The World Famous Alcasar Cabaret Show


Alcazar

Tulisan ini merupakan pengalaman nyata saya saat berkunjung ke Pattaya, sekitar tahun 2010.

Kata orang yang pernah ke Pattaya, tak lengkap rasanya kalau belum pernah menyaksikan pertunjukan alcazar cabaret show. Konon katanya juga, show ini sudah terkenal diseluruh dunia. Yang membuat pertunjukan ini lain dari pertunjukan sejenis, adalah pertunjukan ini dilakoni oleh kaum lady boy di Thailand. Lady boy???? Ya, betul, di cabaret show, anda semua bisa menyaksikan lady boy-lady boy yang kabarnya lebih cantik daripada wanita. Tapi bukan hal ini yang ingin saya tonjolkan. Ada beberapa hal yang malah, menurut saya jauh lebih spektakuler daripada hanya membahas kecantikan lady boy-lady boy itu.

The Stage, kostum, choreography, lighting, audio musik dan konsep cabaret adalah beberapa hal yang membuat saya terkagum-kagum. Semuanya state of the art, sangat kreatif dan menghibur. Dalam pertunjukan selama kurang lebih 80 menit, dengan akting dan kemampuan menari para alcazar, anda akan terbius dan mengagumi tak henti-hentinya. Kilatan lampu blitz kamera dari stand penonton adalah salah satu bukti bahwa penonton sangat terkesima, mereka termasuk saya yang kebetulan membawa kamera ingin mengabadikan kreativitas para alcazar tersebut.

Di pertunjukan yang saya tonton, saya kagum akan kreatifitas dan tentunya kerapihan detailing dari pelaksanaan show tersebut. Semua terlihat begitu rapih. Saya memang bukan pakar show, tapi yang pasti saya menikmati pertunjukan tersebut.

Pertama-tama atraksi dibuka dengan performance ala Moulin rouge dengan kerlap-kerlip tulisan alcazar, dan penari-penari alcazar dengan kostum yang semarak, seolah ingin menyatakan inilah show cabaret yang tidak akan pernah anda lupakan. Belum berhenti decak kagum, dari tengah stage, atau lebih tepatnya dari bawah stage, muncul alcazar dengan kostum mantel gemerlap abu-abu. Show makin menghangat, ketika penari alcazar tersebut membuka mantel abu-abunya dan tampil ala penari Amerika tahun 60, dan bisa dipastikan penonton tidak berkedip sama sekali, karena penari alcazar yang tampil merupakan penari alcazar yang paling popular di Thailand. Sekilas berdasarkan cerita dari tour guide saya, penari ini sudah sering melanglang buana keseluruh dunia, termasuk Amerika, dan di Thailand sendiri, dia adalah aktor (atau aktris) yang populer di Thailand.

Setting stage panggung kemudian berubah menjadi setting tampilan wat (vihara) Thailand lengkap dengan baju tradisional Thailand dan seni tariannya. Musik tradisional Thailand akan menghayutkan anda semakin dalam di Alcazar Cabaret show.

Dari Thailand, Alcazar melanglang nun jauh menuju daratan china, dimana seorang penari alcazar tampil dengan balutan baju tradisional China. Tidak hanya menghibur, penari alcazar tersebut juga berinteraksi dengan penonton, dimana ia menarik seorang penonton laki-laki untuk ikut tampil di atas panggung. Sontan, aksinya pun mendapat gelak tawa penonton lainnya ketika ia mengerjai penonton laki-laki di atas panggung. Dan tirai stage pun menutup sejenak.

Dan ketika tirai tersebut dibuka, tampilan rumah gadang sekilas mengingatkan saya pada adat melayu di Sumatera. Penari Alcazar yang tampil dengan balutan baju tradisional melayu berwarna ungu, menari gemulai, seraya anggun nan santun.
Tampilan rumah gadang diangkat berganti dengan tampilan settingan kerajaan cina, yang menampilkan cerita kisah cinta raja dan permaisuri cina. Detail stage tangga dan podium serta asap kabut dan lighting temaram, membuat penonton seolah terbawa romantisme kisah cinta raja dan permaisuri cina itu.
Dari Cina, Alcazar membawa kita semua yang menonton ke negeri India. Dengan tampilan penari pusar ala India, tidakkah anda semua seperti sedang menyaksikan film bollywood klasik? Para penari pusar india ala alcazar berduyun-duyun keluar dari stage, digantikan oleh trio alcazar lainnya yang tampil dalam kostum yang lebih hot. Mata anda yang menyaksikan pasti akan terbelalak kagum menyaksikan keindahan yang ditampilkan hanya untuk penonton alcazar. Dari tampilan setting India, trio hot penari alcazar itu lalu membawa anda menuju Jepang. Tak lama kemudian tampil kumpulan penari alcazar yang membawakan tarian khas jepang lengkap dengan genderang perang. Selesai itu tirai pun menutup sejenak.

