Kriteria Annual Report Awards Part 5 : Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan


annual report awards

Bab Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan ini merupakan salah satu sumber point paling tinggi dalam kriteria Annual Report Awards. Dalam trend terkini cara penyajian informasi dalam Laporan Tahunan biasanya bab ini terdiri dari berbagai sub bab diantaranya Analisa Makro Ekonomi yang menyertakan informasi mengenai analisa perekonomian dunia lalu mengerucut kepada analisa perekonomian regional atau perekonomian Indonesia sampai kepada analisa pada industri bidang usaha perusahaan.

Setelah bab Analisa Makro Ekonomi, ada bab Tinjauan Bisnis atau Tinjauan Per Segmen Operasi. Banyak yang salah menginterpretasikan Tinjauan per Segmen Operasi ini sebagai Tinjauan Operasional. Hal ini banyak terjadi pada Laporan Tahunan Perusahaan yang bisnisnya melakukan eksplorasi pada sumber daya alam. Hal ini dapat dimaklumi tentunya karena aktivitas bisnisnya merupakan aktivitas operasional juga. Dalam tinjauan ini menjelaskan mengenai masing-masing segmen usaha dan menjelaskan kinerja per masing-masing segmen usaha yang terdiri dari produksi, penjelasan mengenai naik turunnya kapasitas produksi, penjualan atau pendapatan dari masing-masing segmen usaha dan profitabilitasnya.

Yang paling utama dalam bab Analisa ini tentu saja terletak pada Tinjauan Keuangan yang menampilkan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan, realisasi kinerja keuangan tersebut atas target yang telah ditetapkan pada awal tahun, posisi keuangan aspek permodalan, aspek permodalan, aspek prospek usaha perusahaan. Yang perlu dipahami dalam penyusunan Tinjauan Keuangan ini, bukanlah menulis ulang atau copy paste dari Laporan Keuangan yang dibuat oleh Kantor Akuntan Publik, tetapi justru melengkapi dan memperkaya angka-angka yang ada dalam Laporan Keuangan dengan analisa yang komprehensif termasuk diantaranya menjelaskan penyebab naik turunnya dari informasi angka-angka yang ditampilkan.

Dalam tinjauan keuangan ini juga ditampilkan Informasi material mengenai investasi, ekspansi, divestasi, penggabungan/peleburan usaha, akuisisi atau restrukturisasi utang/modal, Informasi transaksi material yang mengandung benturan kepentingan dan/atau transaksi dengan pihak afiliasi, Uraian mengenai perubahan peraturan perundang-undangan yang berpengaruh signifikan terhadap perusahaan dan Uraian mengenai perubahan kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan pada tahun buku terakhir .

Selain itu ada juga perusahaan yang melengkapinya dengan Tinjauan fungsional dan operasional yang biasanya menampilkan informasi mengenai Sumber Daya Manusia dan Informasi Teknologi. Dalam informasi mengenai sumber daya manusia dapat ditampilkan mengenai perbandingan komposisi jumlah karyawan dalam 2 sampai 3 tahun terakhir yang diperbandingkan berdasarkan level, tingkat pendidikan, status kepegawaian, ataupun berdasarkan jenis kelamin. Secara garis besar informasi mengenai sumber daya manusia menjelaskan informasi mengenai upaya pengembangan sumber daya manusia. Dalam tinjauan operasional dapat di informasikan mengenai aspek pengembangan jaringan kantor layanan dalam 5 tahun terakhir.

Informasi mengenai kriteria lainnya dapat dilihat pada :

Part 1 : Kriteria Umum

Part 2 : Ikhtisar Data Keuangan Penting

Part 3 : Laporan Dewan Komisaris dan Direksi

Part 4 : Profil Perusahaan

Part 6 : Tata Kelola Perusahaan

Part 7 : Informasi Keuangan dan Lain-Lain

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s