Metode Meningkatkan Aset Dalam Creative Accounting


Creative Accounting

Pada dasarnya strategi ini lebih difokuskan kepada meningkatkan aset ketimbang meningkatkan keuntungan. Sehingga metode ini lebih memfokuskan kepada laporan posisi keuangan/ neraca keuangan ketimbang laporan laba rugi. Beberapa metode diantaranya :

Meningkatkan Goodwill

Goodwill merupakan aset tidak berwujud. Goodwill akan meningkat ketika satu perusahaan mengambil alih perusahaan lain. Goodwill sekaligus merepresentasikan bahwa harga beli nya lebih murah dibandingkan nilai net aset pada perusahaan tersebut. Peraturan untuk menjurnalkan goodwill sangat bervariasi pada setiap negara. Dalam IASB dan di Amerika, goodwill dikapitalisasi kemudian dibiarkan dalam neraca kecuali jika nilainya lemah. Jika nilai goodwill dapat dimaksimalkan maka akan meningkatkan nilai dari aset tersebut.

Pada beberapa perusahaan yang tidak terdaftar di Inggris, goodwill dapat di amortisasi, sehingga keuntungan dapat dimanipulasi dengan cara meningkatkan atau menurunkan pada saat write off dengan cara yang sama bahwa hal tersebut di depresiasikan.

Meningkatkan Merek Dagang dan Nilai Harta Tak Berwujud

Nilai merek dagang merupakan salah satu isu perdebatan yang paling besar dalan dunia akunting. Bagaimanapun juga dalam peraturan GAAP hal tersebut tidak dicatat. Tapi beberapa akuntan percaya bahwa dengan menyertakan nilai merek dagang akan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut bernilai. Tapi beberapa akuntan lain juga percaya bahwa nilai merek dagang sangat subjektif dan itu menjadi alasan bahwa itu hanya untuk meningkatkan nilai aset pada neraca

Masalah yang terjadi jika menyertakan merek dagang adalah, bahwa terjadi ketidakjelasan dan tidak adanya bukti nyata atas nilai mereka. Maka dari itu, hal ini menjadi sangat subjektif dan lagi nilai merek dagang sendiri dapat dengan mudah dinaikkan dan dimanipulasi. Semakin kompleks suatu perusahaan, proporsi atas aset tidak berwujud mereka akan bertambah. Pada dasarnya harta tak berwujud tidak dicatat dalam neraca karena sangat sulit untuk dinilai. Tetapi saat ini, meningkatkan nilai atas harta berwujud yang berbeda merupakan salah satu hal yang dicatat di neraca.

Merevaluasi Nilai Aset Tetap

Dengan merevaluasi nilai harta tetap secara periodik, maka akan membantu meningkatkan nilai properti dan neraca perusahaan tersebut dengan tidak mendepresiasikan aset.

Menandai Pasar

Menandai pasar digunakan untuk menilai berbagai macam kontrak. Dibawah peraturan Amerika, dengan menandai pasar, salah satunya kita dapat segera mengetahui nilai untung rugi yang tidak terlihat.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Diterjemahkan dari buku Creative Accounting, Fraud and International Accounting Scandals Michael Jones

Advertisements

3 thoughts on “Metode Meningkatkan Aset Dalam Creative Accounting

    1. Sebenernya sama dengan saya. Ini mau gak mau terpaksa harus belajar accounting karena kuliah lagi. Tapi setelah di pelajari, ternyata gak terlalu menakutkan kok. Cuma menyeramkan. hehehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s