor, anda lihat orang-orang yang anda pimpin itu malas-malasan kerjanya, lalu anda juga malas-malasan kerjanya, apakah orang-orang yang anda pimpin itu mau mendengarkan anda jika anda sendiri adalah seorang pemalas? Jadi contoh perbuatan yang anda lakukan berbicara lebih banyak daripada kata-kata atau perintah apapun yang anda berikan.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

4 thoughts on “Apa Kualitas Utama Seorang Pemimpin?

  1. Masyarakat indoneaia lebih menyukai gaya kepemimpinan egaliter yg bisa menyatu dgn bawahan. Bukan pemimpin otoriter yg hanya bisa menekan dan menakuti bawahan dengan sanksi-sanksi yg justru akan menimbulkan ketidaknyamanan dlm bekerja.

    Like

    1. Betul mas kebanyakan memang begitu. Saya pribadi pun juga begitu. Tapi sebagai pemimpin adalah penting untuk bisa memahami seluruh aspek yang menjadi tanggung jawabnya, termasuk karakter bawahannya dan memberdayakan seluruh sumber daya untuk mencapai tujuan. Tidak mudah memang.

      Like

  2. Setuju sekali mas, karisma seorang pemimpin masa sekarang bukan hanya seberapa cerdas ia tampil di muka tapi bagaimana ia tampil sebagai pemimpin yg bisa memengaruhi banyak org dgn karakternya yg baik dalam hal ini integritas dan keteladanannya. Semoga kita tetap menjadi pemimpin berintegritas, yg disegani bukan takuti, yg dihormati bukan dicemooh di belakang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s