Skandal Laporan Keuangan Toshiba. Kenapa Bisa Terjadi?


Financial Report Setelah lama tidak terdengar, beberapa waktu terakhir dunia keuangan internasional dihebohkan oleh terjadinya skandal laporan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan multinasional ternama dari Jepang, Toshiba. Anda tentu familiar dengan produk-produk Toshiba mulai dari televisi, laptop dan berbagai produk lainnya.

Kenapa Bisa Terjadi?

Secara umum skandal laporan keuangan terjadi bila kinerja keuangan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemegang saham dan pemangku kepentingan. Skandal laporan keuangan terutama yang besar hanya akan terjadi pada tingkatan top management (Dewan Komisaris dan Direksi). Apa yang dilakukan oleh top management dalam skandal Laporan Keuangan merupakan sebuah bentuk creative accounting yakni dengan meningkatkan pendapatan dari perusahaan.

Motivasi yang paling umum jika top management melakukan creative accounting adalah pemberian bonus. Semakin baik kinerja perusahaan berujung kepada peningkatan bonus atau remunerasi bagi top management. Atas dasar motivasi tersebut, seorang top management bisa jadi tergoda untuk melakukan creative accounting, termasuk dengan melakukan fraud sekalipun.

Informasi merupakan salah satu aspek yang mendapatkan perhatian penting dalam penerapan tata kelola perusahaan. Perusahaan yang berkomitmen menerapkan keterbukaan informasi wajib menerapkan keterbukaan informasi (prinsip transparansi), salah satunya melalui pelaporan yang disampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga : Pelaporan Perusahaan Yang Berkualitas dan Memenuhi Kaidah GCG

Pelaporan (termasuk diantaranya pelaporan keuangan) dan pengungkapan lainnya merupakan alat penting yang potensial bagi manajemen untuk mengkomunikasikan kinerja perusahaan dan tata kelola perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan. Di sisi lain, melalui pelaporan perusahaan, pemangku kepentingan juga bisa memantau kinerja perusahaan dan menilai apakah implementasi tata kelola perusahaan yang dijalankan oleh manajemen perusahaan sudah berjalan dengan baik dan benar. Informasi yang benar dapat memberikan manfaat khususnya kepada kreditor atau investor dalam mengambil keputusan investasi, kredit dan keputusan lainnya. Karenanya menjadi penting bagi setiap perusahaan untuk menyampaikan informasi mengenai kinerja keuangannya secara jujur, transparan dan terbuka.

Budaya Organisasi

Yang juga menjadikan menarik adalah skandal laporan keuangan itu disebabkan oleh budaya di Toshiba yang mengharuskan setiap karyawan untuk mematuhi atasannya. Tidak adanya yang menentang kebijakan top management dalam melakukan skandal laporan keuangan menjadikan tidak adanya pengawasan yang memadai untuk mencegah adanya praktik-praktik yang tidak benar dalam penyampaian laporan keuangan. Ini menjadi bukti nyata lemahnya penerapan tata kelola perusahaan di Toshiba.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Skandal Laporan Keuangan Toshiba. Kenapa Bisa Terjadi?

  1. Creative Accounting atau Window dressing menjadi kelemahan standar akutansi berdasarkan historical, karena itu konsep IFRS mulai diterapkan dan diikuti adanya MDA (Management Disclosure Analysis) pada setiap laporan sehingga Laporan keuangan memenuhi kaidah relevan dan reliable.

    Blog yg keren Pak…salam tabik..

    Like

    1. Terimakasih Bu Ririn atas kunjungan baliknya ke blog saya. Karenanya paling penting sebenarnya untuk memegang teguh integritas dari para pelaku industri keuangan. Pengetahuan teknis tentang pelaporan keuangan kalo tidak dibarengi dengan integritas akan menjadi sia-sia.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s