Karyawan Adalah Public Relations Perusahaan Anda Juga


Public Relations

Sebagai karyawan, pernahkah anda menyadari bahwa setiap kita, berarti anda dan juga saya, ada sebuah tanggungjawab, sebuah amanah yang diharapkan oleh perusahaan tempat kita bekerja dari kita? Sebuah tanggungjawab, amanah yang bukan hanya sekedar turut mempromosikan perusahaan, tetapi menjaga reputasi dan nama baik dari perusahaan.

Coba bayangkan, ketika kita sedang duduk di angkutan umum memakai seragam perusahaan dan ada ibu hamil yang sedang berdiri, lalu kita dengan santainya duduk tanpa memperhatikan ibu hamil tersebut? Atau sebaliknya coba bayangkan apa yang terjadi jika seandainya kita dengan tulus mempersilahkan ibu hamil itu untuk menempati tempat duduk kita? Bayangkan pemikiran penumpang lain yang melihatnya jika ada karyawan dari sebuah perusahaan yang sebegitu teganya tidak mempersilahkan ibu hamil itu untuk duduk? Mungkin saja mereka akan berpikir karyawan perusahaan tersebut tidak peduli dan tidak peka, sebaliknya bisa jadi akan timbul pemikiran positif dari penumpang lain yang mungkin akan berkata, karyawan dari sebuah perusahaan sangat peduli dan tulus kepada orang lain yang membutuhkan bantuan, kalau diluar kantornya saja sudah begitu, pasti pelayanan didalamnya lebih bagus.

Kejadian kecil seperti ini mungkin saja terjadi pada anda, saya dan kita semua. Kejadian kecil ini memang sepertinya sepele, namun kejadian kecil seperti ini adalah publikasi yang tidak bisa dibayar oleh perusahaan manapun. Kejadian kecil yang terlihat nyata, seorang karyawan dengan seragam promosi yang mentereng, dengan tulus memberikan tempat duduknya untuk ibu yang sedang hamil, atau siapapun yang membutuhkan. Ini adalah publikasi gratis, dengan efek dramatis melebihi iklan di media paling terkemuka sekalipun. Pelayanan tidak hanya bisa terjadi di counter saja, tapi melebihi itu.

Kenapa hal sedetail itu sangat penting bagi perusahaan khusus? Karena kepedulian kita, itu artinya juga termasuk saya, bahwa kepedulian karyawan adalah kepedulian perusahaan. Itu artinya, kita para karyawan, setiap kali kita menunjukkan kepedulian kepada customer ataupun mitra kerja, kita mewakili perusahaan.

Kenapa kepedulian karyawan begitu penting bagi Perusahaan? Karena senyum adalah ekspresi nyata sebagai wujud ketulusan Perusahaan dalam melayani, karena senyum adalah buktikan bahwa kita peduli. Dan melebihi senyum adalah kepedulian yang bagi kita mungkin kecil, tetapi bisa jadi besar maknanya bagi nasabah, adalah keinginan untuk diperhatikan dan didengarkan. Bukankah kita ingin didengarkan keluh dan kesah kita disaat kita mengalami hari yang buruk? Bukankah kita ingin diperhatikan disaat seakan-akan hari ini adalah hari yang paling buruk dalam hidup kita? Begitupun nasabah ingin diperhatikan dan didengarkan bahkan untuk cerita paling sepele sekalipun. Cerita, hingga kritik dan saran bisa menjadi masukan dan inspirasi untuk menghasilkan produk yang lebih memenuhi kebutuhan para nasabah.

Dari beberapa contoh yang mungkin kita bayangkan sepele, seperti hanya sebuah senyum dan hanya sebuah seragam, dapat memberikan makna dan sumbangan yang tidak sedikit kepada reputasi dari sebuah perusahaan. Jika karyawan yang bertugas melayani nasabah tidak memperhatikan nasabah, tidak tersenyum, dengan ekspresi wajah datar, reputasi sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan seadanya, akan dengan mudah melekat dibenak para nasabah. Sebaliknya, jika pelanggan puas dengan pelayanan kita yang tidak luput menyertakan senyum, lalu merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain, ini adalah sebuah reputasi yang tidak bisa didapatkan dengan memasang billboard iklan sebesar apapun.

Jadi siapapun kita, apapun posisi kita, baik yang berhubungan dengan pihak lain ataupun bukan, dan dimanapun kita, ingatlah selalu untuk tersenyum dan menjaga tingkah laku kita, karena pada dasarnya, setiap karyawan adalah image perusahaan juga.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

5 thoughts on “Karyawan Adalah Public Relations Perusahaan Anda Juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s