Definisi dan Dimensi Kualitas


Quality

Hampir setiap perusahaan selalu menekankan pada kualitas barang yang dihasilkan dan jasa yang diberikan kepada setiap pelanggan atau customernya. Pada sejumlah industri tertentu, kualitas bisa saja menjadi faktor pembeda antara kesempurnaan dan datangnya sebuah bencana. Peluncuran Apollo yang menewaskan 7 astronot yang disinyalir akibat tidak sempurnanya 0-ring yang dipergunakan dalam temperatur yang dingin dan yang sangat menyesakkan hal ini diketahui oleh para ilmuan dan teknisi NASA.

Kalau begitu apa definisi dari sebuah kualitas dan apa saja yang termasuk dalam dimensi kualitas. Masing-masing unit disebuah perusahaan akan memiliki definisi yang berbeda-beda tentang kualitas. Pada unit produksi akan cenderung mendefinisikan kualitas pada aspek konformitas, atau kesesuaian teknis dengan spesifikasi yang diinginkan. Sementara unit marketing akan menekankan kualitas pada value yang diharapkan dari sebuah produk.

Sejumlah pakar mendefinisikan kualitas sebagai memenuhi atau bahkan melebih I kebutuhan customer atau pelanggan di masa sekarang dan masa depan. Ada juga yang mengartikan kualitas sebagai kesesuaian penggunaan sebuah produk atau manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan. ISO 9000 mendefinisikan kualitas sebagai totalitas features dan karakteristik dari produk yang menandakan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan customer. Dari berbagai definisi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa yang menilai kualitas sebuah produk adalah customernya, bukan manufakturnya. Secara sadar, sebenarnya customer tahu apa yang diinginkan dan karenanya bisa mendefinisikan kualitas apa yang diharapkan dari sebuah produk (dimensi kualitas), yang terdiri :

Performance

Fungsionalitas dari sebuah produk yang diharapkan oleh customer. Misalnya pada handphone, maka performance yang diharapkan adalah kualitas kejernihan suara, kecepatan processor. Pada produk mobil, adalah tingkat bahan bakar yang dipergunakan, suara mesin yang dihasilkan.

Features

Features merupakan tambahan dari core function. Contohnya adalah dirumah makan featuresnya adalah kualitas tempat duduk, kenyamanan tempat makan, lapangnya parkir. Contoh lainnya adalah semakin berkembangnya features dari sebuah handphone yang dulu hanya dipergunakan untuk menelpon dan sms sekarang sudah dilengkapi dengan kamera, internet untuk browsing, akses sosial media dan berbagai fitur tambahan lainnya. Semakin banyak features yang dimiliki oleh sebuah produk, semakin diminati oleh customer.

Reliabilitu

Reliability merupakan kehandalan sebuah produk. Produk yang dapat diandalkan memiliki ciri-ciri utama yakni konsistensi tinggi, dan dapat berfungsi terus menerus. Secara umum, reliabilitas sebuah produk dapat didefinisikan sebagai tingkat kemungkinan produk itu gagal dalam memenuhi life expectationnya. Perlu juga diingat untuk menambah kehandalan sebuah produk, terkadang harus ada cost tambahan yang dikelurkan oleh manufaktur.

Durability

Durability merupakan daya tahan atau ketahanan sebuah produk jika berada dalam kondisi diluar dari designnya. Misalnya handphone tidak didesign untuk dapat tahan di dalam air.

Conformance

Kesesuaian produk dengan spesifikasi teknisnya.

Estetika

Keindahan tampilan fisik dari sebuah produk.

Perceived quality

Perceived quality merupakan apa yang ada dalam benak atau pikiran customer yang disebabkan karena adanya pengalaman dalam menggunakan sebuah produk dan bisa juga karena mendengarkan referensi orang lain mengenai sebuah produk.

Service availability

Ketersediaan layanan terhadap sebuah produk seperti bagaimana after sale service yang diberikan oleh sebuah manufaktur produk. Selain itu service availability dapat dinilai juga dari ketersediaan parts atau suku cadang sebuah produk.

Masing-masing customer dalam memandang dimensi kualitas tersebut dapat memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Ada customer yang lebih mementingkan performance ketimbang estetika, namun ada juga yang memandang sebaliknya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s