Melihat Go-Jek dan Grab Bike Dari Perspektif Demand And Supply


gojek

 

Makin lama makin banyak saja para peminat yang ingin mendaftarkan diri menjadi pengemudi Go-Jek. Rekan kerja saya yang pernah iseng mendaftar Gojekmengatakan begitu banyak orang yang mendaftar, dengan jumlahnya mencapai ribuan, dengan suasana lebih menyerupai bursa kerja. Itu baru dari sisi pengemudi Go-jek. Dari sisi bisnisnya, pasar tukang ojek “digital” ini memang belum padat, karena baru disaingi oleh Grab Bike. Namun adanya rencana Blue Bird meluncurkan Blue-Jek, menandakan bahwa pangsa pasar ini semakin terlihat “sexy” untuk diraup. Permasalahannya, adalah seberapa luas pasar yang ada untuk nantinya ketiga “tukang ojek digital” ini untuk bersaing mencari cuan?

Pertanyaan ini patut mengemuka, dengan latar belakang pertanyaan yang diajukan sebelumnya oleh rekan kerja saya yang iseng mendaftar Go-Jek tersebut. Jika yang mendaftar Go-Jek banyak, nanti siapa yang mau jadi penumpang? Pertanyaan yang diajukan oleh rekan kerja saya itu patut untuk dicermati dan dianalisa. Kebetulan, hari ini saya menggunakan jasa pengemudi Go-Jek dan dari penuturan bang Somat (sebut saja namanya demikian), ia bisa melayani 10 orang dalam 1 hari.

Mari kita analisa dengan data-data yang saya dapat dapat dari berbagai pemberitaan di media massa, dan penuturan bang Somat.

Jumlah pengemudi Gojek hingga kini diprediksi 20.000 pengemudi di 4 kota. Jika diasumsikan penetrasi Gojek di Jakarta lebih besar dari 50 persen saja, maka asumsi jumlah pengemudi Gojek di Jakarta mencapai 11.000 sampai 12.000 pengemudi. Jumlah order Gojek mencapai 1 juta order, dengan asumsi sederhana order di Jakarta mencapai 900 ribu order. Aplikasi Gojek ada sejak awal tahun 2015. Sedangkan jumlah pengemudi Grab Bike mencapai 11.000 dengan jumlah order mencapai 500 ribu sejak diluncurkan pada bulan Mei 2015.

Gojek 2

 

Dari data-data tersebut jika memang benar jumlah pengemudi Gojek di Jakarta saja adalah 12.000 dengan jumlah order mencapai 900.000 dari awal aplikasi ini diluncurkan maka rata-rata pemesanan per bulan adalah 112.500, maka pernyataan Bang Somat yang mengatakan setiap hari ia bisa melayani 10 orang agak-agak mendekati benar.

Namun jika kita melihat Gojek dan Grab Bike ini dari perspektif permintaan dan penawaran, akan ada titik keseimbangan yang akan terjadi kedepannya. Karena saat ini memang jumlah permintaan terhadap jasa ojek masih tinggi. Namun jika kenaikan permintaan itu tidak bisa mengimbangi kenaikan supply karena kenaikan jumlah pengemudi Go-Jek dan Grab Bike lebih tinggi dari kebutuhan, maka akan ada kemungkinan kedepan penghasilan para pengemudi Gojek dan Grab Bike menyesuaikan ke titik normal yang seharusnya.

Tapi melihat keinginan Blue Bird untuk masuk ke pasar ini, dengan segala perhitungan matang yang mungkin telah dilakukan, maka ada kemungkinan pangsa pasarnya memang masih menganga lebar. Artinya penyesuaian ke titik normal, mungkin masih agak jauh. Ditambah lagi, dengan adanya promosi yang semakin intensif, diharapkan dapat membentuk prilaku konsumen untuk berpaling dari menggunakan moda transportasi lain (pribadi atau umum) menjadi menggunakan Go-Jek. Faktor penghambat dari sisi regulasi mungkin saja akan berbenturan dengan faktor kebutuhan masyarakat yang diakomodir oleh Go-jek dan Grab Bike. Menarik untuk dilihat bagaimana kedepannya masa depan dari Gojek, Grab Bike ataupun Blue-Jek.

Referensi yang dipergunakan :

Jumlah Driver Go-Jek Bertambah 1.000 Kali Lipat

Saat Gojek Capai 1 Juta Order

8500 Orang Melamar Jadi Supir Ojek Grab Bike

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

One thought on “Melihat Go-Jek dan Grab Bike Dari Perspektif Demand And Supply

  1. Dear mas roji, terima kasih atas artikel yang di publish. Sangat membantu sebagai tambahan informasi untuk tugas kuliah saya. Klo boleh saya tau, sumber data total mitra Gojek dan Grab darimana ya ? Dan hasil rata-rata order yang dilayani itu satuannya per bulan atau per hari ? Sebelumnya, terima kasih atas jawaban yang diberikan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s