GCG Untuk Perusahaan Startup


Startup Company

Seringkali ketika membahas GCG atau tata kelola perusahaan berikut dengan implementasi penerapannya, hanya berkutat pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan. Namun jarang sekali pembahasan GCG menyinggung kepada wirausaha dan perusahaan-perusahaan kecil serta perusahaan yang baru berdiri (startup company). Sebenarnya pada prinsipnya, implementasi GCG hendaknya dilaksanakan pada setiap usaha, bahkan termasuk usaha kecil seperti kios rokok sekalipun. Bagaimana caranya?

Semua usaha perlu menerapkan tata kelola yang baik. Jika kita membahas dengan pendekatan konsep Rumah Governance, maka pilar pertama yakni prinsip GCG atau yang biasa dikenal dengan prinsip TARIF hendaklah dipandang sebagai prinsip yang universal dan karenanya dapat diterapkan dimana pun dan kapan pun.

Prinsip pertama dari TARIF adalah transparansi. Setiap usaha dalam bentuk badan hukum ataupun perorangan sekalipun hendaknya menerapkan prinsip transparansi. Usaha yang dilakukan oleh perorangan misalnya harus melakukan aktivitas memberikan informasi mengenai jasa yang mampu ia lakukan. Toko atau warung voucher pulsa yang menyediakan papan informasi yang berisikan daftar harga pulsa juga merupakan salah satu bentuk penerapan prinsip transparansi ini. Atau misalnya kita ketika menjual mobil kita, ketika kita mencantumkan informasi mengenai kondisi mobil yang kita jual secara jujur dan apa adanya (pernah tabrakan misalnya, informasikan bahwa mobil kita pernah mengalami kecelakaan lalu lintas), maka itu menandakan bahwa kita menerapkan prinsip transparansi.

Penerapan prinsip Responsibilitas juga wajib diterapkan oleh usaha apapun. Setiap usaha harus bertanggung jawab, minimal kepada pelanggan atau pembeli barang yang kita jual. Misalkan kita membuka toko online shop busana. Kita harus menjual barang yang sesuai dengan apa yang telah kita janjikan atau kita sampaikan dalam website toko online kita. Setiap barang yang rusak karena kelalaian produksi ataupun dalam proses pengiriman, menjadi tanggung jawab kita untuk kita ganti dan kirimkan yang baru, atau mengganti dengan refund (pengembalian biaya).

Yang juga menjadi penting adalah penerapan integritas. Secara umum acapkali penerapan prinsip integritas ini berdekatan dengan aspek kejujuran dalam berusaha atau pun punya etika dalam berbisnis. Anda mau membeli barang dari toko kelontong yang dikenal curang dalam berdagang? Pastinya saya yakin tidak mau, kecuali kalau sudah mendesak. Karena itulah dalam setiap usaha menekankan pada pentingnya kejujuran dan tidak melakukan kecurangan dengan mengganggu usaha orang lain yang juga merupakan bentuk dari penerapan bisnis yang beretika.

Pilar kedua dalam konsep Rumah Governance adalah Struktur Tata Kelola Perusahaan. Tentunya hanya perusahaan besar yang memiliki struktur tata kelola atau struktur organisasi yang berjenjang. Pun tidak semua usaha bisa menjalankan Rapat Umum Pemegang Saham. Memangnya ada kios rokok yang melakukan Rapat Umum Pemegang Saham atau jika anda membuka usaha bersama rekan anda terus anda mengajak rekan anda untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham, anda pasti akan dianggap ribet, ngawur atau mimpi. Bagi perusahaan startup dengan badan hukum perseroan terbatas tentunya wajib melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham, namun karena struktur tata kelola perusahaan belum lengkap dan biasanya pemegang saham juga relatif tidak banyak, maka cukup menggelar Rapat Umum Pemegang Saham yang sederhana namun tetap di administrasikan kepada notaris.

Perusahaan startup tentunya juga perlu memiliki soft structure tata kelola perusahaan, sekurang-kurangnya Standard Operating Procedure. Bahkan toko kelontong pun ada baiknya juga untuk memiliki standar operasi atau standar kegiatan dalam berusaha. Misalnya, pengantaran galon air, atau tabung gas, dalam jangka waktu beberapa jam sudah harus diantarkan kepada pembeli. Dengan memiliki standar maka toko kelontong anda akan memiliki faktor pembeda dengan toko kelontong lainnya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s