Sumber – Sumber Perubahan Dalam Organisasi


Perubahan

Perubahan adalah sebuah hal yang tak terelakkan, bahkan perubahan menjadi sebuah hal yang pasti. Perubahan terjadi karena dinamika dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberadaan sebuah organisasi, termasuk diantaranya perusahaan. Ada beberapa faktor-faktor yang dapat menyebabkan perubahan. Apa saja sumber-sumber perubahan yang dapat mempengaruhi sebuah organisasi?

Kondisi Lingkungan Kerja

Kondisi lingkungan kerja itu sendiri merupakan sebuah faktor yang dapat mempengaruhi sebuah organisasi seperti lebih beragamnya budaya dari para pekerja saat ini, akan mempengaruhi prilaku dari sebuah organisasi dalam memandang adanya keragaman budaya tersebut. Jika sebelumnya perusahaan-perusahaan tidak memiliki concern terhadap pentingnya adanya perlakuan yang adil terhadap para pekerja, maka sekarang perusahaan harus memiliki perlindungan untuk memastikan setiap karyawan mendapatkan perlakuan yang adil.

Baca Juga : Diskriminasi Dalam Dunia Kerja

Perkembangan teknologi dengan serta merta akan mempengaruhi keberadaan organisasi. Perkembangan teknologi yang sangat cepat merubah wajah dan bentuk bagaimana bisnis dijalankan. Ambil contoh, teknologi sms dan email ketika itu mempengaruhi bagaimana industri pos pernah sempat goyah hingga kemudian industri pos ikut dengan gaya hidup digital masyarakat sebagai akibat dari adanya perubahan dan perkembangan teknologi. Fenomena Gojek adalah salah satu contoh konkrit saat ini bagaimana teknologi mempengaruhi dan menjadi pesaing bagi tukang ojek konvensional.

Ekonomi

Kondisi perekonomian baik secara lokal, nasional, regional dan internasional akan selalu mempengaruhi prilaku organisasi. Krisis global subprime mortgage housing yang terjadi di Amerika ikut mempengaruhi kondisi perekonomian secara menyeluruh dan ikut memberikan andil terhadap bagaimana sebuah perusahaan dalam merespon perubahan-perubahan tersebut. Krisis perekonomian yang sempat melanda Indonesia pada kisaran waktu 1997-1998 merupakan salah satu contoh nyata dimana kita mengetahui banyaknya bank yang kemudian di likuidisasi. Bank yang tidak terkena dampak likuidasi kemudian melakukan perubahan-perubahan yang menuju kepada perbaikan tata kelola perusahaan dan manajemen resiko sebagai respon dari industri perbankan agar krisis tersebut tidak terulang kembali.

Kompetisi

Faktor persaingan adalah salah satu faktor yang menyebabkan sebuah organisasi melakukan perubahan. Dengan prinsip bahwa setiap perusahaan melakukan upaya perbaikan secara terus menerus dalam mencapai tujuannya, yakni mencari keuntungan seoptimal mungkin, maka setiap perusahaan tentunya akan menyadari bahwa setiap kompetitornya akan selalu bergerak menuju kearah yang lebih baik. Misalkan sebuah perusahaan memiliki sistem teknologi informasi yang lebih baik sehingga memiliki kecepatan proses pelayanan kepada nasabah, maka perusahaan itu akan memiliki daya saing yang lebih baik daripada perusahaan lainnya. Menarik untuk disimak, bagaimana implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN akan memberikan dampak kepada daya saing kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Baca Juga : Masyarakat Ekonomi ASEAN, Breaktrough Your Mindset

Sosial Trend

Trend sosial atau trend yang terjadi di masyarakat akan memberikan dampak perubahan bagi sebuah organisasi. Sebagaimana telah dicontohkan dalam teknologi, yang merubah gaya hidup masyarakat, menyebabkan perusahaan “dipaksa” atau secara sadar merespon adanya pergeseran gaya hidup masyarakat. Sosial media adalah salah satu contohnya, yang membuat banyak perusahaan meresponnya dengan ikut membuat akun sosial media dari perusahaan agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat.

Begitu pula dengan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan misalnya, membuat masyarakat lebih kritis terhadap produk-produk yang lebih ramah lingkungan, bagaimana proses produksi dari perusahaan. Anda pasti pernah mendengar sebuah brand fashion yang dituntut karena mengeksploitasi hewan tanpa perlakuan yang tepat.

Politik

Politik juga menjadi sumber perubahan dari perusahaan. Adanya perubahan peraturan-peraturan yang terjadi akan selalu direspon oleh perusahaan dengan melakukan perubahan. Implikasi politik, baik secara nasional seperti pemilihan Presiden kita tahun 2014 kemarin, ataupun secara global seperti semakin menguatnya peran Cina dalam perekonomian internasional yang membuat peran politik Cina di politik internasional semakin menguat.

Sumber-sumber perubahan tersebut bukanlah merupakan sebuah faktor-faktor yang terpisah satu sama lain. Bahkan beberapa diantaranya dapat terjadi secara bersamaan. Seperti misalnya perkembangan teknologi yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat, ataupun faktor ekonomi dan politik yang seringkali berjalan beriringan. Mewaspadai sumber-sumber perubahan bukan berarti mencegah perubahan itu terjadi, tapi lebih kepada bagaimana mempersiapkan dampak-dampak dan risiko dari adanya perubahan tersebut dan mempersiapkan langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

Diterjemahkan dan dikembangkan dari buku Organizational Begavior Global Edition Sixteenth Edition yang ditulis oleh Stephen P Robbins dan Timothy A Judge

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s