Kriteria Annual Report Awards Part 7 : Informasi Keuangan dan Lain-Lain


annual report awards

Selain dari ke enam kriteria yang telah disebutkan dalam tulisan-tulisan sebelumnya, adalagi dua kriteria yakni informasi keuangan dan lain-lain yang mendapatkan bobot masing-masing 20% dan 5%. Apa saja yang diatur dalam 2 kriteria tersebut? Informasi Keuangan

Yang dimaksud dalam Informasi Keuangan pada kriteria Annual Report adalah Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik. Dalam penyusunan Annual Report, bab informasi keuangan ini sepenuhnya menjadi domain dari Kantor Akuntan Publik.

Lain-Lain

Kriteria lain-lain ini seringkali membingungkan dan ada yang banyak bertanya apa yang dimaksud dengan praktik tata kelola perusahaan yang melebihi kriteria atau praktik bad corporate governance yang tidak diatur dalam kriteria. Kriteria lain-lain ini khususnya praktik bad corporate governance merupakan domain juri yang dilakukan atas pemantauan juri dan kesesuaiannya dengan apa yang telah disampaikan dalam Laporan Tahunan. Tapi, jelasnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah poin ekstra dari kriteria lain-lain ini seperti menyampaikan Laporan Keberlanjutan atau menghadirkan Dewan Komisaris dan Direksi lengkap pada saat sesi wawancara (jika seandainya perusahaan anda masuk kedalam nominasi).

Secara detail, kriteria tersebut dapat dilihat lebih lengkap dari kriteria yang diterbitkan oleh penyelenggara Annual Report Awards yang dapat diunduh pada website penyelenggara yakni pada website Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia ataupun website Komite Nasional Kebijakan Governance. Kriteria yang tercantum merupakan kriteria awal untuk dinilai oleh tim juri sebelum akhirnya dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari berbagai pakar-pakar dari masing-masing lembaga penyelenggara.

Secara umum kriteria penilaian dari Annual Report Award terbagi menjadi 2 sifat yakni baku dan fleksibel. Sistem penilaian baku merupakan penilaian berdasarkan check list ada atau tidak adanya informasi yang disajikan berdasarkan kriteria Annual Report Awards. Sedangkan sistem penilaian fleksibel secara lebih detail membandingkan kembali informasi-informasi yang telah dinilai berdasarkan sistem baku dengan informasi yang disajikan oleh peserta lain dalam kategori sejenis. Nilai yang sudah didapatkan dari sistem penilaian baku kemudian di ranking dan bisa jadi akan berkurang bila ada perusahaan peserta lain yang lebih detail atau terperinci.

Jadi pada prinsipnya, Annual Report Awards memang mengedepankan prinsip-prinsip keterbukaan informasi. Semakin terbuka, maka indeks keterbukaan informasinya akan makin tinggi dan makin berpeluang untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam Annual Report Awards. Tentunya tidak asal terbuka, tetapi sesuai dengan keterbukaan informasi yang dimintakan dalam kriteria Annual Report Awards.

Informasi mengenai kriteria lainnya dapat dilihat pada :

Part 1 : Kriteria Umum

Part 2 : Ikhtisar Data Keuangan Penting

Part 3 : Laporan Dewan Komisaris dan Direksi

Part 4 : Profil Perusahaan

Part 5 : Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan

Part 6 : Tata Kelola Perusahaan

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s