Bagaimana Cara Meningkatkan Kredibilitas Blog Anda?


Blog

Dulu, saat kuliah, saya seringkali mendapatkan wejangan dari para dosen, untuk tidak menyertakan blog sebagai referensi dalam berbagai tugas kuliah saya. Website pun seringkali harus dipilah-pilah mana yang benar-benar layak untuk menjadi referensi. Blog ataupun website (dalam hal ini : personal website) seringkali dianggap tidak relevan sebagai referensi informasi untuk materi-materi kajian yang bersifat akademis dan ilmiah. Hal ini kemudian berlanjut dalam pekerjaan sehari-hari dalam membuat kajian-kajian atau makalah atau analisa, blog pribadi seringkali ditolak untuk menjadi referensi.

Yang kemudian patut untuk dipertanyakan, adalah sebegitu tidak kredibel kah blog untuk menjadi referensi informasi? Memang, kita ketahui blog lebih banyak berupa opini atau pandangan seorang penulis blog atau blogger terhadap sebuah hal atau sebuah informasi. Blog tak jarang juga berisikan kutipan atau cuplikaan komentar dari para pakar pada suatu bidang untuk memperkuat informasi yang ditulis dalam sebuah konten blog.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kredibilitas blog anda? Ada 2 hal utama yang dapat anda lakukan dalam meningkatkan kredibilitas blog anda yakni meningkatkan kualitas isi dari blog anda dan tentunya meningkatkan kredibilitas anda sebagai penulis dari blog yang anda miliki atau anda kelola.

Isi dari blog anda adalah segalanya. Isi content tulisan anda, adalah apa yang akan dinilai oleh pembaca terhadap blog anda. Pastikan isinya dapat dipertanggungjawabkan. Jika perlu, anda dapat memperkuat pendapat anda dengan pendapat para pakar atau sumber informasi yang anda pergunakan untuk bahan tulisan anda. Pastikan anda mencantumkan sumber dan referensi informasi yang anda pergunakan dalam tulisan anda.

Yang juga penting selain dari blog anda, ya anda sendiri sebagai penulis. Perhatikan kredibilitas anda sebagai penulis blog karena hal itu akan berkaitan dengan kredibilitas blog anda. Perhatikan juga kesesuaian profesi anda, bakat anda dan minat anda terhadap blog anda. Misalkan anda adalah seorang yang memiliki keahlian di bidang informasi teknologi, maka menulislah dibidang informasi teknologi. Selain meningkatkan kredibilitas anda, kemampuan anda akan meningkatkan kredibilitas blog anda dengan sendirinya. Blog anda dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kredibilitas anda, khususnya bagi anda yang memiliki profesi pada bidang jasa.

Kesesuaian pada kemana saja anda akan meyebarluaskan blog anda atau artikel anda dapat menjadi hal penting untuk meningkatkan kredibilitas anda dan blog anda. Menyebarluaskan melalui berbagai media sosial anda seperti Facebook, Twitter, Path atau Instagram adalah hak anda. Tapi kita juga perlu memperhatikan sosial media tertentu semisal Linkedin dan Google+. Linkedin adalah media sosial untuk dunia professional, dunia kerja, dan menyebarluaskan blog yang sesuai dengan kualitas professional anda akan semakin meningkatkan kredibilitas anda dan kredibilitas blog anda. Di Google+ juga ada banyak komunitas-komunitas dengan ketertarikan dan minat yang khusus. Memposting pada komunitas yang berbeda ketertarikan dengan isi konten dari blog anda, akan membuat anda dianggap memposting secara membabi buta dan anda cuma akan dianggap sebagai Search Engine Optimizer saja.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Referensi Lain Dapat Dilihat Pada :

Membangun Kredibilitas di Blogosphere dan Mengapa Ini Penting?

Cara Meningkatkan Kredibilitas Blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s