Tirai tergerai dan kilatan lampu laser memanjakan mata anda dengan setting panggung yang futuristis seolah membawa para penonton berada di hyper space. Dengan wardrobe yang futuristis dan staging state of the art yang modern, lagi-lagi mengundang decak kagum para penonton. Lampu meredup dan muncullah penari alcazar futuristis tersebut dengan blitz lampu dari helm mereka, sebuah koreografi yang luar biasa menurut saya. Dari kanan atas panggung terbanglah sebuah bintang yang membawa seorang alcazar lainnya yang tampil ala lady gaga dalam lagu Poker Face.

Penampilan lady gaga ala alcazar mendapatkan sambutan hangat dari seluruh penonton yang tak henti ikut bergoyang di tempat sembari menepukkan tangan. Tak henti kilatan blitz dari kamera di stand penonton menambah seru suasana apalagi dengan background titik spot laser yang seolah menampilkan penari striptease. Tirai layar menutup dengan lampu temaram.

Dari balik layar dan lampu temaram lalu muncul seorang pria bertuksedo. Pria tuksedo tersebut lalu secara ajaib hilang ditelan gelapnya lampu stage. Tak lama muncul wanita anggun dengan balutan gaun ungu yang menatap kearah hilangnya pria itu. Pria bertuksedo itu muncul namun sang wanita anggun telah menghilang. Kemana ia gerangan? Sang pria bertuksedo lalu menghilang dengan rasa kecewa. Tapi ketika sang wanita anggun kembali tiba ketika sang pria bertuksedo telah tiada ditelan gelap. Gelap yang perlahan diterangi dengan lighting maksimal dari stage. Yang membuat penonton seolah terkesima sang pria tuksedo dan wanita anggun gaun ungu diperankan oleh seorang alcazar! Sebuah permainan lighting dan akting luar biasa membuat show yang hanya ditampilkan oleh seorang alcazar mampu menyihir ratusan penonton. Pada bagian inilah saya terkesima, sembari bergumam jenius, sangat jenius. Sebuah konsep pertunjukan yang sangat-sangat kreatif.

Kegelapan kembali menelan pria bertuksedo dan wanita anggun bergaun ungu. Dari langit muncul pilar-pilar yunani kuno dengan patung dewi-dewi yunani kuno. Tak lama dua orang penjaga museum masuk dan memeriksa patung dewi-dewi itu. Setelah aman para penjaga museum kembali keluar. Tak lama penari alcazar masuk dari atas dan berusaha mencuri sebuah bola yang dipegang oleh patung dewi-dewi yunani kuno itu dan setelah berhasil ia menghilang dengan turun kedalam panggung. Mungkin karena bola itu diambil lah, para dewi-dewi kuno yang diperankan oleh alcazar menjadi hidup dan menghibur para penonton dengan tarian-tariannya.

Tak lama penari itu pun ikut menghilang dan digantikan oleh malaikat alcazar bersayap biru dan seluruh penari alcazar yang perform bersama tampil. Stage jadi kian semarak warna-warni, dengan balutan kostum penari-penari alcazar, lampu, lighting dan audio musik yang menggema. Penari alcazar menyapa seluruh penonton yang menandakan pertunjukan alcazar cabaret show yang terkemuka sudah selesai. Tirai tertutup sudah dan penonton berhamburan keluar studio pertunjukan.

Berakhirkah pertunjukan? Oh tunggu dulu, diluar studio, para alcazar sudah menyambut para penonton yang ingin berfoto bersama mereka. Satu orang dikenakan biaya 40 baht. Tapi bukan sembarang anda bisa memperlakukan para alcazar seenaknya. Mereka hanya berkenan untuk di foto bersama. Tidak lebih. Bagaimanapun alcazar cabaret show adalah sebuah pertunjukan yang luar biasa, dan saya tidak meminta anda menilai para lady boynya hanya karena mereka lady boy, tapi kreativitas yang telah ditampilkan sangatlah fantastis. Ya, memang benar kata orang, tidak lengkap ke Pattaya kalau belum menonton The World Famous Alcazar Cabaret Show.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s