Benarkah Age of Ultron Mengecewakan ?


Avenger

Dalam sejumlah review yang dipublish oleh sejumlah blogger mengenai film Age of Ultron hampir rata-rata mengulas mengenai kekecewaan mereka mengenai film tersebut. Benarkah demikian?

Blogger Dani Rahmat dalam tulisannya yang berjudul Review Film The Avenger Age of Ultron menyebutkan :

Dengan film pertama yang lumayan sukses, film Age of Ultron ini cukup mengecewakan. Konfilk yang dibuat terlalu mengada-ada dan terlalu cetek.

Ia hanya memberikan rating 2,75 dari total 5.

Sementara itu blogger lain Revi Mangkulla dalam tulisannya yang berjudul Avenger Age of Ultron Sekuel yang Mengecewakan benar-benar mengupas kekecewaannya terhadap film ini. Ia menyampaikan bahwa

Film ini lemah. Joss Whedon sebagai sutradara seperti hanya melakukan pengulangan yang sama di instalasi kedua kumpulan Superhero Marvel ini. We’ve seen it before. Same Avengers. another day.

Reviewer film terkemuka dari Amerika Bryan Bishop mengatakan bahwa karater para Avengers di film ini mengalami sedikit penurunan. Karatker para Avngers seolah tak nyambung dengan plot an alur cerita di film ini. Seharusnya ada developing character di film kedua ini, namun entah mengapa setiap superhero yang ada di film ini seolah sibuk sendiri dan kurang menujukkan chemsitry masing-masing. Uniknya, tak hanya Bryan yang mengatakan bahwa meskipun film ini fantastis, beberapa plot hole dan kelemahan membuat film ini tak terlalu bagus dibandingkan film sebelumnya. Banyak kritikus film yang menyetujui pendapat Bryan dan mengatakan karakter para Avengers jutstru tenggelam dibawah plot di film ini. (baca Avenger : Age of Ultron Review. Ketika Para Avengers Menuai Pro Kontra)

Memang tidak semuanya menganggap film ini mengecewakan. Lazione Budy, salah satu blogger yang saya nilai reviewnya cukup baik dalam sejumlah film mengungkapkan dalam tulisannya Avenger : Age of Ultron – Non Stop Action mengatakan :

Secara skala jelas sequel ini lebih besar, lebih seru, dan lebih mengerikan.

Ia memberikan review yang lebih baik dari Dani Rahmat dengan memberikan skor 4 dari 5.

Betul, bahwa interpretasi kita dalam memandang sebuah karya, apakah itu film, buku ataupun musik adalah sepenuhnya hak pribadi masing-masing dan setiap orang sangat berhak untuk menyampaikan pendapatnya. Namun jika kita tarik benang merahnya, hampir semua sekuel yang dianggap mengecewakan adalah karena harapan yang terlalu besar untuk menjadi lebih baik daripada film sebelumnya.

Namun saya memiliki pendapat yang relatif berbeda. Saya tidak ingin terjebak dalam apakah film ini bagus atau tidak, apakah film ini nyambung atau tidak plot, alur ataupun naskahnya. Namanya juga film, menjadi masuk akal secara logika boleh, tidak nyambung juga boleh, asal jangan sampai keterlaluan. Terkadang dengan logika, kita selalu mendewakan hubungan sebab akibat yang terkadang menafikan kenikmatan dalam menyaksikan atau melihat atau membaca sebuah karya. Film Age of Ultron ini pun bukan sebuah pengecualian.

Saya ingin lebih menekankan kepada aspek filosofis dalam sebuah filmnya. Dimana menurut saya, sebagaimana saya tulis dalam Ultron, Kesempurnaan Dari Ketidaksempurnaan yang Indah, adalah hampir semua film superhero selalu mengangkat isu perspektif siapa yang benar dan siapa yang salah. Bukan hanya semata hitam dan putih, kejahatan melawan kebaikan. Ketika kita berada dalam posisi berlawanan, maka kita akan selalu menganggap lawan kita sebagai kejahatan. Vice versa, begitupun sebaliknya. Karenanya pertarungan Avenger melawan Ultron bukanlah sebuah pertarungan antara kebaikan melawan kejahatan semata.

Pertarungan Avenger melawan Ultron juga merupakan sebuah bentuk keinginan manusia paling primitif, untuk selalu berubah menjadi lebih baik dengan melakukan evolusi. Kita haus akan sebuah kesempurnaan. Dan karenanya pertempuran Avenger melawan Ultron menjadi keindahan ketidaksempurnaan dari sebuah kesempurnaan. Menjadi indah sekaligus tragis pada saat yang bersamaan.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s