Memaknai Filosofi Tata Kelola Perusahaan Part 2


Good Corporate Governance

Dalam memaknai tata kelola perusahaan secara luas, dapat kita lihat dengan menggunakan berbagai sudut pandang, yakni dari sudut pandang perusahaan sebagai legal entities, dari corporate behaviour yakni perilaku perusahaan dalam penerapan bisnis yang beretika serta dari sisi internal perusahaan yakni karyawannya. Secara lebih jelas dapat dilihat pada :

Bagaimana perusahaan dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingannya, termasuk pemegang saham.

Perusahaan dalam menjalankan setiap aktivitas usaha dan aktivitas pendukung usahanya akan senantiasa berhubungan dengan seluruh pemangku kepentingan, yang tentunya memiliki karakteristik dan kepentingan yang berbeda-beda terhadap perusahaan. Bagaimana interaksi antara perusahaan dengan para pemangku kepentingannya, merupakan salah satu perwujudan dari penerapan tata kelola perusahaan.

Bagaimana perusahaan dalam mematuhi perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Setiap aktivitas perusahaan juga harus selalu merujuk kepada undang-undang, peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, ataupun regulator pada industri perusahaan. Setiap perusahaan pun wajib melakukan internalisasi budaya sadar hukum.

Bagaimana perusahaan dalam melakukan enforcement dan internalisasi penerapan tata kelola perusahaan pada setiap karyawannya

Sumber daya manusia dapat diposisikan sebagai fokus utama dari bagaimana perusahaan mengimplementasikan tata kelola perusahaan. Hal ini didasari bahwa kemampuan perusahaan dalam mengimplementasikan tata kelola perusahaan bergantung pada kemampuan manajemen dan karyawan.

Kita tentu menyadari bahwa tujuan sebuah perusahaan didirikan adalah mencari keuntungan atau profit, namun tentunya dalam upaya mencari profit harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan menerapkan kegiatan bisnis yang beretika. Karena itulah dengan menggunakan berbagai perspektif diatas Tata kelola perusahaan bukan hanya mengenai struktur, peraturan dan kepatuhan, tetapi juga mengenai proses, komitmen dan eksekusi yang diterapkan pada setiap aktivitas perusahaan.

Tata kelola perusahaan hendaknya juga dipandang sebagai suatu sistem penunjang kinerja pendukung kinerja perusahaan, pemenuhan aspek kebutuhan, pemenuhan aspek kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta yang terpenting adalah sebagai suatu kesadaran yang diimplementasikan sebagai budaya dan dalam bisnis yang beretika.

Pengembangan tata kelola perusahaan perlu mengakomodir adanya perubahan yang dinamis dan terbuka terhadap konsep-konsep baru. Penerapan tata kelola perusahaan senantiasa merujuk pada berbagai perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku, yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Regulator, maupun ketentuan-ketentuan lainnya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s