Penyusunan Annual Report Perusahaan Publik Sebagai Pengelolaan Reputasi Perusahaan


annual report awards

Beberapa hari yang lalu saya menerima kiriman email dari Pak Anab Afifi, salah satu penulis annual report terkemuka di Indonesia. Email tersebut berisikan pertanyaan dari salah seorang mahasiswa yang menanyakan banyak hal mengenai Annual Report dari perspektif Penyusunan annual report perusahaan publik sebagai pengelolaan reputasi perusahaan. Dengan senang hati, pertanyaan tersebut saya bantu jawab semaksimal mungkin. Ada dua alasan, pertama karena Pak Anab yang meminta dan karena saya senang bahwa ada mahasiswa yang tertarik mengenai Annual Report. Sungguh sangat jarang sekali.

Berikut pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa tersebut :

Apakah annual report memiliki fungsi lain diluar sebagai pemenuh kewajiban?

Annual Report selain pemenuhan kewajiban, dapat juga menjadi media promosi produk dan layanan perusahaan, mensosialisasikan kebijakan perusahaan, dan juga diantaranya mengklarifikasikan sejumlah isu sensitif yang dialami oleh perusahaan (ini tergantung dari tingkat keterbukaan dari masing-masing perusahaan). Annual Report juga dapat menjadi media dokumentasi perusahaan mengenai kinerja, track record perusahaan dan aspek-aspek lainnya yang nantinya akan menjadi data historis perusahaan.

Apakah bapak setuju dengan pendapat yang menyatakan bahwa annual report merupakan salah satu alat pengelolaan reputasi perusahaan? Karena didalamnya terdapat informasi unsur-unsur reputasi perusahaan, seperti kinerja keuangan, CSR, visi & kepemimpinan, lingkungan kerja, produk, dan beberapa mengikutsertakan emotional appeal. Bagaimana korelasi antara annual report dengan reputasi perusahaan?

Relatif setuju. Annual Report dapat menjadi salah satu alat pengelolaan reputasi perusahaan namun tidak menjadi satu-satunya. Ada media komunikasi lain yang jauh efektif untuk melakukan hal itu. Annual Report memiliki korelasi yang positif terhadap reputasi perusahaan karena fungsi annual report sebagaimana saya jawab pada pertanyaan pertama

Dapatkah annual report meningkatkan kredibilitas sebuah perusahaan?

Annual Report dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan jika contentnya di manage dengan baik. Terlalu terbuka isi pada Annual Report juga dapat mengakibatkan hal yang sebaliknya.

Menurut bapak, sejauh mana informasi perusahaan harus diungkapkan agar memenuhi prinsip GCG?

Keterbukaan informasi terdiri dari 2 jenis, yang pertama adalah mandatory disclosure, artinya keterbukaan informasi (dalam Annual Report) harus disampaikan sebagaimana ketentuan yang berlaku. Sedangkan pengungkapan sukarela adalah pengungkapan informasi yang dilakukan secara sukarela oleh perusahaan tanpa diwajibkan oleh regulator dan otoritas. Masing-masing perusahaan tentu saja berbeda dalam menerapkan pengungkapan sukarela. Contoh para perusahaan yang berkomitmen dalam melakukan pengungkapan secara sukarela ini saya kira dapat dilihat pada perusahaan yang menjadi juara Annual Report Award.

Baca Juga : Keterbukaan Informasi VS Rahasia Perusahaan

Bagaimana standart gaya penulisan dalam annual report?

Isi Laporan Tahunan tentunya harus menggunakan pendekatan keterbukaan informasi, good corporate governance, keuangan, hingga ke promosi dan pemasaran. Standar penulisan tentu saja menggunakan bahasa reporting dan gaya penulisan PR yang persuasif.

Bagaimana membuat annual report yang menarik, menonjol, dan berbeda dari pada perusahaan lainnya?

Penyusunan Laporan Tahunan sebaiknya memperhatikan keselarasan antara design, layouting, dan content. Sebagai salah satu media komunikasi yang merepresentasikan suatu perusahaan, tampilan design mesti mampu menggambarkan perusahaan tersebut dan harus disesuaikan dengan corporate identity perusahaan tersebut, dan didesign dengan tampilan menarik,

Sedangkan layouting dari design Laporan Tahunan tersebut harus mampu menampilkan informasi yang ada dalam Laporan Tahunan secara komunikatif, dan informatif untuk memudahkan penonjolan informasi-informasi penting tentang kinerja perusahaan, serta untuk memudahkan dalam proses penjurian ARA.

Baca Juga : Layouter dan Designer, Pahlawan Annual Report Tanpa Tanda Jasa

Apakah ada konten diluar undang-undang yang sebaiknya ikut disertakan dalam annual report?

Isi dari Annual Report sebaiknya mengikuti ketentuan yang berlaku. Diluar dari hal tersebut dapat ditambahkan hal-hal yang sifatnya promosi atau pemasaran produk.

Mengapa sebuah perusahaan sebaiknya mengikutsertakan annual report mereka kedalam ajang ARA? Apa fungsi Annual Report Award bagi sebuah perusahaan (yang menang maupun yang tidak memenangkan penghargaan)?

Annual Report Award merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2002 yang melakukan penilaian terhadap kualitas penyajian informasi dalam Annual Report sebuah perusahaan. Annual Report Awards diselenggarakan oleh Bapepam LK (kini Otoritas Jasa Keuangan), Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, dan Ikatan Akuntan Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Tidak hanya semata-mata pengungkapan dalam Laporan Tahunan, Annual Report Award bertujuan untuk mendorong penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baik menang atau tidak perusahaan yang mengikuti ARA akan mendapatkan banyak manfaat. Pertama, perusahaan akan mendapatkan evaluasi yang berbobot terhadap kualitas penerapan keterbukaan informasi yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan. Kedua, Perusahaan akan mendapatkan respons opini yang positif jika melakukan penerapan keterbukaan informasi yang bertanggung jawab.

Baca Juga : Apa Manfaat Penghargaan Bagi Sebuah Perusahaan?

Apakah kriteria ARA dapat dijadikan acuan evaluasi annual report perusahaan?

Ya. perusahaan akan mendapatkan evaluasi yang berbobot terhadap kualitas penerapan keterbukaan informasi yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan

Bagaimana menginkorporasikan prinsip public relations yang tetap memenuhi segala kriteria penilaian ARA?

Pada prinsipnya penekanan utama dalam ARA adalah kualitas keterbukaan informasi yang harus disampaikan dalam Annual Report. Tapi terlalu terbuka, dapat juga berdampak negative. Annual Report memang tetap harus menggunakan pendekatan Public Relations. Misalnya :

Fakta : Kredit konsumtif Bank X menurun 15%

Dengan menggunakan pendekatan PR Writing dapat dituliskan :

Kredit konsumtif Bank X menurun 15% karena Bank X menekankan pada penyaluran kredit produktif.

Untuk lebih lengkap memahami mengenai Annual Report, dapat juga di baca pada :

Kumpulan Artikel Mengenai Annual Report dan Sustainability Report

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s