Taman Margasatwa Ragunan dan Segala Potensinya


Ragunan 1

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan segala keunikan dan nilai jualnya. Bukan cuma sekedar pada wilayah-wilayah yang memiliki keindahan alam dari sananya, tempat-tempat wisata seperti di Jakarta pun banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat. Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, serta Taman Margasatwa Ragunan memiliki potensi yang luar biasa. Jika masih belum percaya diri untuk menyebutnya sebagai tempat wisata kelas dunia, bolehlah kita sebut sebagai tempat wisata nasional yang representatif.

Dari semua tempat wisata di Jakarta, yang paling menarik perhatian saya adalah Taman Margasatwa Ragunan yang secara lokasi sangat dekat dari rumah saya yang berada di Pondok Labu. Bahkan dalam perjalanan menuju kantor, saya sering kali melintasi Taman Margasatwa Ragunan. Untuk yang sering naik busway Transjakarta, Taman Margasatwa Ragunan sangat mudah di akses. Tidak hanya dekat dengan rumah saya, tetapi harga tiket masuknya sangat murah, kelewat murah malahan menurut saya.

Ragunan 3

Hampir sekali setiap bulannya saya mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, bersama istri saya, Mustika Ari Nurvianti dan anak saya Khansa Tiara Althea. Berjalan kaki menyusuri Taman Margasatwa Ragunan sembari mendorong stroller dan istri saya menyuapi anak saya adalah aktivitas keluarga yang menyenangkan dan murah sembari berolahraga adalah aktivitas yang menyenangkan dan cukup refreshing. Memang saya tidak sampai seharian disana, paling lama hanya 2-3 jam saja. Jumlah uang yang saya belanjakan rata-rata tidak pernah sampai diatas Rp. 50.000. Itu pun sudah mencakup tiket untuk saya dan istri saya, parkir mobil, makan pecel lalap sama beberapa potong gorengan.

Ragunan 2

Dalam beberapa tahun terakhir, bisa kita lihat bahwa Taman Margasatwa Ragunan selalu berbenah untuk terus meningkatkan potensi kunjungan wisata. Pusat Primata Schumetzer adalah salah satu wahana yang bisa dikunjungi, dan untuk masuk ke Pusat Primata Schumetzer kita masih harus merogoh kocek. Tapi itupun menurut saya tidak terlalu mahal. Lalu di Taman Margasatwa Ragunan pun sudah ada tempat bermain untuk anak-anak. Memang permainannya tidak luas dan tidak semenarik seperti di Dunia Fantasi, namun kalau untuk sekedar menyenangkan anak-anak, cukuplah rasanya dan sekali lagi relatif tidak memberatkan kantong anda.

Walaupun dilihat dari pemberian harga untuk para pengunjung yang relatif murah bahkan katanya termurah didunia, bukan berarti pengembangan ditinggalkan. Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Taman Margasatwa Ragunan dalam meningkatkan diri. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa ditingkatkan lagi untuk semakin meningkatkan kualitas Taman Margasatwa Ragunan. Seperti plang-plang penanda lokasi yang pada beberapa tempat sudah mulai usang dan beberapa ruas jalan yang sedikit rusak.

Jika saya perhatikan, bahwa beberapa plang-plang penanda lokasi ada beberapa perusahaan yang membuat plang. Metode yang dipergunakan dengan menggandeng perusahaan melalui Corporate Social Responsibility sangat layak untuk dikembangkan dan dilakukan. Perusahaan mendapatkan kesempatan berpromosi di Taman Margasatwa Ragunan yang selalu ramai dikunjungi orang, sedangkan Taman Margasatwa Ragunan juga mendapatkan benefit berupa fasilitas yang baik. Tidak hanya pada penanda jalan, tetapi pada kios-kios pedagang juga dapat dimanfaatkan menjadi media promosi yang baik bagi perusahaan.

Ragunan 4

Bicara soal para pedagang, khususnya para pedagang pecel dan pedagang minuman, jumlahnya juga banyak sekali di Taman Margasatwa Ragunan. Setiap kita berjalan beberapa meter, pasti akan selalu ada para pedagang. Bayangkan jika mereka semua teregister oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atau Taman Margasatwa Ragunan dan dapat memiliki akses perbankan untuk katakanlah fasilitas kredit mikro. Bayangkan betapa banyaknya potensi ekonomi dari para pedagang mikro tersebut yang bisa di kembangkan.

Selain hal-hal tersebut, fasilitas pendukung wisata lain seperti show binatang juga belom digarap secara maksimal. Show binatang yang bisa menjadi referensi tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Taman Safari di Cisarua, Jawa Barat bisa dicontoh untuk diterapkan oleh Taman Margasatwa Ragunan. Atau juga Sepeda Air yang bisa mulai disewakan lagi. Toko souvenir juga bisa dikembangkan secara lebih professional lagi.

http://ragunanzoo.jakarta.go.id/ragunan/

Colek saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

One thought on “Taman Margasatwa Ragunan dan Segala Potensinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s