Ketika Anda Mengatakan : SAYA BISA !


Ketika saya lagi down atau sedang membutuhkan semangat, saya biasanya mendengarkan lagu-lagu dengan lirik-lirik yang memberikan motivasi, ataupun membaca buku-buku biografi dari tokoh-tokoh besar. Selain itu biasanya saya juga menyukai melihat-lihat video motivasi dari youtube, utamanya dari channel Mateusz M yang menurut saya sangat menginspirasi. Dengan backsound lagu-lagu yang menggugah, tampilan visual yang menarik dan untaian kata-kata motivasi yang menggugah semangat.

Salah satu video motivasi yang sangat saya suka adalah video yang berjudul Unbroken, yang bisa anda lihat disini:

Dalam kehidupan, anda pasti akan mengalami beberapa kejadian yang meningkatkan semangat, dan beberapa kejadian yang melemahkan semangat anda. Tapi kebanyakan orang menyerah dengan mudahnya. Tapi, saya yakin anda sudah tahu, bahwa semangat yang dimiliki manusia adalah kekuatan yang tak terhingga. Sangat sulit untuk membunuh semangat dalam diri manusia.

Siapa saja bisa merasa baik ketika merasa sehat, tidak memiliki masalah finansial, ketika mampu membayar semua tagihan, memiliki hubungan yang baik. Siapa saja bisa memiliki semangat yang positif.Siapa saja bisa tetap yakin dalam berbagai keadaan yang menguntungkan dan mengenakkan itu. Tantangan yang sebenarnya untuk terus tumbuh dan berkembang dengan baik secara mental, emosional dan spiritual adalah ketika anda jatuh, ketika anda mengalami kegagalan.

Butuh keberanian untuk bertindak dalam menghadapi kegagalan-kegagalan itu, untuk tetap merasa lapar setelah mengalami kegagalan. Butuh keberanian untuk mau memulai lagi. Ketakutan membunuh impian, ketakutan membunuh harapan, ketakutan bisa membuat anda menahan dari apa yang anda tahu sebenarnya anda bisa lakukan. Ketakutan dapat melumpuhkan anda. Dibalik perasaan ketakutan anda, anda tidak akan menemukan apa-apa, tapi dibalik sebuah prinsip yang anda pegang, ada sebuah janji. Dan bagi sebagian orang yang tidak menggapai impiannya, karena anda hanya memikirkan tentang perasaan anda.

Perasaan anda mengatakan untuk tetap melanjutkan tidur anda, tetap melanjutkan mimpi anda dalam tidur. Siapa yang tidak? Siapa yang suka bangun pagi? Setiap hari anda mengatakan tidak kepada mimpi anda, anda mendorong impian dan cita-cita anda semakin menjauh, mungkin selama 6 bulan, mungkin juga selama 1 tahun dari impian anda yang indah. Satu hari itu, hari dimana anda tidak bangun pagi, bisa jadi mendorong mimpi anda semakin jauh.

Jangan biarkan emosi anda untuk mengendalikan anda. Manusia adalah pada dasarnya makhluk emosional, tapi kita harus mulai belajar untuk mendisiplinkan emosi anda. Jika anda tidak mendisiplinkan dan mengendalikan emosi anda, maka emosi anda akan menguasai anda, dan orang lain dapat memanfaatkan ketidakmampuan anda dalam mengendalikan emosi anda.

Anda menginginkan kesuksesan dan anda akan memberikan segala yang terbaik dari diri anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. Ini tidak akan mudah. Jika anda ingin melakukan sebuah perubahan untuk diri anda, ini memang tidak akan mudah. Jika faktanya memang mudah maka semua orang bisa melakukannya. Tapi jika anda memang sungguh-sungguh menginginkannya, maka anda akan memberikan segala yang terbaik dari diri anda.

Anda lah yang mengendalikan kehidupan anda. Anda tidak akan membiarkan semua kegagalan yang pernah anda alami membuat anda patah semangat. Anda tidak akan membiarkan semua kegagalan tersebut menghancurkan anda. Anda akan kembali, dan anda akan menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Anda harus membuat sebuah pernyataan, bahwa inilah komitmen yang saya pegang. Komitmen yang anda pegang untuk mencapai cita-cita dan tujuan anda. Apakah itu sesuatu yang anda yakini, atau kesehatan anda misalnya. Bertanggung jawablah secara penuh terhadap hidup anda sendiri.

Terima dimana anda sekarang berada dan terimalah tanggung jawab anda untuk menentukan kemana arah anda akan melangkah kehidupan anda. Anda bisa memutuskan bahwa anda akan menjalani hidup seolah-olah hari ini adalah hari terakhir dalam hidup anda.

Jalani hidup anda dengan hasrat, dengan sebuah dorongan. Tentukan bahwa anda Lembaran terakhir dari hidup anda belum ditentukan. Tidak masalah apa yang terjadi kemarin, yang menjadi paling penting adalah bagaimana sikap anda dalam merespon kegagalan-kegagalan yang terjadi kemarin. Apa yang akan anda lakukan? Tahun ini saya akan mewujudkan semua cita-cita saya, dan saya tidak akan lagi membicarakannya, tetapi melakukan upaya-upaya untuk mewujudkannya. SAYA BISA.

SAYA BISA !

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Diterjemahkan dan dikembangkan dari video motivasi Unbroken dari channel Mateusz M

Advertisements

2 thoughts on “Ketika Anda Mengatakan : SAYA BISA !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s