Analisa Situasi Dalam Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan


Analisis

Salah satu syarat dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan adalah permasalahan harus dirumuskan secara spesifik. Untuk dapat melakukan hal tersebut, salah satu metode yang dapat dipergunakan adalah dengan melakukan analisis situasi, Analisis situasi dapat diartikan menganalisis situasi yang menjadi permasalahan atau concern kita baik itu berdasarkan scope atau ruang lingkup yang menjadi tanggung jawab dan batas wewenang diri kita ataupun sebuah unit dalam sebuah perusahaan.

Darimana kita mengetahui ruang lingkup, tanggung jawab dan wewenang kita? Kita dapat mengetahuinya dari job desk atau deskripsi pekerjaan yang harus kita lakukan. Apabila terjadi overlap antara masing-masing karyawan atau antara unit kerja-unit kerja yang berbeda, kita dapat menyelaraskan kembali dengan rapat koordinasi.

Darimana Mengetahui Sebuah Masalah?

Kemudian dari mana kita dapat mengetahui sebuah masalah? Atau darimana sumber sebuah permasalahan? Biasanya kita dapat mengetahui sebuah masalah terjadi dari sebuah laporan sebuah unit kerja, atau laporan dari subordinat kita. Kita juga dapat mengetahui adanya sebuah masalah dari rapat. Ataupun juga dari sebuah observasi atau pengamatan langsung.

Dari laporan atau meeting tersebut, biasanya permasalahan yang kita temui seringkali sifatnya masih terlalu umum atau tidak spesifik, belum terlalu jelas. Terkadang juga permasalahan yang kita temui bersifat kompleks dan majemuk. Permasalahan yang majemuk berarti gabungan dari berbagai permasalahan. Dari situ, kita memerlukan untuk melakukan analisis situasi untuk mendapatkan masalah yang tunggal dan spesifik.

Apa Saja Langkah Analisis Situasi

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah melakukan identifikasi masalah. Ciri-ciri masalah yang utama adalah adanya ketidakpuasan. Dalam melakukan identifikasi permasalahan ataupun persoalan, perlu kita ketahui bahwa secara alamiah, setiap permasalahan atau persoalan memiliki hubungan sebab akibat. Identifikasi permasalahan dapat dirumuskan dengan stair stepping atau anak tangga permasalahan. Metode ini dapat bermanfaat untuk mengetahui akar permasalahan.

Agar lebih kuat dalam mencari dan mengetahui akar sesungguhnya yang menjadi pokok permasalahan, memerlukan rincian informasi tambahan yang perlu digali lebih dalam. Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dapat dilakukan wawancara dengan pihak yang terkait, dengan membaca laporan serta dapat didukung dengan membaca literature pendukung untuk dapat memperkaya wawasan.

Bagaimana apabila permasalahan yang dihadapi terlalu banyak dan saling berkaitan satu sama lain? Dalam hal ini perlu dilakukan identifikasi permasalahan pokok atau permasalahan paling prioritas untuk pertama kali diselesaikan. Hal ini dikarenakan seringkali setiap perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas (scarcity of resources) dan seringkali dalam waktu yang terbatas. Memprioritaskan sebuah masalah bukan berarti masalah-masalah yang lain tidak diselesaikan. Tetap diselesaikan namun setelah masalah prioritas telah diselesaikan terdahulu. Dalam memprioritaskan permasalahan dapat dilihat dari seberapa besar dampaknya, seberapa mendesak urgencynya , dan seperti apa perkembangannya. Dari ketiga elemen tersebut dapat di kuantifikasikan dengan metode scoring dengan indikator yang ditetapkan secara jelas.

Setelah melakukan identifikasi, merinci dan memprioritaskan permasalahan, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan relokasi permasalahan menjadi persoalan, keputusan dan mengamankan keputusan dengan menetapkan persoalan lanjutan yang potensial.

Tindakan-tindakan yang dapat diambil setelah melakukan tindakan sementara ketika penyebab dari permasalahan belum diketahui atau melakukan tindakan penyesuaian bila sebab sudah diketahui tetapi solusi belum didapat. Tindakan lainnya adalah melakukan tindakan koreksi, yakni bila sebab sudah di ketahui dan solusi yang akan diambil sudah didapat.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s