Melihat Budaya Organisasi The Chevron Way Pada Tingkat Basic Underlying Assumption


Courtesy of Chevron Indonesia Website
Courtesy of Chevron Indonesia Website

Basic underlying assumption adalah unsur budaya yang paling mendalam yang memberikan panduan prilaku anggota dari sebuah organisasi dan memberikan petunjuk bagaimana untuk memaknai dan berpikir mengenai sesuatu hal tentang organisasi. Basic underlying assumption dapat diterjemahkan adalah kenapa sebuah perusahaan menerapkan sebuah budaya tertentu.

Kenapa Chevron Menerapkan The Chevron Way?

Dari pernyataan visi yang merupakan tujuan atau hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan, dapat kita ketahui bahwa hasil yang ingin dicapai adalah menjadi perusahaan energi internasional yang paling dikagumi karena orang-orangnya, sebagai mitra, dan untuk kinerjanya.

Penekanan pada budaya The Chevron Way adalah Mencapai Hasil dengan Cara Yang Benar. Cara yang benar disini dapat diasumsikan sesuai dengan cara yang seharusnya dilakukan seperti misalnya tidak bertentangan dengan peraturan. Asumsi ini berdasarkan pernyataan dalam media komunikasinya bahwa Chevron melakukan bisnisnya secara bertanggung jawab dan beretika dan menghormati hukum. Artinya Chevron menginginkan orang-orangnya agar menjadi orang yang mencapai hasil dengan cara yang benar, memiliki mitra yang berorientasi yang sama dengan Chevron, dan bagaimana pola hubungan antara Chevron dengan mitra juga berjalan dalam kaidah dan cara yang benar, serta pencapaian kinerja yang dilakukan dengan cara yang benar juga.

Kesuksesan Chevron didorong oleh tiga strategi perusahaan secara mendasar, yakni investasi pada manusia, melakukan secara sempurna, dan memiliki kinerja yang terus bertumbuh. Investasi pada manusia untuk terus meningkatkan kapasitas organisasi dan memastikan bahwa Chevron memiliki keahlian agar dapat Chevron dapat memberikan hasil yang terbaik pada setiap apa yang dilakukan. Selain itu Chevron juga menerapkan sistem dan proses yang sangat teliti sehingga memungkinkan setiap keputusan dapat diambil secara tepat untuk mencapai eksekusi yang sempurna.

Jika kita melihat pada nilai-nilai yang ditanamkan kepada seluruh anggota organisasi Chevron (para karyawannya) dan jika kita melihat karakteristik Chevron yang kegiatan usahanya melakukan eksplorasi alam dan lingkungan hidup, serta sebagai perusahaan multinasional yang beroperasi di lebih dari 180 negara, kita akan melihat beberapa asumsi-asumsi yang mendasari budaya organisasi The Chevron Way di Chevron.

Yang pertama, adalah Chevron sebagai perusahaan yang melakukan eksplorasi alam dan lingkungan hidup yang tentunya memiliki risiko yang tinggi terhadap keselamatan para karyawan serta pentingnya melindungi lingkungan dari dampak-dampak negatif dari kegiatan ekplorasi yang dilakukan oleh Chevron. Pertimbangan ini dapat menjadi landasan yang masuk akal kenapa Chevron menanamkan nilai melindungi manusia dan lingkungan. Terlebih lagi aspek perlindungan baik terhadap lingkungan atau keselamatan pekerja menjadi perhatian penting disetiap negara.

Selain itu sebagai perusahaan multinasional yang beroperasi di lebih dari 180 negara, yang tentunya akan menghadapi dengan beragam latar belakang karyawan yang berbeda disatu negara dengan negara lainnya. Hal ini dapat menjadi dasar kenapa Chevron menanamkan nilai keberagaman/ diversitas.

Nilai-nilai lainnya yang ditanamkan oleh Chevron juga didasari oleh karakteristik bisnis yang dijalankan oleh Chevron dimana segmen bisnis dari Chevron adalah pengembangan energi alternatif yang tentunya memerlukan inovasi dan kreativitas. Mungkin, asumsi ini yang mendasari Chevron untuk menempatkan terobosan sebagai nilai penting yang harus dianut oleh para karyawannya. Karakteristik bisnis lainnya dari Chevron adalah pola kemitraan stasiun pengisian bahan bakar yang dimiliki oleh mitra yang tentunya mengharuskan Chevron harus menjadi perusahaan yang dapat dipercaya oleh para mitranya, sehingga Chevron perlu menekankan kata integritas, kepercayaan, dan kemitraan menjadi nilai dasar untuk para karyawannya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Referensi :

Website Chevron Indonesia

http://www.chevronindonesia.com/

ChevronTexaco Corporation Changes Name to Chevron Corporation, Unveils a New Visual Image

http://www.chevron.com/chevron/pressreleases/article/05092005_chevrontexacocorporationchangesnametochevroncorporationunveilsanewvisualimage.news

Psikologi Warna, Biarkan Warna Berbicara

http://mangkoko.com/ruang_baca/psikologi-warna-biarkan-warna-berbicara

Chevron Corporation

https://id.wikipedia.org/wiki/Chevron_Corporation

Chevron Corporate Identity

http://hansstol.totaldesign.nl/en/chevron.html

Disclaimer :

Penulis bukan merupakan karyawan dari Chevron, Chevron Indonesia, Chevron Pacific Indonesia yang menjadi contoh dalam tulisan ini, ataupun perusahaan lain yang terafiliasi dengan Chevron

Penulis tidak menerima imbalan apapun dalam bentuk apapun dari Chevron, Chevron Indonesia, Chevron Pacific Indonesia ataupun perusahaan lain yang terafiliasi dengan Chevron

Tulisan ini tidak ditujukan untuk promosi Chevron, Chevron Indonesia, Chevron Pacific Indonesia ataupun perusahaan lain yang terafiliasi dengan Chevron

Tulisan ini ditujukan untuk sharing knowledge dan diskusi mengenai manajemen dan budaya organisasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s