Metode Meningkatkan Pendapatan Dalam Creative Accounting


Creative Accounting

Salah satu tujuan dari creative accounting adalah untuk meningkatkan pendapatan yang berada dalam laporan laba rugi. Metode yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan meningkatkan pendapatan saja atau dilakukan bersamaan dengan menurunkan beban. Untuk kebanyakan perusahaan, penjualan adalah sumber utama dari pendapatan. Namun, ada bagian lain dari pendapatan seperti pendapatan investasi, yang bisa di manipulasi. Seperti apa cara-cara melakukan upaya meningkatkan pendapatan dalam creative accounting?

Pengakuan Penjualan Dini

Setiap perusahaan memiliki metode kapan penjualan akan dicatat sebagai penjualan. Metode yang dilakukan dalam creative accounting adalah melakukan pencatatan penjualan secara dini. misalnya penjualan yang harusnya dicatat untuk tahun depan, justru diakui sebagai penjualan tahun ini. Midisoft Corp, Amerika (1994) misalnya mengakui pendapatan pada saat barang dikirim. Namun, mengakui penjualan yang tidak dikirim sampai akhir tahun keuangan dan untuk produk yang perusahaan tidak memiliki ekspektasi yang wajar akan dibayar.

Contoh lainnya adalah karyawan perusahaan Interserve yang melakukan over invoicing. Ketika invoice dicatat, penjualan meningkat meningkat. Hal ini kemudian dibatalkan dengan meningkatkan jumlah utang. Invoice baru diterbitkan ulang. Terdapat kejanggalan 25 juta Euro yang ditemukan sebagai akibat dari metode creative accounting yang dilakukan ini. Inveresk, Inggris pada tahun 2004 mendapatkan kontrak penjualan. Penjualan sebenarnya terealisasi pada tahun 2005. Keuntungan sebesar 184 ribu Euro terkoreksi menjadi kerugian 417 ribu Euro.

Meningkatkan piutang bunga

Salah satu sumber dari pendapatan perusahaan adalah bunga dari investasi saham, pinjaman. Hal ini biasanya bersifat tetap. Contoh dari metode akuntansi kreatif dengan meningkatkan piutang bunga pernah terjadi pada perusahaan Polly Peck, sebuah perusahaan di Inggris. Pada dasarnya, Polly Peck meminjam dalam franc Swiss.Franc Swiss adalah mata uang yang sangat kuat. Mata uang yang kuat biasanya memiliki tarif bunga yang rendah. Polly Peck kemudian menginvestasikan uang tersebut pada bank di Turki. Dinar Turki adalah mata uang lemah. Namun, kompensasinya adalah piutang bunga tersebut dibayar tinggi. Akibatnya, laporan laba rugi Polly Peck tampak bagus.

Alasan  mengapa perusahaan tersebut membuka account pada kedua bank tersebut adalah karena, ada bank Swiss yang mempunyai nilai kurs yang kuat dan biasanya mempunyai bunga yang rendah dan pada bank Turki yang mempunyai nilai kurs yang lemah tapi  kompensasinya adalah mendapatkan bunga yang tinggi.

Keuntungan non-operasi

Contoh dalam hal ini adalah, bahwa ada beberapa perusahaan yang mencoba menyertakan pendapatan dari transaksi non operasional ke dalam laporan laba mereka seperti keuntungan dari menjual aset. Memang, dulu praktik umum bagi perusahaan untuk menuliskan aset tetap ke bawah nilai buku mereka sehingga ketika mereka telah menjual sebuah keuntungan bisa didapatkan.

Memperlakukan pinjaman sebagai penjualan

Pinjaman dan penjualan jelas hal yang sangat berbeda. Salah satunya adalah pendapatan, yang lain dasarnya adalah kewajiban. Namun, karena pinjaman dan penjualan berada di posisi kredit pada akun sehingga terdapat ruang untuk creative accounting untuk memperlakukan pinjaman sebagai pendapatan dalam beberapa kasus.

Swap

Pada dasarnya, swap adalah di mana dua perusahaan bertukar produk dan kemudian mengklaim mereka sebagai penjualan. karena sama-sama mengeluarkan produk tetapi kemudian perusahaan menginput transaksi tersebut dalam penjualan, untuk meningkatkan nilai penjualan mereka.Dalam bisnis, beberapa manajer kreatif mencoba untuk mengklaim bahwa swap sebenarnya penjualan.

Colek Saya di@RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Diterjemahkan dari buku Creative Accounting, Fraud and International Accounting Scandals Michael Jones

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s