Prinsip Dasar Menyusun Company Profile (Cetak)


Company Profile

Company profile adalah salah satu media komunikasi yang lazimnya dipergunakan oleh praktisi corporate communication dalam mempromosikan dan mengkomunikasikan corporate berikut dengan produk dan layanannya. Ada yang berbentuk video yakni video company profile, ada yang berbentuk cetakan. Company profile cetakan biasanya diberikan kepada sejumlah pemangku kepentingan seperti nasabah, pelanggan, mitra bisnis, ataupun kepada prospek bisnis yang ingin dicapai. Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun company profile dalam bentuk cetak?

Company Profile pada prinsipnya diperlukan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai perusahaan/organisasi dan aktivitasnya, menjelaskan raison d’être (visi, misi, tujuan) dari sebuah organisasi, seluk-beluk organisasi dan pengelolanya. Company profile juga diperlukan untuk memaparkan kompetensi dan menyampaikan keunggulan perusahaan, menggambarkan kredibilitas perusahaan serta untuk memaparkan kontribusi perusahaan dan juga menjelaskan produk dan jasa perusahaan.

Prinsip dasarnya adalah company profile bukanlah hanya mengenai catalog produk, meskipun mengkombinasikan informasi umum mengenai perusahaan dengan informasi produk adalah praktik yang umum dilihat pada company profile pada banyak perusahaan. Seperti istilahnya, company profile adalah profiling mengenai perusahaan termasuk juga diantaranya produk dan layanan. Proporsi antara content mengenai informasi produk dan informasi perusahaan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi dan pemasaran dari masing-masing perusahaan, tidak ada proporsi yang ideal.

Seperti apa susunan isi dari company profile yang ideal?

Secara garis besar company profile dapat menginformasikan mengenai sejarah perusahaan, pencapaian perusahaan baik berupa kinerja perusahaan ataupun perolehan award, perkembangan terkini perusahaan dan juga produk dan layanan perusahaan, dengan rincian sebagai berikut :

Sekilas Perusahaan

Menceritakan sekilas perusahaan, mulai dari tanggal berdirinya perusahaan, sampai kepada perubahan badan bentuk hukum (jika ada), bidang usaha perusahaan dan lain sebagainya. Sepintas memang sama dengan sejarah perusahaan atau milestone, tetapi berbeda.

Sejarah Perusahaan atau Milestone

Menjelaskan mengenai sejarah perusahaan, biasanya disajikan dalam bentuk grafis yang mendeskripsikan tahun-tahun penting dalam sejarah berdirinya perusahaan hingga saat ini.

Visi, Misi dan Nilai Budaya Perusahaan

Menyampaikan informasi mengenai visi dan misi dari perusahaan beserta deskripsi dari visi dan misi, kadang dapat ditambahkan informasi mengenai latar belakang tercetusnya visi dan misi tersebut. Untuk nilai budaya perusahaan mencantumkan informasi mengenai nilai-nilai budaya yang dianut oleh perusahaan berikut dengan cerminan sikap yang diharapkan dari karyawan atau panduan nilai yang berlaku.

Struktur Organisasi

Biasanya disajikan dalam grafis atau gambar yang menjelaskan mengenai struktur organisasi dari Dewan Komisaris, Direksi sampai kepada direktorat dibawahnya (pejabat eksekutif satu level dibawah Direksi). Pada perusahaan holding dapat juga disampaikan struktur grup perusahaan.

Kinerja Perusahaan

Kinerja perusahaan disini dapat berarti kinerja keuangan. Kinerja keuangan merupakan optional, artinya dapat disampaikan dapat juga tidak disampaikan. Jika ingin menampilkan kinerja keuangan ada baiknya dibuatkan dalam bentuk grafik batang untuk menunjukkan trend peningkatan kinerja keuangan dibandingkan dalam bentuk tabel. Selain kinerja keuangan dapat juga menampilkan pencapaian lain seperti rating atau penghargaan yang didapatkan oleh perusahaan. Penghargaan yang ditampilkan dapat disajikan dalam 1 tahun terakhir ataupun beberapa tahun terakhir.

Produk

Sebagai salah satu media komunikasi perusahaan, company profile tentunya dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk dan layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Komposisi jumlah halaman yang menginformasikan mengenai produk tentunya harus diperhatikan agar company profile tidak hanya dipandang sebatas catalog produk atau tools kit semata.

Profil Manajemen

Profil manajemen adalah informasi yang juga perlu disampaikan dalam company profile. Namun juga ada pendapat yang mengatakan bahwa profil manajemen tidak perlu disampaikan apalagi pada perusahaan yang perubahan manajemennya terjadi dengan cepat atau relatif sering-sering berubah. Barangkali ada benarnya juga, jika mempertimbangkan efisiensi. Namun bila khawatir hal tersebut, prinsipnya harus ditekankan bahwa company profile selayaknya di update secara berkala, terlepas dari adanya perubahan manajemen atau tidak.

Colek Saya di@RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Prinsip Dasar Menyusun Company Profile (Cetak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s