Bagaimana Mempersiapkan Wawancara Media Dengan Top Management?


Interview

Sebagai seorang praktisi Corporate Communication, tugas saya juga mencakup media relations, seperti menyusun draft press release, dan termasuk juga mempersiapkan jalannya wawancara media dengan top management. Wawancara media dengan top management pada umumnya terdiri dari 2 tipe, door stop atau wawancara langsung ditempat seusai suatu kegiatan dan wawancara eksklusif, yang sesuai dengan namanya dilakukan secara eksklusif terbatas untuk satu media saja.

Seringkali dalam berbagai kesempatan, adanya permohonan wawancara ekslusif dengan top manajemen perusahaan yang diajukan oleh berbagai media (paling sering biasanya untuk advertorial di sebuah majalah), baik sebagai narasumber terhadap suatu isu yang sedang marak di masyarakat, mengenai kebijakan atau kinerja perusahaan ataupun hanya untuk keperluan personal dan profesional branding dari si top manajemen tersebut semata.

Dalam menampilkan profil pribadi top manajemen, upayakan juga agar tidak semua dari porsi pemberitaan atau pemuatan artikel hanya melulu berisikan tentang profil pribadi manajemen, namun tetap menyesuaikan dengan kepentingan sasaran komunikasi yang hendak dituju. Hal ini berarti, tetap menyisipkan pesan mengenai kinerja perusahaan ataupun kebijakan perusahaan terhadap suatu isu. Untuk komposisi antara profil pribadi top manajemen dengan kinerja perusahaan, tidak ada proporsi yang paling ideal.

Selain itu perlu diperhatikan frekuensi dari profiling manajemen tersebut, agar top manajemen kita tidak dicap sebagai corporate celebrity yang lebih sering tampil di majalah daripada memimpin perusahaan. Yang perlu ditekankan ketika memprofilkan top manajemen, adalah pemuatan profil dari manajemen adalah meningkatkan kredibilitas dari top manajemen.

Bagaimana Mempersiapkannya?

Dalam pelaksanaannya, seringkali media cetak yang bersangkutan memintakan biaya untuk peliputannya, hal ini wajar bila permohonan wawancara dengan top manajemen memang dimaksudkan untuk pemuatan advertorial disebuah media cetak. Mempersiapkan wawancara secara eksklusif antara satu media dengan top manajement, jelas lebih mudah daripada melaksanakan press conference dan doorstop, karena lebih terfokus dan lebih banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Upayakan terlebih dahulu untuk memintakan daftar pertanyaan kepada media cetak. Jangan khawatir, media cetak yang baik akan bersedia memberikan daftar pertanyaan terlebih dahulu kepada anda, bahkan mereka akan menginformasikan kepada anda siapa reporter yang akan ditugaskan untuk melaksanakan wawancaranya. Kemudian sampaikan daftar pertanyaan tersebut berikut dengan jawabannya kepada top manajemen sebagai panduan dari top manajemen untuk melaksanakan wawancara. Secara bersamaan, lakukan koordinasi dengan sekretaris atau asisten pribadi dari top manajemen untuk pengaturan jadwal waktu pelaksanaan wawancara.

Pada waktu pelaksanaan wawancaranya, lakukanlah pendampingan pada Top Manajemen sedang melakukan wawancara. Hal ini untuk memastikan data-data yang mungkin dimintakan oleh reporter dalam wawancara dapat dipenuhi dengan segera. Selesai pelaksanaan wawancara, tetap lakukan koordinasi dengan pihak media, untuk mendapatkan naskah sebelum naik cetak. Untuk pemuatan iklan advertorial, tentu saja kita berhak untuk memintakan naskah tersebut. Sampaikan data-data tambahan bila memang diperlukan, dan ajukan naskah sebelum naik cetak untuk mendapatkan persetujuan dari top manajemen.

Satu hal yang berarti bagi saya dalam mendampingi top manajemen melakukan wawancara eksklusif dengan satu media, adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mendapatkan perspektif wawasan langsung dari top manajemen. Tak jarang juga acapkali kita bisa mencerna wisdom dan leadership dari top manajemen yang tentunya dapat menjadi masukan berharga untuk pengembangan kompetensi dan karir kita. Ya siapa tahu berikutnya kita yang akan dimintai wawancara eksklusif sebagai CEO?

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s