Prinsip Dasar Dalam Menulis


image

Masih banyak orang yang merasakan kesulitan dalam menulis. Padahal ide begitu banyak dikepala, tapi seolah ketika ingin menuangkannya dalam tulisan, ide-ide itu menguap begitu saja. Kenapa?

Prinsip paling dasar dalam menulis menurut saya adalah menuliskan apa yang ingin anda katakan atau apa yang ada dalam pikiran. Tuliskan saja, salah belakangan. Jangan permah takut salah. Anda takkan pernah memulai apa-apa jika takut salah. Tuliskan apa yang menurut anda baik, jangan takut tidak ada yang membaca, apalagi sampai takut ada yang membully. Kalaupun ada yang membully biarkan saja. Selama tulisan anda tidak menyebarkan kebencian, tidak memuat SARA, rasa-rasanya tidak perlu khawatir bahwa tulisan anda akan dibully.

Tuliskan hal yang baik, apa saja, itu bisa jadi bersumber dari ilmu pengetahuan tentang apa yang biasa dan bisa anda kerjakan. Tulisan tentang keahlian anda, tentang hasil observasi anda terhadap apa yang anda lihat, anda rasakan atau anda kerjakan. Atau tuliskan pengalaman pribadi anda yang anda rasa dapat memberikan inspirasi. Atau juga tuliskan kisah-kisah yang dapat menghibur orang. Intinya tuliskan yang baik.

Tulisan anda tidaklah perlu menjadi tulisan yang dibaca oleh semiliar orang, atau tulisan yang bisa menggerakkan dunia menjadi lebih baik. Jika itu bisa dilakukan, maka itu akan menjadi hal yang sangat baik, namun jika tidak bisa ya tidak apa-apa. Setidaknya tulisan anda membuat diri anda menjadi lebih baik dalam hal bertambahnya wawasan anda tentang suatu hal.

Belajarlah dari tulisan orang lain, banyaklah membaca. Anda bisa mendapatkan berbagai referensi dari banyak membaca. Anda bisa belajar dari ide orang lain, belajar gaya penulisan. Terus menulis dan banyak membaca sehingga nantinya anda akan memiliki gaya menulis sendiri.

Kemudian bagikan tulisan anda kepada orang lain. Tuliskan di blog, atau website, atau tuliskan di email dan email kepada orang lain. Bisa juga share ke banyak sosial media seperti facebook, twitter, ataupun google+. Sekali lagi jangan takut tidak ada yang baca, tidak ada yang me-like, me-retweet atau +1. Dibaca atau tidak dibaca, anda sudah berhasil mewujudkan buah pemikiran anda. Tapi juga cermati jika ada tanggapan dan komentar orang lain dan belajar dari komentar itu.

Indonesia butuh lebih banyak penulis. Yang bisa menginspirasi dan berbagi cerita, pengalaman atau apapun juga yang bermanfaat yang dapat menambah wawasan rakyatnya.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

6 thoughts on “Prinsip Dasar Dalam Menulis

  1. Yang saya rasakan seperti itu, Mas. Takut tulisannya jelek, kosakata yang tak beraturan, gaya tulisan yang kurang bagus, pokonya takutlah misalkan tulisan yang dihasilkan tidak seperti yang lain.
    Tapi sekarang semua itu sudah cukup teratasi..
    Terimakasih atas Post nya, Mas!!. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s