Kriteria Annual Report Award Part 2 : Ikhtisar Data Keuangan Penting


annual report awards

Salah satu kriteria yang wajib ditampilkan dalam Laporan Tahunan sebuah perusahaan pada Annual Report Award adalah menyajikan ikhtisar data keuangan penting. Sebagaimana namanya, ikhtisar ini hanya menampilkan mengenai rekapitulasi dari kinerja keuangan penting. Yang biasanya ditampilkan adalah neraca atau posisi keuangan serta laba rugi perusahaan. Seperti apa rinciannya?

Sebagaiamana tercantum dalam kriteria Annual Report Awards, ikhtisar data keuangan penting menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, hasil usaha dan rasio keuangan dari perusahaan sesuai dengan standar industri masing-masing yang berlaku. Informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk perbandingan 3 tahun, namun kebanyakan perusahaan menyajikan informasi tersebut dalam bentuk perbandingan 5 tahun. Ikhtisar keuangan penting dengan menyajikan pertumbuhan antara tahun pelaporan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini dapat disajikan dalam bentuk persentase ataupun dalam bentuk nominal pertumbuhannya. Selain itu dapat juga menampilkan tingkat pertumbuhan selama 5 tahun atau 3 tahun terakhir yang dapat disusun dengan menggunakan metode rata-rata persentase pertumbuhan ataupun dengan menggunakan Composite Annual Growth Rate (CAGR).

Ada juga perusahaan yang dengan terbukanya menampilkan pencapaian kinerja tahun pelaporan yang diperbandingkan dengan target awal yang sudah ditetapkan. Hal ini tentu saja akan mendapatkan penilaian yang maksimal dari Juri Annual Report Award. Namun jika pencapaian kinerja tidak terlalu menggembirakan, perbandingan antara pencapaian kinerja dengan target yang telah ditetapkan dapat menjadi optional atau dalam artian menjadi konsumsi antara regulator, pemegang saham dengan perusahaan semata. Hal ini dengan pertimbangan menjaga reputasi perusahaan semata.

Tak jarang, banyak perusahaan yang selain menampilkan dalam bentuk tabel, juga menampilkan dalam bentuk grafik batang, dengan tampilan design yang menarik dan konsisten. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai trend pertumbuhan kinerja terutama pada aspek-aspek yang penting seperti total asset, total laba, total liabilitas dan total ekuitas. Dapat juga ditambahkan ikhtisar bisnis dan ikhtisar operasional seperti jumlah pelanggan atau nasabah, jumlah kantor layanan dan jumlah karyawan.

Dalam ikhtisar data keuangan penting juga dapat ditampilkan informasi lain yakni ikhtisar harga saham dan ikhtisar mengenai obligasi atau sukuk yang diterbitkan oleh perusahaan. Bagi perusahaan yang belum menerbitkan obligasi ataupun saham sifatnya tentu saja tetap wajib dengan menyertakan pernyataan bahwa perusahaan belum pernah menerbitkan obligasi dan saham. Bagi yang sudah pernah menerbitkan obligasi wajib menyampaikan informasi mengenai jumlah dan nilai obligasi yang diterbitkan, tahun berapa diterbitkan dan tercatat di bursa mana. Dapat dilengkapi dengan informasi tingkat bunga serta hasil rating pada tahun pelaporan.

Bagi yang sudah menerbitkan saham, wajib menampilkan sebagaimana informasi yang disajikan dalam ikhtisar obligasi, juga menyertakan grafik perkembangan harga atau nilai saham dalam 2 sampai 3 tahun terakhir.

Penilaian ikhtisar obligasi dan saham, sayangnya akan tetap diberlakukan sama kepada semua peserta Annual Report Awards, sehingga perusahaan yang belum menerbitkan obligasi dan saham secara otomatis akan mendapatkan nilai yang lebih rendah daripada perusahaan yang sudah menerbitkan obligasi dan saham. Secara keseluruhan bobot ikhtisar data keuangan penting memiliki bobot penilaian 5%.

Informasi mengenai kriteria lainnya dapat dilihat pada :

Part 1 : Kriteria Umum

Part 3 : Laporan Dewan Komisaris dan Direksi

Part 4 : Profil Perusahaan

Part 5 : Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan

Part 6 : Tata Kelola Perusahaan

Part 7 : Informasi Keuangan dan Lain-Lain

Colek Saya di@RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s