Berikan Terang Untuk Masa Depan


cahaya

Lagu Noah yang berjudul Raja Negeriku selalu ada dalam playlist saya. Bagi saya, lagu tersebut merupakan lagu yang menginspirasi dan memberikan semangat dikala saya sedang drop dan membutuhkan motivasi. Kata-kata yang termuat dalam liriknya juga menggugah rasa nasionalisme bagi siapapun yang mendengarkannya. Ditambah lagi nukilan dari pidato Ir. Soekarno Presiden pertama Republik Indonesia yang memberikan nuansa yang syahdu pada lagu tersebut. Bulu kuduk merinding, semangat jiwa menggelegar mendengarnya. Tapi dari semua kata-kata penggugah semangat yang ada pada lagu Raja Negeriku, ada satu untaian kata yang begitu terpatri dan menginspirasi.

Berikan Terang Untuk Masa Depan

Kalimat tersebut benar-benar menggugah saya. Ada nuansa yang magis setiap saya mendengar kata-kata tersebut. Bukan bahasa dewa yang sulit dicerna, bukan juga bahasa yang dapat dikategorikan sebagai bahasa yang puitis. Tapi entah kenapa setiap mendengarnya, selalu menjadi tambah semangat, apapun kondisi buruk yang saya alami. Kalimat tersebut juga bukan seperti sebuah ajakan, bukan juga sebuah pernyataan. Siapa yang memberikan terang? dan Masa Depan Siapa yang harus diberikan terang.

Bicara tentang masa depan, adalah masa yang belum pasti dan karenanya penuh dengan ketidakpastian. Masa kini adalah masa memperjuangkan masa depan. Masa depan siapa? Ya Masa Depan anda. Bukan masa depan orang lain. Dimasa-masa yang penuh ketidakpastian akan masa depan, dimanapun akan selalu ada “kawanan hitam” yang akan selalu mengambil keuntungan, akan selalu menjegal anda, menyisihkan anda. Jadi bila anda saat ini merasa terdiam, jiwa terasa perih karena diperlakukan tidak adil dan merasa telah bersabar sedemikian rupa. Jika anda merasa selama ini suara anda dibungkam, dan jeritan anda selalu terbungkam. Mari kita bertanya, masa depan seperti apa yang ingin anda raih? Lalu pikirkan dan renungkan dengan baik apakah menurut anda orang lainlah yang akan mewujudkan mimpi anda? Apakah mereka memperjuangkan anda? Jika tidak, kenapa anda harus memperjuangkan “kawanan hitam” itu. Cuma anda yang bisa memberikan terang untuk masa depan anda. Diperlakukan tidak adil? Lakukanlah sesuatu untuk merubah itu. Bergeraklah dan mulailah mewujudkan masa depan anda dan bukan masa depan orang lain.

Berikan Terang Untuk Masa Depan Anda!

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

4 thoughts on “Berikan Terang Untuk Masa Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s