Peran Corporate Secretary Dalam Implementasi Tata Kelola Perusahaan


Corporate Secretary

Ketika membicarakan implementasi tata kelola perusahaan, peran Corporate Secretary memiliki porsi penting, khususnya dalam perwujudan prinsip transparansi atau keterbukaan informasi. Tapi sebenarnya peranan Corporate Secretary dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik tidak sebatas aspek transparansi saja, tetapi juga mencakup 4 fungsi lainnya. Apa saja?

Corporate Secretary sebagai Office of The Board

Peran ini secara kurang lebih mencakup corporate secretary sebagai “kantornya Dewan Komisaris dan Direksi” atau manajemen administrasi dari Dewan Komisaris termasuk diantaranya menangani Rapat Dewan Komisaris, Rapat Direksi, dan Rapat Pengurus (gabungan antara Dewan Komisaris dan Direksi) termasuk juga didalamnya adalah notulensi Rapat. Corporate Secretary juga perlu memastikan ketersediaan informasi dalam pengambilan keputusan oleh Dewan Komisaris dan Direksi secara lengkap, akurat, memadai dan tepat waktu. Corsec harus memastikan kehadiran peserta rapat agar quorum sehingga keputusan yang dihasilkan legitimate dan kredibel.

Bagi perusahaan yang besar dan memiliki kegiatan bisnis kompleks, sebaiknya Dewan Komisaris dan Direksi memiliki sekretariatnya masing-masing untuk mengadministrasikan pelaksanaan dan pendokumentasian keputusan rapat. Pendokumentasian ini penting sebagai salah satu bukti pendukung apabila suatu ketika perusahaan menghadapi kondisi sulit akibat suatu kebijakan perusahaan/ dalam menghadapi tindakan hukum.

Kepatuhan

Salah satu elemen dalam Good Corporate Governance (GCG) adalah pemastian bahwa penggunaan wewenang (exercise of power) dan hubungan dengan pemangku kepentingan (stakeholders) berjalan dengan baik untuk kepentingan perusahaan. Fungsi Corporate Secretary adalah memastikan kelancaran komunikasi antara perusahaan dengan pemangku kepentingan serta menjamin tersedianya informasi yang boleh diakses oleh stakeholders sesuai dengan kebutuhan yang wajar dari stakeholders.

Selain itu Fungsi Corporate Secretary merupakan kepanjangan fungsi Direksi dalam menjalankan fungsi komunikasi dan bertanggung jawab menyampaikan informasi corporate action kepada regulator yang berkepentingan. Kendati sejumlah industri memiliki satuan kerja kepatuhan tersendiri (industri perbankan misalnya), peranan Corporate Secretary terkait dengan aspek kepatuhan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sebuah perusahaan, yakni memberikan masukan dalam pengambilan keputusan yang strategis, memberikan masukan kepada manajemen, Memberikan masukan mengenai regulasi bisnis dan memberikan masukan mengenai etika dalam berbisnis. Karena itu penting bagi Corporate Secretary untuk memiliki pengetahuan tentang aspek hukum industri dan pasar modal atau setidaknya memiliki unit legal non litigasi.

Investor Relations

Corporate Secretary memastikan informasi material tersampaikan kepada investor tepat waktu karena investor merupakan stakeholders strategis yang keputusannya dipengaruhi oleh ketepatan waktu dan informasi yang diterima. Salah satu bentuk praktik investor relations adalah penyelenggaraan RUPS dan penyiapan Laporan Tahunan serta penyampaian informasi melalui website. Pelaksanaan RUPS dan Laporan Tahunan merupakan tanggung jawab Direksi dan Corsec sebagai kepanjangan fungsi Direksi bertugas menyiapkan operasional pelaksanaan RUPS.

Corporate Image

Salah satu tugas dari Corporate Secretary adalah menjaga corporate image. Tidak hanya harus menjaga reputasi perusahaan tapi juga menjalin hubungan baik dan menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan yang pada gilirannya akan mendatangkan kontribusi bagi kinerja bisnis perusahaan. Corporate Secretary membantu pelaksanaan program perusahaan dalam memenuhi tanggung jawabnya sebagai bagian dari elemen negara dan masyarakat. Corporate Social Responsibility dapat menjadi salah satu strategi yang dapat ditempuh untuk memberikan nilai tambah kepada perusahaan di mata para pemangku kepentingannya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Peran Corporate Secretary Dalam Implementasi Tata Kelola Perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s