Statistik Annual Report Award 2004-2014


Fourever One

Siapa yang menyangka Annual Report Award yang digelar oleh sejumlah instansi berbobot sudah berlangsung sejak tahun 2002, atau sudah berlangsung sekitar 13 kali. Semakin tahun jumlah peserta semakin meningkat menandakan kepedulian manajemen berbagai perusahaan dari berbagai industri terhadap keterbukaan informasi semakin meningkat. ARA terus berkembang dengan melakukan sejumlah penambahan dan perubahan kategori. Berikut adalah statistik Annual Report Award yang sayangnya baru bisa dimulai dari tahun 2004, karena saya kesulitan menemukan data juara ARA 2002 dan ARA 2003.

ARA Terbanyak Juara 1Tersingkirnya CIMB Niaga dari 3 besar ARA 2014, untuk sementara belum membuat posisinya sebagai perusahaan terbanyak menjadi juara 1 ARA tergesar. CIMB Niaga (sebelumnya bernama Bank Niaga) total terhitung menjadi juara 1 sebanyak 6 kali. Pencapaian Bank Mandiri dan Asuransi Jasa Indonesia yang menjadi juara di kategori masing-masing cuma bisa mendekati CIMB Niaga dengan perolehan masing-masing 5 kali juara 1.

Berjejer dibawah Bank Mandiri dan Asuransi Jasindo, ada 5 perusahaan yang sudah memiliki 4 gelar Juara 1 ARA. Ke lima perusahaan tersebut adalah Bank Syariah Mandiri, Pupuk Kaltim, Indonesia Power, Bank DKI dan Aneka Tambang. Sebenarnya ada satu perusahaan lagi yang pernah mendapatkan 4 gelar juara 1 yakni Jamsostek. Namun dengan adanya perubahan status Jamsostek dari Perseroan Terbatas menjadi BPJS menyebabkan Jamsostek tidak lagi bisa berpartisipasi dalam ajang ARA. Sementara itu Bank BRI, Bank Jateng, Garuda Indonesia, Perkebunan Nusantara XIII, Petrokimia Gresik dan Bank Jatim masih harus puas dengan 3 kali gelar juara 1 Annual Report Awards. Secara keseluruhan hingga saat ini (dari tahun 2004), cuma ada 35 perusahaan yang berhasil mendapatkan juara 1 Annual Report Award. Itu hanya sekitar 12% dari total jumlah peserta tahun ini.

ARA Terbanyak Juara UmumSedangkan untuk Juara Umum, Aneka Tambang menjadi perusahaan yang menjadi paling banyak menjadi juara umum dengan 3 kali menjadi juara umum. Berada di tempat kedua adalah Perusahaan Gas Negara dan Medco International dengan menjadi juara umum sebanyak 2 kali.

ARA Terbanyak 3 BesarDari kurun waktu 2004 sampai dengan 2014, ternyata cuma ada satu perusahaan yang konsisten menempatkan diri minimal berada di posisi 3 besar, yakni Bank Mandiri. Menyusul ditempat ke dua adalah CIMB Niaga yang dari 11 kesempatan, cuma 2 kali gagal menempatkan diri di posisi 3 besar. Bank BNI, Asuransi Jasa Indonesia dan Aneka Tambang mengekor dibelakangnya dengan 8 kali berada di posisi 3 besar.

Hal ini menguatkan adanya persepsi yang menang yang itu-itu saja. Ditambah lagi ada perusahaan-perusahaan yang memang kuat mendominasi pada sejumlah kategori, bahkan sampai bisa mencetak prestasi cemerlang 3 sampai 4 tahun berturut-turut. Namun tentunya Annual Report Award adalah penghargaan yang sangat kredibel dan sangat ketat penilaiannya, sehingga prestasi yang berhasil dicapai para Juara ARA adalah prestasi yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

ARA Terlama Berturut TurutPerusahaan yang mampu mencapai juara 1 tiga kali berturut-turut pertama kali adalah Bank Niaga (kini CIMB Niaga) dari tahun 2004 hingga 2006. Pencapaian itu di tambahkan lagi setahun kemudian pada ARA 2007 dimana Bank Niaga kembali menjadi juara 1 yang menahbiskan Bank Niaga menjadi perusahaan yang pertama kali menjadi juara 1 empat tahun berturut-turut. Perusahaan kedua yang mampu mencapai 3 kali dan 4 kali juara 1 Annual Report Award secara berturut-turut adalah Bank Syariah Mandiri (2009-2012). Pencapaian Bank Niaga dan Bank Syariah Mandiri kemudian disusul oleh Indonesia Power (2010-2013). Perusahaan yang terbaru yang mencapai prestasi 4 tahun berturut-turut adalah Bank DKI (2011-2014). Bank Jateng sebenarnya bisa saja mengikuti jejak Bank DKI, namun langkahnya terhenti tahun ini sehingga Bank Jateng harus puas dengan 3 tahun berturut-turut saja (2011-2013). Asuransi Jasindo tahun depan punya peluang untuk masuk ke grup yang sama dengan Bank Niaga, Bank Syariah Mandiri, Indonesia Power dan Bank DKI jika tahun depan kembali menjadi juara 1 karena Asuransi Jasindo tahun ini berhasil mencetak prestasi 3 tahun berturut-turut (2012-2014). Begitu pula dengan Bank BNI Syariah yang punya peluanguntuk mencetak prestasi 3 tahun berturut-turut jika tahun depan kembali menjadi juara 1 lagi.

Yang menjadi menarik adalah, bahwa hingga saat ini belum pernah ada perusahaan yang mampu mencetak prestasi 5 tahun berturut-turut. Dari 4 perusahaan yang menjadi juara 1 ARA cuma Bank DKI yang masih punya kesempatan untuk mencetak prestasi membanggakan tersebut. Mampukah Bank DKI melakukannya? Ini adalah tantangan yang harus saya jawab tahun depan.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s