Apa Bedanya Investasi Dengan Spekulasi?


Investasi

Seringkali ketika kita menanamkan uang dan kemudan memberikan hasil yang menguntungkan, kita menyebut diri kita telah melakukan investasi. Padahal sebenarnya mungkin saja kita melakukan sebuah spekulasi, namun tidak menyadarinya. Kalau begitu, aktivitas apa yang disebut sebagai investasi dan aktivitas apa yang disebut sebagai spekulasi? Apa perbedaannya?

Definisi investasi secara mudah cukup banyak dapat kita temui dari berbagai ahli. Dari sedemikian banyak definisi mengenai investasi, saya lebih cocok pada definisi investasi yang dikemukakan oleh Benyamin Graham dimana investasi menekankan pada 3 aspek utama, yakni analisa yang mendalam (thorough analysis), keamanan dari modal pokok (safety of capital), dan tingkat keuntungan yang wajar (fair rate of return).

Analisa Yang Mendalam

Analisa yang mendalam diperlukan supaya kita dapat mengetahui secara menyeluruh apa yang mau kita investasikan, pada apa kita investasikan uang kita. Analisa mendalam memberikan kita gambaran keseluruhan mengenai manfaat, nilai tambah dan kerugian yang mungkin akan didapat dari sebuah aktivitas investasi. Analisa tersebut juga membuat kita akan lebih sadar mengenai risiko-risiko yang mungkin dihadapi dari sebuah aktivitas investasi.

Pertanyaan selanjutnya, darimana kita bisa mendapatkan informasi yang diperlukan untuk analisa mendalam tersebut dan analisa seperti apa yang dimaksud dengan analisa mendalam? Contoh analisa yang paling sederhana ketika melakukan investasi dan paling sering dipergunakan adalah analisa trend atau analisa teknikal yang melakukan analisa terhadap naik turunnya harga saham misalnya. Analisa seperti itu masih mengandung unsur spekulasi dan karenanya masih harus dilengkapi dengan analisa kuantitatif dan kualitatif.

Misalkan kita ingin membeli saham atau obligasi sebuah perusahaan, maka kita bisa mendapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber, semisal dari website, annual report, company profile, prospektus dan dari berbagai sumber informasi lainnya. Sumber-sumber tersebut adalah sumber dari internal perusahaan yang tentunya akan lebih menonjolkan aspek-aspek yang positif mengenai perusahaan. Ada baiknya kita juga mencari perspektif lain mengenai perusahaan yang akan kita beli sahamnya atau obligasinya dengan mencari informasi dari media massa misalnya. Dengan ini, kita akan mendapatkan informasi yang lebih menyeluruh.

Keamanan Pokok Dari Modal

Dengan melakukan analisa yang mendalam, kita menjadi tahu risiko-risiko yang akan kita hadapi. Dengan mengetahui risiko yang kita hadapi, besar kemungkinan kita dapat melindungi diri kita dari kerugian akibat salah memprediksi. Pertanyaan dari investasi yang konyol adalah jika anda dipertanyakan apakah anda siap mengalami kerugian dari sejumlah uang yang anda tanamkan. Pastinya tidak. Karenanya jika anda berinvestasi, tapi anda tidak memiliki keamanan pokok dari modal, maka sebenarnya anda sedang melakukan spekulasi.

Dalam berinvestasi, seseorang menanamkan sejumlah uang dengan membuat perhitungan-perhitungan untuk mengharapkan keuntungan di masa depan yang tak pasti. Tetapi intinya, dia telah membuat perhitungan-perhitungan untuk menghadapi risiko yang bakal terjadi. Sebaliknya, spekulasi mengabaikan faktor risiko yang mungkin muncul.

Tingkat Keuntungan Yang Wajar

Setiap aktivitas penanaman modal memiliki tingkat keuntungan, namun tentunya keuntungan yang wajar dan masuk akal. Jadi jika ada yang menawarkan keuntungan dengan tingkat yang dibatas kewajaran, anda tentunya harus mempertimbangkan ulang, terutama pada investasi yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan (to good to be true).

Referensi Lainnya :

Perbedaan Investasi Dengan Spekulasi

Beda Investasi Dengan Spekulasi Ini Dia

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s