Website Sebagai Media Keterbukaan Informasi


Website 2

Website sebagai salah satu media komunikasi perusahaan dapat dikatakan sebagai pintu gerbang perusahaan di dunia daring (online). Melalui website, seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan perusahaan, dapat mencari informasi apapun, kapanpun secara akurat dan memadai. Walaupun kehadiran akun sosial media mulai digunakan oleh banyak perusahaan, website tetap menjadi perhatian penting para praktisi corporate communication.

Secara umum, website merupakan media informasi yang secara umum dipergunakan untuk melakukan aktivitas promosi perusahaan dan produk dengan tujuan untuk meningkatkan corporate image dan brand image. Perkembangan terkini, seiring dengan masyarakat yang semakin menuntut keterbukaan atau transparansi yang dilakukan oleh perusahaan, dan juga didorong oleh peraturan regulator berbagai industri untuk melindungi, tidak hanya investor, tetapi juga seluruh pemangku kepentingan.

Di era yang sangat mendewakan informasi, penting sekali bagi perusahaan untuk menyampaikan informasi secara tepat waktu, akurat dan memadai, termasuk tentunya melalui website. Hal ini tentunya harus dicermati dengan baik dan bijak oleh praktisi corporate communication dalam mengelola website perusahaan. Website perusahaan tidak hanya harus memiliki tampilan yang menarik, tetapi juga harus menyampaikan informasi setransparan mungkin kepada para pembaca websitenya, tentunya dengan tetap memperhatikan aspek rahasia perusahaan.

Idealnya, banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai media promosi dan sekaligus untuk melakukan transparansi informasi. Cobalah tengok website-website perusahaan di Indonesia, utamanya yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (baik melalui saham ataupun obligasi subordinasi), kebanyakan dari website perusahaan-perusahaan tersebut sudah menerapkan dengan baik aspek keterbukaan informasi.

Industri perbankan, contohnya, adalah industri yang sangat menekankan pentingnya aspek keterbukaan informasi yang disajikan kepada website. Coba dilihat website perbankan, selain menampilkan informasi mengenai produk dan layanannya, juga menampilkan informasi-informasi penting yang diwajibkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Selain wajib menampilkan Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan, website bank-bank di Indonesia juga diwajibkan untuk menampilkan informasi mengenai Suku Bunga Dasar Kredit, Laporan Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan. Tidak hanya itu, dalam informasi mengenai produk dan layanannya, perbankan diwajibkan menyampaikan manfaat dan kekurangan dari produk dan layanannya. Dari sudut pandang pemasaran atau promosi, anda pasti akan dianggap gila jika secara terbuka dan lantang mengkomunikasikan kekurangan dari produknya. Dari sisi keterbukaan informasi sebagai salah satu penegakan prinsip tata kelola perusahaan, hal ini diwajibkan. Cara menyikapinya adalah dengan menggunakan metode penulisan kehumasan.

Meskipun memang, masih banyak perusahaan dan industri-industri tertentu yang belum menyadari pentingnya keterbukaan informasi yang ditampilkan melalui website. Jadi cara paling termudah untuk menilai perusahaan itu terbuka atau tidak, ya cukup dengan melihat websitenya saja.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

One thought on “Website Sebagai Media Keterbukaan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s