Tiga Tahap Perencanaan Keuangan Sederhana


Uang

Perencanaan keuangan pribadi secara sederhana sebenarnya hampir sama dengan bagaimana bank mengelola keuangannya. Ada tiga tahap yang saya rekomendasikan dalam melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara sederhana dengan menggunakan sejumlah produk keuangan yang lazim kita pergunakan atau setidaknya pernah kita dengar. Apa saja tahapannya dan bagaimana merencanakannya?

Tabungan dan Deposito

Tahap pertama adalah menggunakan Tabungan dan Deposito. Kedua produk ini adalah produk yang paling awam dipergunakan oleh masyarakat. Memang Tabungan dan Deposito dengan suku bunganya jaman sekarang memang relatif tidak bisa dianggap sebagai investasi. Namun tabungan dapat dianggap sebagai “dompet” yang memang terkadang terkesan sebagai dana numpang lewat untuk membayar tagihan. Karena itu pilihlah tabungan yang memiliki banyak fitur seperti atm, debit, autodebet, m banking, internet banking dan lain sebagainya untuk memudahkan melakukan monitoring terhadap rekening anda serta untuk memudahkan anda melakukan transaksi pembayaran apapun.

Deposito meskipun bunganya tidak seberapa, anggaplah sebagai cek. Tapi kumpulkan dana tabungan anda sampai misalnya 3-5 juta lalu kemudian masukkan dalam deposito. Terus lakukan itu. Anggaplah sertifikat deposito menjadi cek pribadi untuk anda yang dapat anda cairkan jika sangat-sangat mendesak. Dua produk keuangan ini juga sebagai pijakan atau cushion (bantalan) sistem keuangan pribadi anda.

Asuransi

Selain itu saya merekomendasikan sebagai tahap kedua adalah menggunakan asuransi untuk kebutuhan anda di masa depan untuk biaya pendidikan anak anda misalnya. Cari juga yang ada proteksinya untuk kesehatan anda dan keluarga anda. Gunakan asuransi anda dan fasilitas kesehatan dari kantor anda (jika kantor anda menyediakan). Jadi ketika anda di rumah sakit, biaya kesehatan anda di biayai oleh kantor sekaligus mendapatkan reimburse dari asuransi. Saya tidak tahu apakah langkah ini dipandang etis khususnya dari sisi kantor tempat anda bekerja. Tapi secara prinsip anda harus memaksimalkan asuransi yang sudah anda bayar preminya setiap bulan. Ada banyak rumah sakit yang bersedia untuk memberikan fotokopi terlegalisir untuk tagihan biaya rumah sakit yang bisa diserahkan kepada rumah sakit.

Reksadana, Saham dan Emas

Tahap terakhir jika memang anda punya dana berlebih gunakan reksadana dan saham. Tentunya anda harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai dengan produk reksadana dan saham. Kemudian prinsip yang paling mendasar adalah jika anda memiliki emas, maka emas itu harus di fungsikan sebagai modal dasar anda, atau the last resort dalam sistem keuangan anda. Jika anda harus sangat terpaksa, sebaiknya anda menjual asset selain emas. Jika anda sampai harus terpaksa menjual emas, itu artinya sistem keuangan pribadi anda sudah sangat mengkhawatirkan. Ini sebagai alarm untuk pengelolaan sistem keuangan anda.

Prinsip dasar lainnya dalam mengelola keuangan anda, adalah tentunya memaksimalkan pendapatan dan meminimalisir biaya. Tidak perlu seorang perencana keuangan ternama untuk mengetahui hal ini. Jika anda tidak bisa meminimalisir biaya, maka yang harus anda lakukan adalah memaksimal pendapatan, baik dengan cara melakukan kerja sampingan atau melakukan investasi dengan menggunakan berbagai produk keuangan tadi. Jika anda tidak bisa memaksimalkan pendapatan, maka yang perlu anda lakukan adalah meminimalisirkan pengeluaran.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Disclaimer :

Setelah anda membaca tulisan ini, keputusan investasi yang anda lakukan tetap menjadi tanggung jawab anda pribadi. Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, ada baiknya bagi anda untuk memahami informasi sejelas-jelasnya mengenai produk investasi yang hendak anda pergunakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s